40 Gaya Interior yang Membuat Anda Makin Betah di Rumah

Dyah Mahasasi Dyah Mahasasi
Квартира в "Ark Palace", Kristina Petraitis Design House Kristina Petraitis Design House Ruang Keluarga Minimalis
Loading admin actions …

Sedang bingung mau mengatur atau menata ulang interior rumah dengan gaya apa? Di homify selalu tersedia solusi bagi masalah interior Anda. Inilah daftar berbagai jenis dan desain tata ruang terbaik yang pasti bisa membuat hunian Anda makin menyilaukan dan nyaman tentunya. Ada banyak contoh untuk semua jenis interior dan karakter. Ada juga tata ruang spesial untuk rumah besar, rumah mungil, dan apartemen. 

Tunggu apalagi? Mari nikmati perjalanan indah bersama aneka jenis desain interior dari berbagai negara. Kami yakin Anda pasti menyukainya. 

1. Klasik, nyaman dan super cantik

Dapur, ruang makan dan ruang keluarga dalam satu ruangan adalah solusi bagi rumah sempit. Warna putih sebaiknya dominan agar rumah tampak luas. 

2. Kelembutan pada pandangan pertama

Ini tata ruang yang pasti disuka siapapun, cantik tanpa banyak detil. 

3. Ruang keluarga gaya klasik

Klasik tidak berarti kuno. Furnitur vintage di sini tampak serasi bersama furnitur modern. Kuncinya, sesuaikan satu elemen dengan elemen lainnya di ruangan itu. 

4. Simpel dan minimalis

Jika Anda selalu sibuk setiap hari, pilih tata ruang simpel dan tak butuh waktu lama untuk merapikan dan membersihkannya. 

5. Menikmati pemandangan

Jika rumah dikelilingi panorama menarik, bangun ruangan khusus untuk menikmatinya. Jangan lupa merawat lingkungan sekitar agar tetap dapat dinikmati sepanjang masa. 

6. Mempererat hubungan dengan alam

Pintu lipat yang bisa dibuka lebar-lebar cocok untuk menikmati alam tanpa pergi jauh dari rumah. 

7. Selera retro modern

Furnitur lama yang masih bagus kondisinya bisa loh dipadupadankan dengan furnitur modern. Pastikan keduanya memiliki kesamaan. Misalnya, warna bantalan kursi yang sama. 

8. Putih dan bercahaya

Ruangan berpenerangan baik bukan hanya tampak lebih luas, namun juga memudahkan aktivitas dan mobilitas. 

9. Kaya tekstur dan udara

Ruang terbuka kecil di dalam rumah akan melancarkan sirkulasi udara. Rumah akan terasa sejuk di berbagai cuaca. Panel kayu di gambar ini dipasang sebagai pemanis dan mengamankan lubang udara dari pencuri. 

10. Ruang tamu dalam dan ruang tamu luar

Ruangan ini memang cukup imut, sehingga teras juga dimanfaatkan sebagai ruang tamu. Akan ada tempat yang luas untuk pesta kecil dan pilihan tempat bersantai di dalam rumah. 

11. Gaya ekletik yang sensasional

Warna-warna cerah biasanya menyiratkan pribadi pemilik rumah yang dinamis dan terbuka. Gunakan warna-warna yang senada dengan elemen lain di ruangan. 

12. Cermin para raja

Bentuk jendela, lampu gantung, dinding dan langit-langit yang sangat tinggi mengingatkan kita pada kastil tempat tinggal para raja. Meski warna furnitur dan dinding serba gelap, jendela super besar dan cermin berhasil mencerahkan ruangan ini. 

13. Ruang tamu si periang

Orang yang periang biasanya punya banyak kawan dan teman dekat. Ruangan ini cocok bagi Anda yang berkarakter ramah dan sering dikunjungi teman atau kerabat. 

14. Klasik yang abadi

Gaya klasik memang tidak ada matinya. Mengamati rintik hujan sambil tiduran di sofa dekat jendela pasti menyenangkan. 

15. Pusat perhatian yang minimalis

Tungku perapian memang tidak umum digunakan di sekitar kita. Jika menyukai desain ini, Anda bisa mengganti tungku dengan akuarium atau tanaman hias. 

