Taman by Greenhouse Stores

11 Ide Desain Rumah Kaca Cantik dan Serbaguna

Dyah Swastantika – homify Dyah Swastantika – homify
Loading admin actions …

Anda yang suka berkebun pasti tak asing dengan yang namanya rumah kaca. Ini adalah sebuah bangunan di mana kita dapat membudidayakan tanaman agar tumbuh subur di segala cuaca. Rumah kaca juga bisa membantu meminimalisir serangan hama, dapat juga mengatasi masalah ketidaksuburan tanah. Seiring perkembangan jaman, fungsi rumah kaca juga berkembang. Di beberapa negara, rumah kaca dirancang sedemikian rupa sehingga meningkatkan daya tarik visual kebun atau halaman. Bahkan berfungsi juga sebagai tempat bersantai. Ingin tahu seperti apa bentuknya? Coba lihat ulasan di bawah ini.

1. Rumah kaca dengan kubah piramida

Inilah desain rumah kaca yang cocok untuk segala jenis taman. Bingkai hitam bergaya terlihat mahal, lengkap dengan pintu ayun yang kokoh dan nyaman digunakan. Kubah piramida dari kaca yang terlihat sangat modern ini mudah dibersihkan.

2. Paduan kaca dan kayu

Melihat bentuknya, mungkin Anda tak percaya kalau ini adalah rumah kaca. Selain menjadi tempat untuk menyemai bibit, Anda bisa duduk di dalamnya sambil mengganti tanah dalam pot, atau memotong ranting-ranting tanaman dalam pot tanpa khawatir kepanasan atau kehujanan. 

Suka berkebun? Tips berkebun ini pasti cocok untuk Anda: 

13 Tips Berkebun Untuk Pemula 

3. Rumah kaca portabel

Dengan bantuan alat derek, rumah kaca ini bisa diangkut dari satu tempat ke tempat lain. Rangka rumah kaca yang terbuat dari logam menjamin kekokohan dan daya tahannya. Sementara bidang kaca yang besar memungkinkan kita memandangi hijaunya tanaman dari balik jendela. 

4. Rumah kaca ala Perancis

Desain rumah kaca ini berhasil memukau siapa saja. Dinding batu, atap lengkung, rangka besi tempa hitam ala Prancis… Sulit dipercaya ini adalah sebuah rumah untuk tanaman!

5. Rumah kaca buatan sendiri

Anda juga bisa membuat rumah kaca sendiri, dan bahannya tidak harus kaca. Ada empat jenis plastik yang bisa digunakan sebagai dinding dan atap rumah kaca, yaitu plastik polyethylene, plastik polyvinyl, platik polikarbonat, dan plastik copolymer. Kayu bisa digunakan sebagai rangka. Namun pondasi rumah kaca sebaiknya terbuat dari beton agar lebih kokoh dan tahan lama.  

6. Rumah kaca Gothic

Rumah kaca ini dibuat berdasarkan pesanan. Meski berfungsi sebagai rumah untuk tanaman, namun unsur dekorasi tak dilupakan. Coba perhatikan bentuk atap tinggi dan hiasan di sepanjang bubungan atap yang bergaya Gothic, atau tepatnya Neo Gothic.

7. Kaca seamless

Kaca jenis ini bisa digeser atau dilipat. Kaca seamless (tanpa bingkai) sesuai untuk kebutuhan apapun dalam kebun, di teras atau beranda. Namun harganya sangat mahal. Jika terlalu sayang memanfaatkannya sebagai rumah untuk tanaman, letakkan saja sebuah jacuzzi di dalamnya. 

Baca juga: 

DIY: Membuat Teras Dengan Tempat Mandi Terbuka! 

8. Rumah kaca ala Inggris

Beginilah tampilan rumah kaca khas Inggris. Rumah kaca dengan bingkai kayu berwarna hijau pucat, pondasi lantai beton (karena rumah kaca ditujukan untuk bunga, bukan sayuran) dan sepasang rak.

Baca juga: 

10 Cara Membuat Taman Indah di Area Sempit 

9. Rumah kaca dengan dinding batu bata

Cara membangun rumah kaca ini adalah membuat pondasi dan dinding batu bata , kemudian membangun rangka/ bingkai kayu atau aluminium di atasnya. Bingkai aluminium untuk kaca bisa Anda buat sendiri. Namun, bingkai kayu lebih hemat biaya.  

10. Rumah kaca untuk ruang tamu

Ingin punya ruang tamu yang terpisah dari rumah untuk menyambut tamu spesial? Desain rumah kaca ini bisa Anda contek. 

11. Rumah kaca siap pakai

Jika tak punya waktu membuat rumah kaca sendiri, Anda bisa meminta bantuan seorang ahli untuk membuatnya. Pastikan lebar rak sesuai dengan kebutuhan Anda. Demikian juga lubang angin untuk sirkulasi udara.

Tertarikkah Anda membangun rumah kaca di kebun atau halaman?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!