Kamar Mandi by Open Village

7 Tips Buat Tampilan Kamar Mandi Lebih Segar dan Modern

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Dibanding merenovasi ruang lainnya, merombak ulang kamar mandi terbilang relatif sulit dan membutuhkan anggaran yang lebih besar. Sebab, selain memperhatikan desain yang akan diterapkan, Anda juga dituntut mempertimbangkan beberapa hal lain. Contohnya, soal perpipaan. Demi menghindari terjadinya kesalahan yang mengakibatkan biaya renovasi membengkak, para ahli juga menyarankan agar Anda tidak merombak sendiri area kamar mandi tanpa pengetahuan dasar.

Supaya perombakan yang dilakukan bisa menghasilkan kamar mandi yang fungsional sekaligus menawan, pertimbangkan desain dan fungsi kamar mandi secara bersamaan. Dimulai dari menentukan jenis kamar mandi yang diinginkan—apakah kamar mandi basah atau kamar mandi kering. Selanjutnya, tentukan material yang akan digunakan. Misalnya, bila yang ingin diwujudkan adalah kamar mandi basah, gunakan material yang tahan terhadap kelembapan tinggi serta tak mudah lapuk.

Penasaran apa lagi tips yang perlu diketahui dalam merombak ulang kamar mandi? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut agar hasil rombak ulang kamar mandi Anda semakin menawan!

1. Pilih Keramik Bertekstur Kasar untuk Dinding Kamar Mandi

Tahukah Anda? Mendekorasi bagian dinding menggunakan keramik terang bertekstur kasar dapat membuat kamar mandi terkesan lebih luas, lho. Namun, bukan berarti Anda harus melakukannya di tiap sudut dinding kamar mandi. Seperti yang tertera pada gambar di atas, Anda cukup memberikan sentuhan tekstur kasar di salah satu sisi saja. Misalnya, di dekat cermin. Trik dekorasi semacam ini dapat memberikan atmosfir hangat pada kamar mandi, sehingga Anda seolah tengah berada di tempat spa.

2. Pilih Keran Stylish untuk Kamar Mandi Anda

Dalam merombak ulang tampilan kamar mandi, ada satu hal sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri, namun berimbas cukup signifikan dalam mempercantik kamar mandi. Apakah hal itu? Jawabannya yaitu mengganti keran lama dengan keran yang berdesain lebih stylish!

Setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama, keran di kamar mandi mungkin saja berkarat dan penuh goresan. Dengan kondisi seperti ini, keran tadi tidak akan bisa terlihat cemerlang walau Anda sudah mengelapnya berkali-kali. Oleh karenanya, gantilah keran kamar mandi Anda.

Tak hanya keran, Anda juga bisa mengganti wastafel serta shower. Pilihlah yang berbahan dasar stainless, namun dilapisi dengan warna yang lebih colorful. Sebagai informasi, akhir-akhir ini, keran stainless yang dilapisi cat berwarna hitam menjadi salah satu yang terpopuler, lho!

3. Dasarkan Renovasi pada Perencanaan Dana yang Sistematis

Seindah apa pun hasilnya, renovasi dianggap belum sepenuhnya sukses bila dana yang Anda keluarkan lebih banyak dari yang seharusnya. Oleh sebab itu, sebelum melakukan renovasi, tentukan terlebih dulu bagian mana yang hendak direnovasi pada kamar mandi Anda. Bila sudah, langkah selanjutnya yaitu buatlah tabel anggaran yang terdiri dari anggaran tukang, peralatan, interior, dan sebagainya. Skema ini akan mempermudah Anda memahami pemetaan penggunaan anggaran, sehingga nantinya Anda bisa melakukan renovasi dengan lebih ekonomis.

Dengan perencanaan anggaran sistematis, nantinya, Anda akan takjub dengan penghematan yang terjadi selama proses renovasi, karena anggaran yang tersedia terkontrol dengan baik.

4. Percantik Kamar Mandi Kering dengan Memilih Material yang Colorful

Bila yang ingin diwujudkan adalah tipe kamar mandi kering, berkreasilah dengan interior yang lebih colorful, agar kamar mandi Anda semakin hangat dan cantik.

Gambar di atas bisa menjadi sumber inspirasi. Mengingat kamar mandi kering lebih bebas air ketimbang kamar mandi basah, tim desain interior Polandia, Pracowniapolka, menempatkan beragam interior yang lebih berwarna.  Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar, interior putih yang sensual dipadupadankan dengan meja wastafel dari kayu dan lantai dengan pola yang eksotis. Hasilnya, kamar mandi kering yang kental dengan nuansa hangat!

5. Pilih Gaya Minimalis untuk Kamar Mandi Kecil Anda

Tips berikutnya, pilihlah gaya minimalis bila kamar mandi Anda relatif kecil. Gaya minimalis yang identik dengan meminimalkan isi dari kamar mandi dapat menciptakan kesan simpel dan elegan. 

Untuk membuat kamar mandi kecil Anda semakin cantik, trik padu-padan aksesori kamar mandi bernuansa hitam-putih di atas bisa dicoba.

6. Letakkan Aksesori Bergaya Vintage untuk Percantik Atmosfer Kamar Mandi

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan aksesori bergaya vintage untuk membuat tampilan kamar mandi jadi lebih unik. Dengan desainnya yang khas dan klasik, aksesori bergaya vintage mampu memberi nuansa yang tidak dimiliki aksesori berdesain modern.

Jadi, bila anggaran rombak ulang kamar mandi Anda cukup terbatas, menempatkan aksesori bernuansa vintage bisa menjadi solusi.

7. Jadikan Bunga dan Tanaman Sebagai Bagian Interior Kamar Mandi

Terakhir, Anda juga bisa menerapkan konsep “planterior”, yaitu memanfaatkan tanaman sebagai salah satu unsur interior. Contohnya dapat Anda lihat pada gambar di atas. Simple tapi cantik, bukan?

Selain ketujuh ide di atas, kami juga akan menunjukkan pada Anda beberapa wastafel pilihan yang mampu mengubah tampilan kamar mandi Anda 180 derajat. Simak infonya di sini!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!