16. Cantik dengan sentuhan etnik

Karpet, hiasan dinding, dan bantal kursi bermotif etnik Creole tampak serasi dengan elemen lain di ruang bergaya Mediterania. Apakah Anda tertarik mencobanya? 

17. Surga di pinggir kota

Jika punya televisi selebar ini, rasanya tidak ingin ke mana-mana di akhir pekan. Malam minggu bisa dinikmati dengan nonton film komedi, video konser, atau pertandingan sepak bola bersama pasangan, anak-anak, atau teman-teman. 

18. Hunian serba kayu yang natural

Rumah yang seluruhnya terbuat dari kayu terasa hangat saat cuaca dingin, sejuk pada cuaca panas. Bila ingin rumah senantiasa dingin tanpa AC, opsi ini bisa dicoba.

19. Atap yang setinggi langit

Hunian yang satu ini memang unik karena memanfaatkan bekas semacam pabrik atau gudang sebagai tempat tinggal. Pemiliknya tidak mencat ulang seluruh dinding, cukup bagian langit-langit, balok penyangga dan satu bagian dinding saja. Hasilnya adalah sebuah hunian yang sederhana namun oke punya. 

20. Percantik rumah dengan warna

Warna hijau keabu-abuan memang akan memberikan efek gelap. Untuk menyeimbangkannya, gunakan pernak-pernik berwarna dasar putih. 

21. Gaya bebas

Selain tempat berteduh, rumah adalah tempat di mana kita bekerja dan berkarya. Ruangan ini cocok bagi Anda yang sedang memulai bisnis sendiri atau berwiraswasta. Sebuah tempat yang bisa memotivasi dan layak untuk menerima tamu. 

22. Elegan, simpel dan modern

Lampu gantung di atas meja makan adalah sentuhan kemewahan yang sederhana di ruangan ini. 

23. Warna cerah untuk hati ceria

Jangan remehkan efek warna pada suasana hati kita. Mood yang buruk tanpa sebab bisa diatasi dengan warna-warna cerah. Coba deh ganti sarung bantal kursi atau taplak meja dengan warna pink, agar mendung di hati Anda lekas berakhir. 

24. Minimalis yang bersahabat

Benar, ornamen segi empat di dinding adalah pusat perhatian di ruangan ini. Oleh karena itu, tak perlu diletakkan banyak furnitur. Furnitur yang digunakan juga simpel dan tanpa banyak lekuk. Desain ini cocok untuk Anda yang suka warna pink dan elemen kayu. 

25. Dapur, ruang makan, ruang tamu jadi satu

Ini salah satu alternatif untuk membagi lahan menjadi beberapa ruangan tanpa dinding pembatas. Selain menggunakan furnitur yang berbeda, tiap area menggunakan lampu dengan desain berbeda. 

26. Beton yang anggun dan kokoh

Dinding dan atap beton yang tidak difurnish bisa memberikan sentuhan industrial pada hunian Anda. Jangan lupa memadukannya dengan furnitur senada. 

27. Sempit bukan masalah

Warna krem juga bisa memberikan kesan luas untuk ruangan sempit. Apalagi kalau bersanding bersama furnitur kayu. Dahsyat!

28. Pop art untuk pecinta Andy Warhol

Siapa itu Andy Warhol? Ia adalah pelopor aliran pop art dan karya-karyanya menginspirasi seniman di seluruh dunia. Ruangan serba putih penuh karya grafis ini pasti disukai siapapun yang mengagumi sang maestro. 

29. Area tinggi rendah yang nyaman

Kita bisa mengakali kondisi permukaan tanah yang tidak rata dengan membuat area tinggi rendah seperti ini. Area sofa ibarat sarang pasti menyenangkan untuk bersantai. 

30. Kecil dan hangat

Jika masih layak digunakan, furnitur lama sebaiknya digunakan. Setelah difurnish ulang, furnitur lama akan membantu menghadirkan nuansa ekletik di rumah Anda. 

31. Hangat setiap saat

Melapisi rumah dengan kayu dan lantai kayu bisa menjaga suhu udara tetap hangat. Bisa diterapkan pada rumah yang berada di daerah pegunungan. 

