10 Pelapis Dinding Agar Fasad Rumah Indah Dipandang

Dyah Mahasasi Dyah Mahasasi
House of Respect and Happiness, studio_GAON studio_GAON Rumah: Ide desain interior, inspirasi & gambar
Loading admin actions …

Seseorang dinilai menarik karena wajahnya yang rupawan. Demikian pula sebuah rumah akan disebut indah jika fasadnya membuat mata tak berkedip memandangnya. Ada banyak cara menciptakan fasad rumah yang mempesona. Bisa dengan memolesnya, atau membiarkannya tampak alami tanpa polesan. Bisa juga dengan menghias pintu masuk menggunakan kayu atau kristal. 

Jika Anda sedang mencari cara menciptakan fasad rumah yang lebih memukau, di sinilah tempatnya. homify punya 10 variasi pelapis dinding yang dijamin bakal membuat Anda jatuh cinta pada rumah Anda sendiri. 

1. Batu alami warna gelap dan bertekstur

Sebuah kontras tanpa cela ditampilkan dengan menggunakan dua elemen berbeda. Fasad rumah ini menggunakan pelapis dinding batu yang sedikit bertekstur dan berwarna gelap, yaitu hitam keabu-abuan. Kita lihat di sini, fasad rumah tampak kekinian dan modern. Sempurna berkat struktur baja dan warna putih di bagian lainnya. Sebuah detil yang merupakan elemen dekoratif bagi fasad yang unik dan serasi. 

2. Pelapis kayu

Pelapis kayu berbentuk horizontal bisa ditata dengan variasi ketebalan. Hasilnya, fasad rumah tampak menarik dengan berbagai kedalaman warna kayu. Ada yang gelap, terang, coklat kekuningan, atau coklat kemerahan. Fasad rumah tampak menyenangkan, natural, tanpa kehiangan keanggunan modern.

3. Kayu vertikal

Tekstur kayu pada contoh ini luar biasa. Beberapa lembar kayu dinding disusun dengan cara tertentu agar tampak berlapis, mirip seperti barisan kayu tiga dimensi. Efek yang dihasilkan adalah permainan bayangan, warna, dan garis yang membuat Anda tergoda menyentuhnya. Material kayu selalu handal dalam menghadirkan kesan sejuk atau hangat, sesuai dengan kondisi di sekitarnya.

4. Beton bertekstur

Bangunan beton saat ini tak terhitung jumlahnya. Pemilik bangunan bisa memfurnish beton dengan cat atau membiarkannya tanpa dipoles sama sekali. Bagaimana jika rumah terbuat dari batu bata tapi kita ingin fasad rumah dari beton? Berikan saja lapisan semen di dinding. Hal yang perlu diingat adalah, lapisan semen bisa dibentuk sesuai keinginan Anda. Bisa halus, licin, dibentuk menjadi modul persegi jika Anda suka gaya industrial. Bisa juga bertekstur. Caranya, campurkan biji-bijian atau kerikil dalam adukan semen. Oleskan adukan semen itu di dinding, lalu tunggu sampai sedikit kering. Sesudah itu, ambil biji-bijian menggunakan spatula. Hasilnya, permukaan lapisan tampak kasar dan bertekstur. Gunakan trik ini jika ingin menciptakan kontras di tengah lapisan beton fasad rumah yang mulus.

5. Dinding marmer

Serat alami dalam marmer menjadikannya bahan hiasan rumah yang cantik. Bisa direka menjadi berbagai bentuk, termasuk lantai yang dipoles halus. Pelapis dinding dari bahan marmer menghasilkan mosaik fantastis yang memadukan corak, bayangan, gelap terang, dan tekstur elok saat dipandang dari jauh. 

6. Lempeng batu berbagai warna

Lempeng batu adalah bahan cantik yang memberikan tampilan natural dan sangat elegan bagi fasad rumah, terutama jika ditata dalam proporsi yang tepat. Contohnya ditampilkan di sini, yaitu sebuah dinding yang berada di antara garasi dan pintu masuk. Agar lebih praktis dan mudah dipasang, lempeng batu yang digunakan berbentuk persegi kecil. Dinding ini dihiasi lempeng-lempeng batu yang berbeda bentuk dan warna satu sama lain. Bahkan ada juga lempeng batu yang menyerupai lantai keramik. 

7. Kayu berwarna gelap

Pelapis dinding dari kayu tipis warna gelap atau kemerahan menghasilkan desain kontemporer dan luar biasa pada fasad manapun. Posisi horizontal menghasilkan kesan lapang, volume yang lebih panjang dan dalam, dan memberikan sentuhan hangat pada rumah yang terasa dari kejauhan. 

