6 Solusi Mudah Mengatasi Kamar Mandi Tanpa Jendela
 Kamar Mandi by P+0 Arquitectura

6 Solusi Mudah Mengatasi Kamar Mandi Tanpa Jendela

6 Solusi Mudah Mengatasi Kamar Mandi Tanpa Jendela

Pradana Fitra  Zumario – Homify Pradana Fitra Zumario – Homify
Pradana Fitra  Zumario – Homify Pradana Fitra Zumario – Homify
Loading admin actions …

Kamar mandi adalah ruangan yang paling sering digunakan di rumah. Walaupun mungkin, bukan ruangan yang sering Anda gunakan setiap waktu, tetapi jika desain berikut Anda terapkan, bisa dipastikan siapa pun akan betah berlama-lama di dalamnya!. Selain itu, air yang segar dan kamar mandi adalah paduan sempurna untuk sebuah kamar mandi yang ideal. Lain halnya ketika Anda ingin memiliki lebih dari satu kamar mandi di rumah, khususnya untuk tamu yang datang sehari-hari.Yang berarti, Anda membutuhkan ruangan tambahan dan juga biaya ekstra.

Namun, jika Anda memiliki lahan yang terbatas, membuat kamar mandi tanpa jendela tentunya menjadi pilihan. Tapi tidak perlu khawatir, karena kamar mandi sempit pun bisa menjadi lebih indah dengan dekorasi yang sesuai. Dengan kreativitas dan beberapa referensi, kamar mandi impian pun bukan lagi angan belaka!

Untuk itu, homify hadirkan 6 solusi mudah mengatasi kamar mandi tanpa jendela agar tampak menawan dan tentunya nyaman untuk digunakan. Sehingga, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari inspirasi dari banyak tempat. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

1. Gunakan permukaan yang mengkilap

Untuk desain yang mengesankan, Anda hanya perlu menambahkan sumber cahaya agar kesan mewah akan terpancar dari sinarnya! Dan untuk mendapatkan cahaya yang sempurna dalam kamar mandi tanpa jendela, penggunaan bahan bangunan yang mengkilap menjadi solusinya!

Anda dapat menggunakan material keramik untuk wastafel dan closet, karena kecerahan yang didapatkan dari pantulan keramik akan membuat kamar mandi Anda terang benderang. Sedangkan untuk memadukan material wastafel dan closet, gunakanlah bahan marmer untuk lantai dan dinding kamar mandi. Jangan lupa menggunakan beberapa batuan pada celah ubin untuk menghindarkan Anda dari terpeleset lantai yang licin. Pada bagian cermin dan kaca pembatas kamar mandi, pilihlah bahan yang Anda suka, karena marmer dan keramik sudah cukup memantulkan cahaya yang sempurna!

2. Pencahayaan vertikal yang menawan

Dalam ruangan yang tertutup, pencahayaan menjadi kunci utama yang perlu Anda perhatikan. Di dalamnya, Anda perlu menginstal beberapa pencahayaan untuk menciptakan ilusi yang menjadikan ruangan tampak lebih luas. Namun, karena kita membicarakan sebuah kamar mandi tanpa jendela, memasang lampu gantung dapat menjadi solusi terbaik.

Untuk itu, pertimbangkan untuk memilih warna-warna yang terang untuk dipasang di sekitar kamar mandi. Sehingga, fokus ruangan akan tertuju pada wastafel atau bak cuci tangan. Efek yang elegan pada lampu tersebut dapat membuat ruangan terlihat lebih istimewa, dan pastinya memukau tamu yang datang. Sedangkan untuk dinding, Anda dapat memilih warna yang lebih gelap, sehingga bagian kontras dari kedua warna itu dapat membuat ruangan tampak megah dan menarik untuk difoto.

3. Pasanglah banyak cermin di kamar mandi

Cermin sangat membantu Anda dalam memberikan efek visual yang luas pada kamar mandi. Selain itu, cermin juga memberikan efek  terang, karena memantulkan cahaya hanya dari sebuah lampu saja.

Untuk memberikan ilusi luas pada ukuran kamar mandi yang sempit, pasanglah cermin panjang pada salah satu dinding, atau dua cermin sekaligus pada sudut yang berlawanan. Nah, jika Anda menginginkan cermin memberikan efek terang pada kamar mandi, menempatkan cermin pada bagian bawah sebelah kanan atau bagian atas sumber cahaya dapat menjadi pilihan yang tepat.

Perlu diperhatikan, jangan pernah meletakkan cermin yang berhadapan langsung dengan lampu, sebab akan menimbulkan efek pencahayaan yang tidak nyaman untuk pandangan mata Anda. Jika Anda masih belum yakin, menghubungi desainer untuk meminta saran terbaik pun tidak ada salahnya.

4. Pergunakan desain yang tidak terlampau rumit

Untuk mengatasi masalah pada ruangan yang kecil, penggunaan cahaya dan desain yang minimalis akan sangat membantu Anda. Untuk desain dekorasi yang minimalis nan elegan, Anda bisa memilih corak bergaris atau mungkin menempatkan furnitur yang tempel sepeti gambar di atas.

Dekorasi tempel di dinding memungkinkan Anda mendapatkan sirkulasi udara pada kamar mandi. Alternatif lainnya yang dapat Anda pertimbankan, adalah  memanfaatkan ruang kosong di bawah furnitur tempel di dinding, dengan meletakkan keranjang perlengkapan mandi atau pun tanaman untuk memberikan kesan ruangan lebih hidup.

5. Tambahkan jarak pada kamar mandi

Anda tidak boleh melewatkan setiap jengkal dalam kamar mandi, mengingat ukuran merupakan segalanya jika Anda memiliki lahan yang sempit. Anda mungkin tidak bisa menambahkan ruangan untuk melebarkan kamar mandi, tapi dengan menempatkan rak penyimpanan di tempat yang tidak biasa, kamar mandi tersebut dapat menginspirasi teman atau keluarga yang berkunjung. Misalnya, dengan memasang ruang penyimpanan di bawah wastafel, rak penyimpanan di atas toilet, atau membuat lubang pada dinding sebagai tempat menyimpan perlengkapan mandi Anda.

Gunakanlah bahan alami seperti kayu atau batu untuk memberikan aksen dekoratif yang unik dan menarik. Bahan-bahan ini dapat memberikan tekstur, warna dan dinamisme pada ruangan kecil seperti kamar mandi, serta memberi kesan natural pada ruangan.

6. Pergunakan warna kontras pada ruangan

Karena ruang yang terbatas menjadi kendala utama di kamar mandi, Anda harus mempertimbangkan beberapa inspirasi desain dengan konsep eklektik di dalamnya. Memasang dinding bertekstur yang dipadukan dengan pencahayaan dan warna yang sesuai, dapat menjadikan ruangan tampak gemerlap dan mewah. Homify sarankan Anda untuk memasukkan dua warna atau lebih ke dalam kamar mandi, sehingga perbedaan kontras antara beberapa warna tersebut dapat menciptakan suasana nyaman dan rileks.

Selain itu, cobalah untuk mempertimbangkan warna-warna netral yang dipadukan dengan warna cerah, untuk menciptakan kesan menyenangkan dan bergaya pada kamar mandi. Kombinasi warna ini dapat menjadikan ruangan tampak lebih menarik dan tentunya susah untuk dilupakan!

Anda ingin tips menarik lainnya? Langsung saja simak 6 hal buruk yang harus Anda singkirkan dari kamar mandi berikut ini!

Manakah tips yang menurut Anda paling manjur? Yuk share bersama ribuan pengguna lainnya di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project?

Get in touch!

Need help with your home project?

Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!