32. Putih dan warna cerah

Warna putih sangat mudah dipadukan dengan warna apa saja. Termasuk warna-warna menyolok seperti biru muda dan jingga. 

33. Pilar dan langit-langit rustic

Nuansa rustic yang kental terlihat pada bentuk langit-langit, pilar, dan ornamen lantai. Sofa modern membuat ruangan ini menjadi pertemuan gaya lama dan baru. 

34. Tempat bersembunyi si kutu buku

Kalau sudah asyik membaca buku, si kutu buku akan lupa pada situasi di sekelilingnya. Oleh karena itu, perlu dibuat ruangan khusus untuknya agar ia aman dari segala gangguan. Sofa yang nyaman dan pencahayaan yang cukup sangat dibutuhkan di sini. 

Dapatkan ide desain ruang baca lainnya di: 

9 Inspirasi Ruang Baca yang Bisa Dicontek Untuk Rumah Anda 

35. Ala Prancis

Ingin jalan-jalan ke Prancis tapi belum terlaksana? Coba terapkan interior ala Prancis untuk menghibur hati. Di sini kita melihat paduan antara gaya rustic dan klasik yang harmonis. Meski terlihat tua, namun tidak ketinggalan jaman. 

36. Dapur, ruang makan dan ruang keluarga berlangit-langit tinggi

Langit-langit ruangan yang tinggi dimanfaatkan sebagai jalan masuk udara, dan lantai tambahan di sisi-sisinya. Solusi cerdas untuk mengatasi masalah keterbatasan lahan. 

37. Sebuah tempat peristirahatan di Patagonia

Atap kayu, dinding kayu dan lantai keramik juga bisa serasi. Pilihlah jenis kayu yang sesuai dengan kondisi iklim di sekitar Anda saat ini. 

38. Rustic dan tropis juga mempesona

Jendela kaca besar berfungsi sebagai pembatas ruangan. Tanaman hias tropis dan dinding batu bata adalah perkawinan gaya tropis dan rustic di rumah ini. 

39. Sarang minimalis

Langit-langit tinggi hanya terdapat tepat di bawah ruang keluarga. Gaya desain ini menghasilkan ruang keluarga ibarat sarang yang melindungi pemiliknya dari dingin dan panas. 

40. Tempat berkumpul yang selalu dikenang

Mungkin seperti inilah rumah orang tua atau kakek nenek di mana Anda dibesarkan dan melewatkan masa kecil. Masa-masa yang penuh kenangan bisa kita hadirkan kembali melalui interior rustic seperti ini. 

Biaya Jasa Desainer Interior

Pastinya, deretan desain interior rumah di atas sudah cukup menginspirasi Anda.Jangan asal mencontek, Anda pun perlu mengetahui bagaimana cara menerapkannya di rumah. Kuncinya terletak pada kombinasi tema interior, model perabot, serta tata letaknya.  

Untuk hasil lebih maksimal, Anda akan membutuhkan bantuan seorang desainer profesional. Berikan gambaran mengenai design interior rumah yang Anda inginkan serinci mungkin, agar desainer dapat menentukan pola terbaik. Soal harga, desainer interior akan menetapkan tarif berdasarkan kebijakannya masing-masing. 

Ada desainer yang hanya menyediakan jasa pembuatan gambar, baik 2D maupun 3D. Tarifnya dihitung per meter persegi, jadi biayanya tergantung dimensi ruangan. Kisaran harganya mulai Rp200 ribu – Rp1 juta-an. Jadi misalkan Anda ingin mendesain interior rumah minimalis 10m x 8m dan desainer menetapkan tarif Rp500 ribu/m2. Maka total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp40 juta.   

Ada pula desainer yang menyediakan jasa gambar sekaligus pembangunan. Tarifnya bisa per meter persegi atau juga bisa menggunakan persentase. Besaran persentase untuk desain interior rumah minimalis umumnya antara 2 – 5% dari total biaya produksi secara keseluruhan. Jadi apabila Anda menginginkan desain interior rumah sederhana, biaya yang dikeluarkan akan lebih murah. 

Manakah yang paling cocok buat Anda?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah