Ruang Keluarga by Lucia Navajas -Arquitetura & Interiores

6 Ide Brilian Mendekor Ruang Tanpa Jendela

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Semua makhluk hidup tentu membutuhkan sinar matahari yang sangat banyak, begitu juga dengan manusia. Sehingga kita menjadi nyaman ketika berada dalam ruang yang mempunyai jendela. Namun ada kalanya karena posisi rumah yang berada diantara gedung atau bangunan yang terlanjur tidak memungkinkan terdapat jendela.

Saat Anda menemui ruang ranpa jendela ada beberapa trik sehingga ruang tersebut tetap mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan cahaya. Salah satunya adalah dengan menambahkan skylight. Namun bagaimana mendekor ruang yang benar-benar tanpa jendela? 

Dalam kasus ini, yang terbaik adalah memperbanyak penggunaan warna terang dan hidup. Dinding, misalnya, harus dicat putih atau dengan warna hangat seperti kuning, merah muda dan oranye. Selain itu disarankan agar Anda memilih karpet cerah atau warna cerah di lantai; beberapa perabot gelap (meja samping tempat tidur, misalnya) atau rak dinding, kontras dengan permukaan ringan; serta bingkai gelap untuk dinding dan langit-langit. Langkah kecil ini akan memungkinkan Anda untuk menyoroti warna kecerahan dan cahaya sambil memberi kesan teduh yang lebih alam

Fitur lain yang juga berubah di ruangan yang tidak memiliki jendela adalah kemampuan ruangan yang bersangkutan untuk menggerakkan Anda ke alam semesta lain bisa berupa lukisan, boleh juga TV. Dalam buku ide ini kami telah menyiapkan beberapa tip untuk membantu Anda mengkondisikan ruangan tanpa jendela.

1. Perhatikan pencahayaan

Konsekuensi utama dari tidak adanya jendela adalah kurangnya cahaya alami. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan desain pencahayaan. Ada dua pilihan pencahayaan. yang pertama adalah menciptakan suasana hangat dan intim, dengan memakai lampu pijar kuning, seperti desain ini oleh Lucia Navajas di atas. Penggunaan lampu dan lilin dapat membantu memberikan lingkungan dengan perasaan kehangatan yang diperlukan.

Pilihan kedua adalah memilih pencahayaan yang menyerupai atau mencoba meniru cahaya alami. Lampu pijar putih merupakan ide yang bagus. Bola lampu spektrum penuh adalah alternatif terbaik karena tampak seperti cahaya alami matahari.

Trik lain yang akan sesuai dengan Anda dengan baik jika ruangan Anda tidak memiliki jendela adalah penggunaan gorden bukan pintu untuk menciptakan efek jendela saat ruangan tertutup, sekaligus juga memudahkan penerangan lingkungan.

2. Ventilasi

Aspek penting lain yang perlu diperhatikan di kamar tanpa jendela adalah ventilasi. Sikap sederhana untuk membiarkan angin sepoi-sepoi pagi sangat penting bagi kesehatan dan kebersihan tempat itu sejak, jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menyebabkan akumulasi debu dan bau. Berikut adalah beberapa tip dan solusi rumah bagi Anda untuk mengatasi situasi jika masa inap Anda tidak memiliki jendela:

- Yang pertama dari proposal kami adalah Anda menempatkan kipas angin di langit-langit atau bagian bawah ruangan untuk menghasilkan udara seperti di ruang Casa Bruno American Home Decoration ini. Hidupkan setidaknya dua kali selama setidaknya setengah jam setiap hari.

- Cobalah untuk menghindari benda-benda yang bisa menyebabkan kelembaban, seperti kayu, kertas dan kulit, karena tergantung suhu, dimungkinkan untuk menciptakan ruang di mana cetakan berkembang.

- Salah satu cara terbaik untuk ventilasi ruangan tanpa jendela adalah dengan menjalani perombakan kecil dan menempatkan ekstraktor udara. Pemasangannya bisa dilakukan bilamana ada ruangan yang berdekatan meski pekerjaannya membutuhkan ketrampilan tertentu, maka kami sarankan agar anda menempatkan diri di tangan profesional.