8. Aluminium enamel

Apa yang spesial pada contoh ini? Pelapis dinding aluminium membuat fasad rumah tampil menonjol dan mencerminkan keyakinan. Dalam contoh ini Arsitek menggunakan beberapa panel aluminium enamel dalam berbagai warna. Kelebihannya, panel aluminium lebih fleksibel dan mudah dibentuk menjadi berbagi bentuk dan ukuran. Tampilannya yang mengkilap menghasilkan kesan cerah. Selain itu, panel aluminium juga tahan lama. Apakah Anda tertarik menggunakannya? 

9. Ubin keramik

Ubin keramik menawarkan variasi warna, gaya dan bentuk yang tak terbatas. Ada yang persegi, segi enam, segi empat, polos, mosaik, bertekstur, atau mengkilap. Ada juga yang tampilannya mirip kayu, beton, bahkan logam tua. Pada contoh ini fasad rumah dilapisi oleh ubin keramik beraksen kayu. Ubin keramik berbentuk segi empat dan dipasang dalam posisi horizontal. Memang bukan kayu sungguhan, namun hasilnya sama elegan, sangat modern, dan indah. 

10. Dua dinding batu

Dinding batu adalah ciri khas arsitektur Meksiko. Sebuah materi yang dengan penampilan yang kaya, karakter yang kuat, berbobot, dan hangat. Pada contoh ini kita melihat dua dinding berlapis batu dengan nuansa abu-abu di sisi kiri dan coklat muda di sisi kanan. Pelapis dinding berbahan batu dapat berupa bongkahan kecil, atau lembaran besar. Ada juga yang dijual dalam bentuk lajur-lajur, cocok untuk melapisi dinding di sekitar teras. Sebagai bagian dari desain fasad, materi ini bisa dipadukan dengan pelapis dinding dari batu lain dengan warna dan nuansa berbeda. Bahkan bisa juga dipadukan dengan dinding bercat putih biasa. Fasad rumah pasti jadi lebih menyenangkan saat dipandang. 

Butuh ide fasad rumah minimalis? Bacalah: 

36 Ide Keren untuk Dinding Bebatuan dan Batu Bata

Simak trik berikut ini, tempelan tembok untuk menghiasi dinding

Tentunya ada banyak cara untuk meningkatkan tampilan luar rumah Anda, salah satunya dengan mendekorasi dinding luar dengan:

1.Memasang papan tulisan sebagai dekorasi dinding.

Gaya kekinian ini bahkan hadir dengan papan tulisan yang dihiasi berbagai lampu. Anda bisa membuat dengan quotes kesukaan Anda, atau tulisan Garden, jika ingin menghiasi dinding taman Anda dengan papan tulisan.

2.Memasang pajangan di dinding

Anda bisa menerapkannya di dinding teras Anda, untuk contoh jika ingin nuansa pantai, Anda bisa menggantung dayung, ban, atau lukisan pantai, untuk menciptakan suasana pantai.

3. Dekorasi dinding dengan tanaman

Agar lebih segar tampilan rumah Anda, bisa juga loh menghiasinya dengan tanaman pada dinding, yang membuat penampilan rumah menjadi lebih asri.

Cara memilih keramik dinding outdoor

Ingin mempunyai nuansa rumah yang berbeda? Selain menggunakan cat dinding secara langsung, keramik dinding merupakan salah satu alternatif pilihan yang tepat bagi Anda.

Dan berikut beberapa tips untuk memilih keramik dinding:

1. Sesuaikan dengan desain rumah Anda

Tentunya jika ingin memilih keramik dinding untuk rumah Anda, harus disesuaikan dengan konsep rumah. Sesuaikan dengan tema rumah Anda, baik itu minimalis, klasik, atau apapun temanya, cocokkan corak keramik dengan konsep rumah Anda.

2. Sesuaikan ukuran ruang

Sebelum membeli, pastikan anda mengukur dinding Anda terlebih dahulu. Agar pas untuk memasang keramik dinding di area yang Anda inginkan.

3. Sesuaikan budget

Hal yang musti Anda pertimbangkan sebelum membeli keramik dinding adalah menyesuaikan dengan budget Anda. Berapa kira-kira harga keramik dan tukang yang mengerjakannya, semuanya harus diperhitungkan lebih dahulu.

4. Pilih keramik yang tepat

Anda harus cermat sebelum membeli, motifnya terlihat bagus namun belum tentu kuat. Jadi pilih yang kualitasnya bagus, bergaransi, mahal sedikit tidak apa-apa, asal awet dan kuat.

Nah, pelapis dinding mana yang jadi favorit Anda?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah