Rumah by アトリエ24一級建築士事務所

3 Inspirasi Brilian Rumah Merangkap Tempat Usaha

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Lapangan pekerjaan yang semakin sempit sebaiknya tidak membuat kita berputus asa. Jika sulit mencari pekerjaan, mengapa tidak menciptakan pekerjaan buat diri sendiri? Tidak perlu repot menyewa tempat usaha, rumah kita bisa kok difungsikan menjadi tempat usaha permanen sekaligus tempat tinggal. Bahkan untuk rumah yang tidak luas sekalipun! Mari awali berwirausaha dengan menyimak berbagai contoh desain rumah sekaligus tempat usaha berikut ini. 

1. Rumah dan restoran

Contoh pertama adalah sebuah rumah lantai satu di Argentina dengan bangunan tambahan di sampingnya. Rumah ini sejatinya adalah rumah beton dengan kolam renang di halaman depan. Bangunan tambahan dirancang dengan gaya tropis serba kayu, ideal untuk daerah bersuhu hangat dan telah lengkap dengan penyejuk udara di dalamnya. Kolam ikan dan dek kayu merupakan sentuhan alami yang membuat orang tertarik mengunjunginya. 

Baca juga: 

Rumah Kayu Berinterior Modern yang Ramah Anak

2. Rumah dan toko roti

Contoh berikutnya adalah Boulangerie, sebuah rumah kubus merangkap toko roti di Jepang. Lantai dua merupakan area hunian, sedangkan aktivitas usaha berlangsung di lantai satu yang menjual roti tawar dan croissants. 

Gaya arsitektur dua lantai ini cukup jauh berbeda. Lantai dua cukup tertutup rapat, dengan dua jendela kecil dan sebuah balkon yang membelakangi jalan. Ini bisa dipahami karena penghuni rumah menginginkan privasi tetap terjaga saat toko roti sedang ramai pembeli. Ruangan di lantai satu dikelilingi pintu dan jendela kaca, didukung interior perpaduan kayu dan beton. Tersedia sebuah teras dek kayu di depan toko, di mana pengunjung bisa duduk-duduk menikmati roti pesanan mereka.

Baca juga: 

Mengintip Interior Rumah Kubus Impian di Atas Bukit 

Interior kayu di dalam

Desainer kami menggunakan memilih kayu pinus sebagai material lantai. Meja konter dan permen juga menggunakan bahan yang sama. Hasilnya, suasana hangat dan alami terasa di seluruh penjuru ruangan. 

Hangatnya kayu, lezatnya roti

Warna kayu yang digunakan sebagai furnitur toko tampak serasi dengan warna roti yang baru saja keluar dari oven. Saya yakin, pasti Anda sekarang sedang membayangkan kelezatannya. 

3. Rumah, kafe, dan pangkas rambut

Masih di Jepang, kali ini kita akan berkunjung ke sebuah rumah dengan dua jenis usaha sekaligus, kafe dan pangkas rambut. Interior tempat usaha dikemas dalam gaya industrial, lengkap dengan furnitur antik. Pipa-pipa dan kabel yang saling berkelindan di langit-langit dicat putih merupakan ciri khas gaya ini. Sedangkan furnitur yang digunakan adalah paduan antara furnitur antik Jepang dengan furnitur kulit klasik. 

Ngopi sekaligus potong rambut

Sambil menunggu giliran potong rambut, para pelanggan bisa menikmati secangkir kopi sambil membaca buku. Mereka pasti tak akan bosan menunggu karena interior tempat usaha ditata apik dengan nuansa kayu dan industrial. 

Baca juga: 

Rumah Industrial Kayu dan Beton Ala Jepang 

Apakah usaha yang sedang Anda geluti saat ini (jika ada)? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!