- Jika penggunaan Anda tidak benar-benar diperlukan, hindari ruangan ini untuk aktivitas sporadis seperti setrika atau pantry, solusi praktis yang memungkinkan Anda tidak terlalu memperhatikan ventilasi.

- Seperti kata pepatah: segala sesuatu yang berkilau bukanlah emas. Jadi jangan merasa buruk jika kamar Anda tidak memiliki jendela karena, memilikinya, tidak menjamin lingkungan yang lebih menyenangkan. Sebenarnya, salah satu masalah besar ruangan dengan jendela ada kaitannya dengan pintu masuk matahari, terutama sore hari, karena kejadian di dinding bisa menghangatkan rumah terlalu banyak.

3. Gambar-gambarnya

Pengganti jendela sebagai bingkai,  Anda bisa menghadirkan lukisan, elemen lain di mana melalui warna atau gerakan kita dapat mengamati kehidupan. Bila kita tidak memiliki jendela atau terlalu kecil, menempatkan satu atau beberapa bingkai akan memungkinkan Anda menghasilkan lingkungan yang berbeda. Namun, ruang tidak terlalu luas, hati-hati jangan sampai terlihat membosankan dan membuatnya terlihat lebih kecil lagi. Tapi jika ukurannya masuk akal, jangan ragu, gambar dan lukisan bisa sangat membantu.

Inilah contoh proyek besar Marcella Loeb.

4. Tanaman untuk dinding hidup

Tanaman selalu merupakan cara yang baik untuk menyeimbangkan energi sebuah ruangan. Bergantung pada jenis vegetasi kita juga bisa membicarakan pemurnian dan pembersihan udara, satu titik yang bisa menjadi kunci di ruangan tanpa jendela. Dinding hijau atau kebun vertikal sangat bagus, dan dengan itu, bersamaan dengan banyaknya kualitas positif yang dimiliki tanaman, mereka menjadi benda dekoratif yang otentik. Namun, kita tidak boleh melupakan kebutuhan tanaman yang dimaksud karena ada beberapa spesies yang tidak akan bertahan tanpa sinar matahari dan yang lainnya yang mengeluarkan terlalu banyak CO2 atau malam hari.

Sebelum memperkenalkan salah satu taman vertikal di ruangan Anda tanpa jendela menyelidiki secara mendalam karakteristik dan persyaratan masing-masing tanaman untuk menemukan yang paling akurat, dalam kasus ini, yang dipresentasikan oleh Tabla Vivo Urban Roof Garden.

Anda akan menemukan lebih banyak gagasan untuk menggabungkan tanaman ke dinding Anda dalam buku gagasan kami: Kebun vertikal: cara lain untuk menciptakan lanskap.

5. DIY

Ciptaan asli dan menyenangkan bisa mencerahkan ruangan tanpa jendela. DIY yang terkenal atau, apa yang sama, 'lakukan sendiri' akan membantu Anda menciptakan objek yang penuh warna dan kreatif, yang selain menawarkan solusi praktis dan fungsional seperti rak ini, akan memungkinkan Anda memberi udara menawan ke rumah Anda seperti pada desain ini. dari Urban Alam.

6. Lilin

Lilin adalah jenis unsur yang selalu memberi kontribusi untuk menciptakan suasana yang akrab dan ramah. Di ruangan tanpa jendela, dan akibatnya, tanpa cahaya alami, lilin menjadi sekutu yang sempurna. Saat ini ada banyak jenis lilin yang beredar dipasaran, seperti Bougies la Française. Jika, misalnya, Anda mencari lilin aromatik yang menambah aroma anggreknya yang lembut, Anda bisa menciptakan yang nyaman dan rapi, sesuatu yang lebih sulit dicapai di ruangan tanpa jendela. 

Sudahkah anda menemukan tips berguna untuk mendekorasi ruangan tanpa jendela? Jangan lewatkan buku ide berikut untuk inspirasi lainnya.

21 Ide Mendekorasi Rumah Yang Mudah Sekaligus Murah

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!