by PHU Bortnowski

Panduan Memasang Lantai Bermaterial Kayu Pada Teras

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Kerap terpesona dengan indahnya teras beraksen parket? Ternyata unsur teras bermaterial kayu tersebut tak begitu rumit untuk diciptakan. Jika Anda ingin mengetahui cara mengerjakannya, maka kali ini kami pun berhasil merangkum 3 proyek contoh teras berparket untuk Anda. Ketiga contoh teras berikut memiliki perbedaan konsep dan dimensi yang cukup mencolok, yang dapat Anda aplikasikan dengan mudah ke teras hunian Anda. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat ikuti penjabaran berikut ini.

Contoh 1

Gambar ini adalah contoh teras yang sudah melalui proses instalasi yang cukup detil. Teras ini berfungsi sebagai ruang tambahan yang menjadi penghubung antara ruang indoor dan outdoor. Untuk melihat proses instalasinya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

Persiapan

Sesuaikan tinggi tanah dengan tinggi teras yang ingin dimodifikasi menjadi teras berkayu. Jika sudah, bersihkan tanah yang ingin digarap dari rerumputan. Setelah bersih, ratakan kepadatan tanah yang sudah dibersihkan tersebut, agar kondisi tanah tak mudah slip ketika pondasi teras mulai ditanamkan.

Pembuatan rangka

Sebelum lantai parket dirangkai, pastikan keseluruhan area sudah tertutup oleh kerangka teras, yang permukaan tanahnya sudah diratakan pula dengan material kerikil dan pasir, agar tanah dibawah kerangka kayu tersebut tak lagi ditumbuhi oleh rumput-rumput liar, saat area tersebut sudah ditutupi dengan bangunan teras yang baru.

Pemasangan parket

Satu hal yang harus diperhatikan sebelum memasang lantai pada kerangka kayu adalah perhitungan ketinggian lantai, untuk menghindari kesan bertingkat antara ruang indoor dan outdoor. Selain itu, perhatikan pula ukuran, bentuk dan area teras tambahan tersebut agar bentuk teras yang diinginkan terlihat simetris antara satu sudut dengan sudut lainnya.

Berikan perlindungan

Pengaplikasian teras seperti ini memang sangat menunjang tampilan outdoor sebuah rumah. Namun karena posisinya yang berada di area paling luar, maka dibutuhkanlah perlindungan khusus pada material teras tersebut, agar material kayu yang terpasang dapat terlindungi dari berbagai ancaman perubahan cuaca. Gunakan lilin, car dan pernis khusus untuk memperpanjang usia kayu di halaman ekstra tersebut

Gunakan anak tangga

Untuk menghubungkan area halaman terbawah dengan area teras kayu, Anda dapat gunakan satu anak tangga ekstra seperti yang terlihat pada gambar, untuk menghubungkan kedua area halaman berbeda material tersebut.

Contoh 2

Setelah membahas pola teras kayu berbentuk simetris, di contoh kedua ini kita akan membahas cara lain dalam mengaplikasikan material kayu pada bentuk teras melengkung.

Persiapan

Setelah membersihkan permukaan tanah dari rerumputan dan menutupnya dengan pasir. Maka langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk menghambat pertumbuhan rumput liar adalah dengan cara menutupi area berpasir tersebut dengan platik.

Kerangka teras

Sebelum menyusun material parket, langkah yang terlebih dahulu harus dilakukan adalah merangkai pondasi parket sesuai dengan bentuk dan luas area teras yang ingin direnovasi.

Penyusunan parket

Karena bentuknya yang asimetris, maka perlu adanya pemotongan bagian-bagian sudut parket tertentu, setelah keseluruhan parket terpasang.

Bentuk lengkung

Setelah pemotongan beberapa bagian parket dilakukan, maka bentuknya akan terlihat seperti ini.

Perlindungan kayu

Jika sebelumnya belum terlihat bercahaya, maka setelah dipernis dan dilapis berbagai media pelindung kayu, maka tampilan parket akan berkilau seperti yang terlihat pada gambar.

Kombinasikan dengan taman

Saat semua parket sudah tersusun dengan rapih seperti ini, maka langkah yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah tinggal mengkombinasikannya dengan tanaman hias dan batu-batuan alam agar teras idaman Anda terealisasi dengan indah.

Contoh 3

Pada contoh ketiga kali ini struktur teras kayu dirancang sebagai pelengkap koridor yang indah. Seperti yang terlihat pada gambar, teras kayu yang membentang ke seluruh sisi bangunan ini berhasil tampil apik dengan struktur simetrsi dan celah-celah khusus yang dapat digunakan sebagai media tanam bunga hias.

Konstruksi

Tak jauh berbeda dengan cara pengerjaan pada teras contoh 1 dan 2, di contoh teras ke 3 para profesional juga menyamakan kontur tanah dan menghambat pertumbuhan tanaman-tanaman liar pada tanah dengan bantuan material berupa pasir.

Struktur bertingkat

Teras yang cukup luas ini juga disusun secara bertingkat agar jarak teras dan permukaan tanah tak terlalu curam untuk dijangkau.

Hasil akhir

Dan setelah dipernis dan dilindungi dengan berbagai media perawatan kayu, maka teras cantik ini siap untuk disinggahi oleh para tamunya. Selain media tanam, teras luas ini juga dapat dijadikan area komunal outdoor dengan penambahan beberapa set kursi dan meja di salah satu sisinya.

Ide teras parket yang mana yang ingin Anda tiru?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!