Ruang Keluarga by KUBE Architecture

7 Desain Unik untuk Rumah Berplafon Tinggi

arisyahril Ari Syahril Ramadhan
Loading admin actions …

Di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia ini, rumah berplafon tinggi merupakan pilihan yang sangat baik. Volume besar dalam ruangan membuat sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Secara visual, tampilannya pun menjadi lebih luas. Jauh dari kesan sempit dan sesak.

Namun di sisi lain, tidak sedikit orang yang kurang menyukai rumah dengan plafon tinggi. Alasannya, volume ruang yang terlalu besar menyisakan kesan kosong dan hampa. Biasanya, pemilik rumah memasang lampu hias gantung untuk mempercantik interior pada rumah berplafon tinggi. Namun pemasangan lampu ini belum mampu menutup kesan kosong.

Bagaimana caranya untuk menghilangkan kesan kosong pada rumah berplafon tinggi? Para ahli di Homify telah membangun beberapa proyek rumah berplafon tinggi. Hasilnya menakjubkan. Tak ada kesan kosong dalam setiap hasil karya mereka.

1. Rangka Expose

Pada umumnya, rangka atap rumah tertutup oleh plafon sehingga tidak terlihat keberadaannya. Namun pada rumah ini, rangka atapnya yang terbuat dari kayu dibiarkan terbuka sehingga dapat terlihat dengan jelas. Perpaduan garis-garis antara rangka atap dan rangka rumah menyajikan kesan permainan garis yang atraktif. Apalagi, rangka atap dan rangka bangunan memiliki warna yang sama.

2. Jendela Besar

Sebagai negara bekas kolonial Kerajaan Belanda, Indonesia memiliki cukup banyak bangunan berarsitektur khas Negeri Kincir Angin. Salah satunya adalah rumah bergaya Belanda yang memiliki desain plafon tinggi. Rumah hasil karya Boks Architectuur pada gambar di atas ini misalnya, dibangun dengan gaya arsitektur Belanda yang sangat kental. Di bagian depan, kaca jendela digunakan untuk menggantikan peran tembok. Hasilnya cukup mengundang decak kagum, sangat unik dan indah.

Penggunaan jendela sebagai dinding bagian depan ini layak diaplikasikan pada bangunan berplafon tinggi. Selain terlihat cantik dari luar, jendela kaca besar ini membuat bagian interior rumah seakan terintegrasi dengan lingkungan sekitar. Anda dapat menikmati panorama taman dengan sangat jelas dari dalam rumah meski cuaca di luar tengah turun hujan.

3. Permainan Cahaya

Tidak perlu terlalu banyak barang untuk menghilangkan kesan kosong pada ruangan berplafon tinggi. Dengan permainan cahaya, kesan kosong dapat hilang seketika. Anda dapat mencoba mengaplikasikan lampu sorot beragam warna di ruang berplafon tinggi. Perpaduan cahaya juga dapat memberikan tontonan visual yang spektakuler.

4. Lantai Tambahan

Sebuah lantai tambahan dapat dibangun di ruangan dengan plafon tinggi. Luas lantai tambahan dapat disesuaikan dengan luas keseluruhan ruangan. Demi aspek estetika, lantai tambahan hendaknya dibangun dengan luas tidak lebih dari setengah total luas ruangan.

Lantai tambahan dapat difungsikan untuk beberapa hal. Jika Anda membutuhkan tempat untuk bekerja di rumah, ruang ini dapat Anda fungsikan sebagai kantor. Anda dapat menyimpan sebuah rak buku serta seperangkat meja dan kursi.

5. Hangat dan Segar

Sebuah perapian dapat ditempatkan di ruang keluarga dengan plafon tinggi. Perapian ini dapat membuat keluarga tetap berkumpul bersama meski dalam udara dingin sekalipun.

6. Lampu Gantung

Lampu gantung lazim digunakan pada ruangan berplafon tinggi. Namun, Anda harus memperhatikan bentuk, desain dan cara pemasangan pada lampu gantung. Semuanya harus disesuaikan dengan konsep keseluruhan ruangan. Jika ingin mendapatkan kesan glamor dan mewah, lampu gantung antik bisa menjadi pilihan. Cara pemasangannya pun tidak boleh sembarangan, harus  digantung dengan posisi yang cukup rendah, atau kira-kira dua meter dari permukaan lantai. Jika interior mengusung konsep natural, lampu gantung yang terbuat dari bambu seperti pada gambar di atas merupakan pilihan yang pas.

7. Koleksi Seni

Bagi para kolektor barang seni yang memiliki koleksi cukup banyak, ruangan berplafon tinggi dapat dimanfaatkan sebagai ruang pajang. Luasnya bidang dinding dapat dijadikan tempat untuk memajang foto, lukisan atau koleksi piringan hitam. Sebuah rak dapat disimpan di bagian bawah. Rak kecil ini dapat dijadikan tempat menaruh benda koleksi seperti buku, majalah, vas bunga atau patung berukuran kecil.

Apakah Anda memiliki rumah dengan plafon tinggi? Desain apa yang cocok untuk rumah berplafon tinggi?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!