Cottage Tradisional Seluas 150 Meter

KSMR KSMR
homify
Loading admin actions …

Studio ARCHON + PROJEKTY DOMÓW berhasil mendesain rumah ini dengan gaya cottage khas tradisional Eropa. Sekalipun bergaya tempo dulu, namun dari segi interior, rumah bergaya cottage ini sudah dibekali beragam interior modern. Untuk lebih jelasnya, mari kita tengok penjabaran berikut ini.

Ruang Tamu

homify

Ruang tamu stylish ini memiliki luas sekitar 22 meter persegi. Ruang ini hanya dapat diakses melalui ruang makan sehingga terkesan memiliki privasi khusus didalamnya. Kesan hangat dan nyaman di ruangan ini sangat terasa berkat pengaplikasian tungku perapian serta pemilihan unsur kayu pada bagian dinding.

Gaya Modern dengan 3 Kamar Tidur

homify

Rumah yang memiliki area seluas 150 meter persegi ini dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya 21 meter untuk garasi dan 8 meter untuk tempat pemanas air atau boiler gas. Sedangkan untuk ruang lainnya, rumah ini memiliki tiga kamar tidur, dua ruang baju, dua kamar mandi, dan masing-masing satu ruang pantry dan ruang cuci. 

Rumah ini dibangun dengan menggunakan material konstruksi modern seperti bata keramik porotherm, dan genteng beton ringan yang dibentuk menjadi atap bergaya segitiga atau dikenal dengan istilah gable. Sedangkan untuk tampilan luar, rumah ini menggunakan metode plester sebagai aksen pemanisnya.

Tampilan Luar

homify

Pada tampilan luar terlihat jelas kusen-kusen yang menegaskan akses dan pencahayaan. Seperti yang terlihat pada gambar, pintu utama diletakkan bersebelahan dengan pintu garasi, sedangkan di sisi kanan, terlihat pula jendela sudut yang menjadi view khusus dari ruang dapur, serta hadirnya pintu dan jendela lainnya pada sisi yang sama, sebagai akses ke teras samping dan balkon pada bagian atas. Dan sebagai pelengkap, kusen-kusen kayu di rumah ini ditemani pula dengan plester tembok eksklusif yang memadukan unsur batu dan plester halus berwarna putih.

Dapur Minimalis

homify

Ruang masak-memasak ini memiliki luas sekitar 11 meter persegi. Di ruang yang terbatas ini sang profesional terbilang berhasil membuatnya telihat lapang berkat hadirnya jendela di beberapa sisinya. Selain itu, pemilihan warna putih pada kitchen set juga membuat dapur ini terlihat bersih dan rapih.

Ruang Makan

homify

Ruang ini berada tepat bersebelahan dengan dapur. Dengan luas sekitar 10 meter persegi, ruang ini berhasil mewujudkan tampilan ruang makan modern, dengan balutan nuansa hitam putih. Pemilihan furnitur di ruang ini juga tak banyak macam, agar kesan lega dan rapih dapat terlihat di ruang ini. Sebagai pemanis, ruang yang memiliki akses langsung ke teras samping ini juga bekali dengan lampu gantung berpola garis abstrak untuk menegaskan unsur modern didalamnya.

Kamar Mandi

homify

Kamar mandi ini adalah kamar mandi khusus tamu yang terletak pada lantai dasar. Meskipun kecil, ruang ini terasa luas berkat pengaplikasian cermin yang cukup lebar pada bagian dinding berpanel kayu. Sedangkan untuk mengatasi keterbatasan cahaya, kamar mandi ini juga dibekali sumber cahaya alami yang berasal dari jendela.

Kamar Anak

homify

Kamar ini dihuni oleh dua anak. Dengan dimensi yang cukup luas, ruang yang berada di lantai dua ini rasanya cukup untuk memenuhi aktivitas mereka. Keduanya dapat saling berbagi tempat tidur, ruang baju dan kamar mandi didalamnya.

Kamar Tidur Utama

homify

Ruang ini untuk khusus orang tua di rumah ini. Hanya saja, luasnya lebih luas dari kamar tidur anak. Ruang ini memiliki ruang baju yang cukup luas dengan membedakan zona ayah dan zona ibu.

Sudut Lain di Kamar Tidur Utama

homify

Selain sebagai tempat beristirahat, kamar tidur orang tua ini juga dilengkapi dengan satu sudut khusus untuk aktivitas lain seperti bekerja dan hiburan melalui televisi.

Kamar Mandi Utama

homify

Kamar mandi ini berada di lantai dua. Luasnya sekitar 10 meter persegi. Ruang ini dibekali berbagai kelengkapan kamar mandi modern seperti shower, bathtub, dan dua wastafel.

Denah Lantai Dasar

homify

Setelah penjabaran melalui poin-poin, maka berikut adalah denahnya. Di lantai dasar, terdapat teras seluas 60 meter persegi, dapur yang menyatu dengan ruang makan, ruang tamu dengan tungku perapian, garasi, ruang boiler atau pemanas air, dan kamar mandi tamu.

Denah Lantai Dua

homify

Seperti yang terlihat pada gambar, lantai dua memilki tiga kamar tidur dengan masing-masing luas 13,5, 14 dan 17 meter persegi. Selain itu, ada pula ruangan lainnya seperti kamar mandi seluas 10 meter persegi, ruang cuci seluas 7 meter persegi dan dua ruang baju yang masing-masing memiliki luas sekitar 7 meter persegi.

Bagaimana? Ingin merubah tampilan rumah Anda layaknya cottage? 

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah