Kamar Tidur by homify

7 Trik Dekorasi yang Perlu Anda Ketahui!

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Jika Anda suka mendekorasi, maka Anda pasti selalu ingin memasukkan hal baru ke dalam rumah

Tapi terkadang, rasanya sulit untuk memilih satu dari sekian banyak gaya (dekorasi) dan membuat keputusan yang tepat. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengalaman, atau kita mengalami kesulitan untuk menyaring berbagai ide yang ada, yang tak jarang, malah membuat kita menerapkan banyak ide baru yang berbeda pada saat yang bersamaan – hal yang malah membuat dekorasi ruangan menjadi tumpang-tindih. 

Tapi tenang, pada Buku Ide ini kami akan memberikan 7 trik dasar mengenai dekorasi. 7 Hal yang bisa membuat kita menjadi lebih fokus dan terukur dalam menata ruangan. 

Selamat membaca!

1. Penekanan Sejak Awal

Area masuk memiliki peran penting untuk menciptakan kesan pertama yang kuat pada para tamu. Dan jika Anda menyukai hiasan atau dekorasi, kami sarankan untuk langsung membuat tamu Anda terkesan sejak awal terhadap selera desain interior Anda. 

Adalah hal yang penting untuk membuat ruang masuk Anda selalu bersih dan rapi, tanpa adanya akumulasi barang atau benda yang seharusnya bisa berada di bagian atau ruangan lain rumah. Di tempat ini, akan lebih baik jika Anda meletakkan furnitur dengan kualitas yang bagus – misalnya cermin – atau beberapa hiasan dan pencahayaan dengan taste yang baik.

2. Gunakan Warna Pastel

Warna pastel memiliki kelebihan, karena bisa dikombinasikan dengan warna lain tanpa menimbulkan kejenuhan secara visual. Nuansa warna ini juga memungkinkan Anda untuk menciptakan lingkungan yang elegan, dengan menghadirkan rasa atau hawa yang segar dan bercahaya. Anda bisa menggabungkannya dengan warna-warna dasar – seperti putih – yang akan terlihat sangat padu. Contohnya seperti pada dapur rancangan Olivia Sciutto di atas, di mana warna biru diaplikasikan baik di dinding dan kursi meja makan.

3. Bahan Tekstil untuk Memberikan Karakter

Ya. Jangan remehkan kekuatan yang dimiliki oleh bahan-bahan tekstil. Pilihlah tirai yang bagus dan bahan-bahan tekstil yang nyaman untuk sofa dan bantal-bantal Anda. Dan untuk menghubungkan semua bagian di dalam rumah dan membawa kenyamanan – terutama di lingkungan yang terasa dingin – tidak ada pilihan yang lebih baik selain menggunakan karpet.

4. Gunakan Rak untuk Memisahkan Area

Rak, selain berguna untuk menyimpan atau meletakkan benda-benda, juga berguna untuk memisahkan area yang berbeda di dalam satu lingkungan. Lihat bagaimana rak memisahkan area bathtub dengan toilet di atas. Tiap space pada rak pun dihiasi dengan ornamen-ornamen yang bagus, untuk membuat kamar mandi lebih menarik lagi.

5. Kekuatan Cahaya

Yang harus kita sadari, pencahayaan memainkan peranan penting pada hunian kita. Anda dapat menciptakan keindahan dan kenyamanan setiap ruang, mengeluarkan potensi terbaiknya dan menutupi kekurangannya, dengan pencahayaan. Faktanya, pencahayaan pada rumah, ibarat make up pada wajah. 

Di luar sana Anda bisa menemukan berbagai macam lampu untuk berbagai keperluan, lengkap dengan variasi penyebaran cahayanya. Pilih baik-baik, dan terangkanlah sudut-sudut rumah Anda, tangga, koridor dan lain-lain.

6. Manfaatkan Ruang Sekecil Apapun

Kita semua pasti ingin memiliki taman di mana kita bisa menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Tapi sayangnya, tidak semua dari kita memiliki ruang untuk itu. Tapi jangan khawatir, kita bisa memanfaatkan balkon atau halaman di dalam rumah, seperti contoh ini. 

Sebagai saran, catlah dinding Anda dengan warna putih untuk memberikan efek visual yang besar, lalu letakkan tanaman atau kumpulan bunga-bunga kecil untuk menciptakan kebun alternatif Anda.

7. Nilai Lebih dari Kesederhanaan

Di ruangan rumah yang seharusnya menjadi lebih nyaman dan tenang, bersandarlah pada kesederhanaan. 

Lebih dari sekedar tren atau gaya, mengandalkan pada kesederhanaan akan membantu Anda untuk melakukan perubahan di kemudian hari. Dan ingat, sederhana tidak berarti hambar, karena tone-tone netral seperti abu-abu dan warna pastel, tidak akan pernah membuat jenuh dan mengganggu. 

Klasik tidak pernah ketinggalan jaman, dan merupakan pilihan cerdas bagi mereka yang ingin menghias ruangan dengan sentuhan elegan.

Mana trik-trik yang akan langsung Anda terapkan? Beritahu kami.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!