by H2O設計室 ( H2O Architectural design office )

6 ​Trik Cerdas Mewujudkan Dapur Fashionable

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Seperti yang sudah kita ketahui, dapur adalah gudangnya makanan, tempat penyimpanan berbagai peralatan memasak dan bersantap. Ruang yang sangat sering digunakan ini tentu akan terasa sesak jika Anda tak pandai dalam menata berbagai keperluan dapur tersebut. Masalah kerapihan dapur tersebut memang sering dianggap enteng oleh pemilik rumah, padahal jika Anda mau meluangkan sedikit waktu untuk kembali menatanya dengan dekorasi dan pola penataan baru, pasti dapur Anda akan menjadi tempat favorit baru bagi para tamu dan anggota keluarga Anda. Untuk itu, lewat buku ide kali ini kami ingin mengajak Anda untuk berimajinasi, dengan memberikan ide-ide baru seputar penataan dapur modern, agar tampilan dapur Anda saat ini dapat kembali terlihat fashionable, rapih, dan bersih dari sebelumnya.

1. Kategorikan komposisi dapur menurut ketentuan jenis, ukuran dan tekstur

Seperti yang terlihat pada gambar, beragam komposisi dapur tampak rapih berkat penataan yang pas. Dapur bernuansa kayu ini benar-benar menerapkan pola ketegorisasi dari setiap komposisi dapur yang memenuhinya. Dari potret di atas terlihat beberapa komposisi yang ditata secara berkelompok, seperti beberapa kumpulan botol, koleksi cangkir, buah-buahan, wadah bumbu-bumbu dapur, koleksi piring dan berbagai ornamen berukuran mini yang tertata rapih pada rak dapur.

2. Dekorasi stylish membuat tampilan dapur semakin unik

Selain fokus pada penataan dan tempat penyimpanan, Anda dapat pula memainkan unsur-unsur dekorasi unik untuk memperindah tampilan dapur Anda. Seperti yang terlihat pada gambar, Anda dapat mainkan tema-tema khusus pada beberapa perlengkapan dapur, layaknya wujud irisan bawang seperti yang terlihat pada contoh di atas.

3. Aplikasikan tempat penyimpanan minimalis

Tak selamanya dapur harus dikonsep menggunakan furnitur khusus pada bagian dinding. Anda dapat percantik dapur Anda secara sederhana cukup dengan mengaplikasikan beberapa rak minimalis untuk meletakkan berbagai keperluan dapur. Selain itu, trik membuka setiap media penyimpanan yang tertata pada bagian rak luar dapur juga dapat Anda contek pada ide dapur di atas, agar kesan klasik dapat Anda ciptakan di dapur Anda. Dapur hasil kreasi para profesional dari rumah arsitek ADS ini seolah memberi kita pencerahan bahwa tak selamanya dapur harus dikonsep tertutup agar terlihat rapih dan bersih. Nyatanya cukup dengan konsep terbuka dan material sederhana, dapur dapat tetap terlihat berkelas dan eksklusif, selama penempatan dan penggunaan komposisi dapur tak dibuat secara berlebihan.

4. Penggunaan dekorasi

Beragamnya material yang Anda gunakan pada dapur sebenarnya dapat Anda jadikan nilai lebih jika Anda pandai mendekorasinya. Seperti yang terlihat pada gambar, dekorasi terlihat dari permainan warna furnitur dan area disekelilingnya. Sekalipun berbeda material, komposisi warna pada furnitur atas dan bawah seolah dibuat senada dengan komposisi yang pas. warna furnitur atas seragam dengan warna dasar dinding yang menjadi latarnya. Sedangkan furnitur bawah konsep warna dan materialnya seolah menyatu dengan konsep corak meja makan yang berada di seberangnya. Dan satu lagi, pada bagian tengah dinding latar furnitur dapur, dekorasi lain juga hadir lewat ornamen keramik beraksen khusus untuk menyeimbangkan warna wastafel yang berada pada bagian tengah furnitur bawah. Semua komposisi warna ditata sangat presisi sehingga keberagaman warna dan material pun seolah dapat disamarkan berkat trik dekorasi tersebut.

5. Gunakan media penyimpanan gantung

Tak jauh berbeda dengan ide tempat penyimpanan sebelumnya, ide ini pada dasarnya juga dikonsep secara sederhana, untuk mempermudah Anda, khusus Anda yang gemar memasak dalam meletakkan atau mengambil peralatan masak Anda. Seperti yang terlihat pada gambar, Anda dapat jejerkan semua alat bantu tangan untuk memasak dalam satu rangkaian rak gantung. Selain itu, Anda dapat pula gantungkan satu per satu berbagai alat keperluan dapur lain yang sering Anda gunakan seperti saringan teh, alat pembuka botol atau kaleng, sarung tangan anti panas atau bahkan korek api dalam gantung lain, yang dapat Anda jejerkan secara berdekatan pada dinding latar dapur Anda. Namun sekali lagi, pastikan ukuran dan jenis alat dapur yang Anda gantungkan sama, agar terlihat rapih dari segi penataan.

6. Gunakan dekorasi unik yang tak pernah terlihat pada dapur sebelumnya

Karena dapur adalah dapur, maka tak heran jika selama ini kita hanya terpaku pada model yang itu-itu saja. Untuk mengubah paradigma tersebut, maka tak ada salahnya jika kini Anda mengubah dekorasi dapur Anda menjadi lebih unik dan tak biasa. Sebagai bahan referensi Anda dapat aplikasikan contoh dapur di atas. Anda dapat gunakan keramik dengan pola kotak-kotak kecil pada bagian sekeliling wastafel dan kompor listrik, dan selain itu, Anda dapat pula menggunakan rak-rak sederhana beralaskan kayu-kayu tebal pada bagian latar dinding dapur. Jika Anda siap, kesemua konsep dekorasi tersebut tentu akan mengingatkan Anda ke suasana klasik tempo dulu jika Anda benar-benar ingin mewujudkannya. Atau jika Anda ingin berimajinasi lagi, Anda dapat pula terapkan khusus dekorasi lain ke area dapur di hunian Anda.

Ubah dekorasi dapur yuk...
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!