12 Tips Jitu Menata Ruang Dalam Rumah Kecil Agar Menyenangkan, Fungsional Serta Modern

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
APARTMENT “VERBI”, Polygon arch&des Polygon arch&des Ruang Keluarga Minimalis
Loading admin actions …

Saat ini mempunyai rumah kecil sudah menjadi gaya hidup. Namun yang menjadi masalah adalah bagaimana menata rumah kecil itu menjadi sebuah rumah nyaman serta mampu memenuhi kebutuhan ruang beraktifitas dan beristirahat bagi penghuni.

Dalam buku ide kali ini ini, kami akan memberikan12 tips menata ruang dalam rumah kecil dan apa yang dapat kita lakukan di setiap ruang sehingga rumah menjadi tempat yang menyenangkan, fungsional, dan modern.

Mari kita lihat.

1. Mencampur gaya

Banyak yang beranggapan bahwa gaya minimalis adalah sebuah solusi saat menata rumah kecil. Hal ini sering diartikan, gaya minimalis berarti mengurangi perabot dan ornamen secara maksimal, yang menyita ruang. 

Namun, agar terlihat stylish kita bisa mencampurnya dengan gaya lain yang akan sedikit menghibur lingkungan. Jika Anda hanya meletakkan sofa dan meja kopi di ruang tamu, ruang itu mungkin akan terlalu dingin dan tidak bersahabat. Ambil warna dan tekstur ke ruang melalui bantal, karpet, selimut, gambar, dll.

2. Furnitur

Seringkali yang kita lakukan untuk ruang kecil adalah membeli perabotan dengan ukuran standar dan mencoba menyesuaikannya dengan ruang. Namun kita lupa bahwa ada para profesional yang berdedikasi untuk merancang dan membuat furnitur yang dapat menyesuaikan dengan dinding yang akan membuat ruang tampak lega serta fungsional.

3. Partisi untuk membagi ruang

Pilihan yang baik untuk memisahkan aktivitas di dalam rumah adalah melibatkan integrasi struktur vertikal ringan yang memisahkan ruang secara virtual atau material tanpa merampas ruang lantai. Solusi ini memiliki keuntungan karena bisa menciptakan dua lingkungan yang berbeda – satu di setiap sisi partisi.

4. Memilih gaya loteng

Pikirkan rumah Anda sebagai loteng dan pisahkan ruangan hanya dengan perabotan, manfaatkan ketinggian untuk menciptakan perpecahan tambahan. Anda juga bisa menikmati tekstur bahan bangunan, seperti batu bata, dan meminjamkan gaya industri ke area ini.

5. Tidak mengintegrasikan televisi secara fungsional

homify

Kami hampir selalu memasang televisi di atas perabot, namun mengingat teknologi sekarang adalah layar yang sangat tipis dan ringan, kami bisa memasangnya di dinding pemisah antara ruang tamu dan ruang makan, di atas perapian atau dalam sistem berputar yang melayani dua area. .

6. Jangan pak benda cerdas

Mengingat bahwa kita tidak mampu memasang banyak kabinet dengan panjang dan lebar dalam ruang sempit, pilihan yang bagus adalah membuat platform di ruangan dan memanfaatkannya untuk menempatkan laci, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Pertimbangkan juga bagaimana cara penyimpanan sepeda.

7. Gorden untuk membelah

Alih-alih menggunakan partisi tetap – dari kayu, baja atau bahan padat lainnya – Anda bisa menggunakan gorden. Carilah kain bagus dengan cetakan yang indah dan pilih gaya yang paling sesuai dengan ruang Anda.

Jika Anda ingin tirai membuat privasi, pilihlah kain yang lebih berat. Tetapi jika Anda hanya ingin mendekorasi dan memisahkan ruang secara virtual, kain ringan paling banyak ditunjukkan.

8. Mengintegrasikan ruang dengan kreativitas

Bila ruang tamu, ruang makan dan dapur berbagi ruang yang sama, kita cenderung membagi setiap area dengan perabot dan dinding palsu yang membatasi cahaya dan jarak pandang. 

Cara lain, coba integrasikan area ini, dengan menggunakan gaya furnitur yang sama, palet warna yang sama dan memadukan perabotan. Ini akan membuat ruang terlihat unik, lebih besar dan lebih harmonis.

9. Menikmati cahaya putih dan alami

homify Ruang Keluarga Gaya Skandinavia

Cahaya alami adalah sumber terbaik untuk penerangan rumah. Ini sangat ideal untuk melihat dan menciptakan lingkungan yang sejuk dan nyaman tanpa harus menggunakan cahaya buatan. 

Manfaatkan cahaya alami yang masuk ke rumah Anda, dengan menggunakan warna yang lebih terang di dinding dan langit-langit, Anda akan kagum pada hasilnya.

10. Menikmati ketinggian

Untuk memaksimalkan ruang kecil namun tinggi, Anda dapat membangun struktur multifungsi seperti lemari dan area belajar dan memasang tempat tidur di atasnya.

11. Manfaat sudut ruang

homify Koridor & Tangga Modern

Setiap ruang kosong – baik itu di bawah tangga, di bagian atas dapur, di bawah toilet kamar mandi, dapat dicadangkan untuk memaksimalkan kegunaan di dalam rumah.

12. Furnitur lipat untuk menghemat ruang

Kami berakhir dengan furnitur lipat yang sedikit digunakan tapi fitur sangat fungsional. Jika apartemen Anda tipe studio, dengan hanya satu ruangan, Anda bisa memiliki sofa, meja kopi, area TV, kantor, rak buku, tempat tidur dan laci. Pada malam hari, sofa menghilang dan tempat tidurnya muncul di tempat terbuka.

Mau tahu lebih banyak? jangan lewatkan buku ide barikut.

16 Desain Dapur Berukuran 10m Yang Spektakuler

Lihat lebih banyak penawaran dari desainer interior yang terdaftar di homify.

Anda punya tips lain menata rumah kecil? Bagi pengalaman Anda di sini.

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah