Cara memperbaiki retakan di tembok | homify

Cara memperbaiki retakan di tembok

Bahan

  • amplas halus
  • cat eksterior
  • pelapis industrial

Deskripsi

​Seiring berjalannya waktu, paparan cuaca dan faktor lainnya membuat cat tembok mulai terkikis dan tembok mulai memiliki retakan. Sekuat apapun materinya, pada akhirnya akan rusak juga dimakan waktu, karena terpaan panas, angin dan hujan.

Tak perlu pusing dan keluar biaya banyak! Ini caranya mengidentifikasi berbagai jenis retakan pada tembok dan memperbaikinya

Biaya
3 hariTingkat kesulitanMenengah

Langkah 1:

Pertama, penting adanya untuk mengidentifikasi retakan 

Biasanya retakan horizontal disebabkan oleh materi yang berkualitas kurang baik. Kurangnya adhesi diantara sudut-sudut tembok menyebabkan satu bagian atau lebih jadi timpang.

Retakan yang menyebar seperti cabang pohon biasanya karena masalah kelembapan. Artinya bahan perekat dan materi konstruksi telah rusak.

Sementara itu retakan diagonal disebabkan oleh tekanan dari struktur tembok dan lantai, retakan semacam ini tanda kerusakan lebih serius dan sebaiknya dicek oleh ahlinya.

Langkah 2:

Untuk retakan yang disebabkan oleh temperatur atau cuaca, lubang retakan tersebut sebaiknya diisi kembali dan dilapisi dengan pelapis industrial atau perekat lainnya.

Tutup retakan dengan spatula atau alat bantu lainnya hingga lubang tertutup sepenuhnya dan tunggu hingga mengering.

Langkah 3:

Setelah kering, gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan tersebut hingga lebih menyatu dengan tembok secara keseluruhan. Setelah halus, maka tembok siap untuk dicat ulang.

Langkah 4:

Retakan vertikal dan retakan bercabang tak dapat diisi, karena tembok sudah rusak berat. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah berkonsultasi dengan ahli struktur bangunan, karena kemungkinan kerusakan yang terjadi sudah mempengaruhi kekokohan struktur bangunan.

Suka proyek ini?

Komentar