Kamar Bayi & Anak by BUUN MOTTO ARCHITECTS

Desain Rumah Minimalis Sempurna Untuk Keluarga Kecil

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Sketsa desain rumah dua dimensi kadang tidak bisa memenuhi permintaan klien yang semakin kompleks. Syukurlah saat ini telah tersedia berbagai aplikasi desain yang bisa digunakan arsitek untuk membuat desain 3 dimensi. Desain 3 dimensi memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya, dapat memberikan gambaran lebih detil dan nyata tentang hasil suatu rancangan. Dengan demikian, tidak akan ada bahan yang terbuang atau furnitur yang tak terpakai karena tidak sesuai dengan ruangan, dan bisa menghemat bujet. 

Berikut ini adalah sebuah desain rumah minimalis karya ahli homify Buun Motto Architects asal Turki, yang dirancang menggunakan aplikasi desain 3 dimensi. Bukan hanya fasad dan ukuran rumah, ahli kami juga telah mendesain tata ruang di dalamnya. Seperti apakah hasilnya?

1. Fasad rumah

Diihat dari depan, rumah ini dirancang dengan bentuk kubus yang merupakan ciri khas rumah minimalis. Keseluruhan dinding depan dicat abu-abu dan dilengkapi pintu geser kaca berukuran besar di lantai atas dan bawah. Bagian di antara lantai atas dan bawah dilapisi dengan kayu untuk menegaskan batas antara dua area, juga berfungsi sebagai pemanis teras rumah. Untuk pencahayaan digunakan dua lampu sorot yang dipasang di dinding teras atas dan bawah. Rumah ini dirancang memiliki halaman depan tanpa pagar agar tampak bersahabat bagi siapa saja yang hendak berkunjung.

2. Ruang tamu

Ahli kami tetap konsisten menggunakan warna abu-abu dan elemen kayu agar tercipta kesinambungan antara interior dengan fasad rumah. Furnitur yang digunakan tampak simpel, namun selaras dengan cat dinding ruangan. Kita lihat ruangan ini memiliki dua area tempat duduk. Satu area digunakan untuk menerima tamu secara semi formal. Sedangkan area lainnya bisa digunakan untuk berkumpul bersama kerabat yang sedang berkunjung. Dinding berornamen merupakan elemen hias yang juga berfungsi sebagai ventilasi udara.

3. Dapur dan ruang makan

Sama dengan ruangan lainnya, abu-abu dan elemen kayu masih digunakan sebagai warna dinding. Bedanya, lantai di ruangan ini menggunakan keramik warna putih. Pilar pembatas dapur dan ruang makan dilapisi kayu sekaligus berfungsi sebagai dinding untuk menggantungkan televisi flat. Pintu geser juga berfungsi sebagai jendela dan sarana menikmati panorama di luar saat bersantap. 

Mengingat jumlah anggota keluarga tidak banyak, maka meja makan yang digunakan berukuran kecil. Keseluruhan furnitur makan kental dengan gaya minimalis. Termasuk lampu berbentuk cungkup berwarna hitam di luar dan putih di dalam.

4. Kamar tidur

Ini adalah kamar anak laki-laki keluarga pemilik rumah yang tampaknya berusia belasan atau 20-an. Sifat lelaki muda yang dinamis dan tidak suka ribet menjadi patokan saat merancang kamar ini. Furnitur yang digunakan juga tidak banyak, simpel dan berwarna dingin. Bisa kita lihat pada corak karpet dan lemari pakaian yang senada. Sedangkan kerai jendela dipilih warna abu-abu gelap agar serasi dengan dinding.

5. Kamar mandi dalam kamar cowok

Melihatnya sekilas kita sudah bisa tahu bahwa kamar mandi ini tidak jauh dari kamar tidur anak lelaki di atas. Ini karena lantai ruangan ini memiliki corak yang sama dengan karpet di kamar tidur. Mengikuti karakter lelaki muda yang tak suka ribet, arsitek meletakkan lemari peralatan mandi yang juga berfungsi sebagai cermin. Meja yang menyangga wastafel ini tampak modern dan cerdas, karena mampu menyembunyikan pipa saluran air dari pandangan.

6. Kamar tidur orang tua

Kamar tidur orang tua memiliki nuansa serba abu-abu yang lebih kental. Salah satu dinding dilapisi kertas dinding abu-abu bermotif senada. Demikian juga kelambu, karpet, furnitur dan seprei di kamar ini. Dua sketsa hitam putih di atas tempat tidur mengapit sketsa berwarna kuning yang menjadi pusat perhatian. Cermin besar di sisi kanan tempat tidur bisa untuk mematut diri dan menimbulkan efek luas pada ruangan.

7. Lemari pakaian

Adalah suatu kebiasaan di beberapa negara di mana lemari pakaian juga berfungsi sebagai kamar ganti. Bukan hanya pakaian, benda-benda lain seperti sepatu, tas dan pernak-pernik lainnya bisa disimpan di sini agar kamar tampak rapi. Lemari pakaian ini terletak di seberang tempat tidur dan menggunakan paduan warna putih dan abu-abu tua. 

Ingin punya kamar ganti seperti ini? Baca juga: 

15 Ide Ruang Ganti Impian yang Mengagumkan

8. Kamar mandi orang tua

Berbeda dengan kamar mandi anak lelaki yang penuh warna, kamar mandi orang tuanya dirancang dengan nuansa monokrom. Dinding granit berpola sederhana tampak selaras dengan furnitur kamar mandi serba putih yang modern. Cahaya lampu jingga tampak membias dari sela langit-langit, membuat suasana kamar mandi tidak pucat. Jendela buram akan meneruskan cahaya matahari dan menjaga privasi siapapun yang berada di dalamnya. 

Suka desain rumah minimalis? Baca juga: 

25 Ide Rumah Minimalis di Bawah 100 meter persegi

Apakah Anda juga tertarik menggunakan bantuan aplikasi 3 dimensi untuk merancang rumah impian?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!