10 Cara Praktis Merapikan Halaman Rumah

Dyah Mahasasi Dyah Mahasasi
homify Ruang Studi/Kantor Modern
Loading admin actions …

Bila Anda mempunyai hobi bercocok tanam, peralatan berkebun Anda pasti bertumpuk dan berserakan di sudut kebun. Wajar jika Anda malas menyimpannya di dalam rumah, karena berpikir toh peralatan itu akan Anda gunakan kembali dalam waktu dekat. Kali ini kita akan menyimak saran dari para tukang kebun bagaimana cara menyimpan peralatan berkebun agar taman/ kebun serasi dengan bangunan utama, dan terlihat bersih, cantik, kokoh. Inilah selengkapnya. 

1. Lemari sepeda tersembunyi

Sepeda-sepeda tergeletak di pelataran rumah adalah pemandangan yang biasa dijumpai di rumah keluarga dengan lebih dari satu anak. Dalam tempat penyimpanan ini, sepeda bisa terlindung dari panas dan hujan. Rumput ditanam di atasnya agar tampak serasi dengan sekitarnya. 

2. Pondok musim panas

Mengapa tidak memfungsikan gudang peralatan berkebun untuk tujuan lain? Perluas ruang di luar gudang dan ubah menjadi tempat duduk-duduk yang nyaman. Rumah kebun plus gudang cocok untuk bersantai di luar saat hari sedang cerah. 

3. Bangku penyimpanan

Di sini Anda bisa menyimpan helm, bola, dan mainan anak lainnya agar tak terlihat mengganggu pandangan. Praktis dan fungsional bukan? 

4. Lemari kayu

Lemari kayu ini cocok diletakkan di sudut halaman. Sedangkan ruang kosong di bawahnya bisa digunakan untuk menyimpan peralatan berkebun yang tidak memungkinkan untuk disimpan dalam lemari. Semua pernak-pernik berkebun akan dikumpulkan di sini sehingga halaman tampak rapi dan tidak berantakan. 

5. Tempat sampah

Siapa bilang tempat sampah melulu taerlihat buruk rupa dan kotor? Di dalam lemari ini kita bisa menyimpan sampah sebelum diambil oleh petugas kebersihan. Lemari ini ideal untuk menyimpan sampah sesuai jenisnya, dan cocok untuk menjaga halaman agar terlihat rapi dan bersih. Sampah pun aman dari gangguan binatang liar.

6. Lemari panjang

Tidak ada dinding untuk menggantung lemari di halaman? Lemari seperti pada gambar bisa jadi solusi. Di sini bukan hanya peralatan berkebun yang bisa disimpan, namun juga peralatan pemanggang, mainan akan, sandal, dan lain-lain. Pilih material kayu agar serasi dengan suasana natural di halaman. 

7. Tampilan unik

Desain ini juga bisa diterapkan oleh mereka yang ingin halaman rumah terlihat lebih berwarna. Sebuah boks kayu besar warna terang dengan dua pintu geser dan tanaman bunga di atasnya pasti membuat taman Anda tampak spesial. 

8. Kecil dan cantik

Tempat penyimpanan bukan hanya lemari. Gantungan bermotif kepala rusa seperti contoh akan merapikan peralatan berkebun, sekaligus mempercantik halaman. 

9. Palet kayu

Ada banyak cara memanfaatkan palet kayu bekas, dan kami pun telah sering mengulasnya untuk Anda. Ini adalah alternatif pemanfaatan palet kayu yang bisa dicoba, yaitu meja kopi dengan rak di bawahnya. Meja ini bisa diletakkan di teras dan bisa digunakan untuk menyimpan koran atau majalah. 

10. Ruang kerja plus gudang

Garden Office with hidden storage shed built by Garden Fortress , Surrey homify Ruang Studi/Kantor Modern

Bila area halaman cukup luas, bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah ruangan kecil untuk bekerja atau bersantai tanpa diganggu tamu tak diundang atau aktivitas penghuni rumah lainnya. Sementara area yang tersisa bisa dimanfaatkan sebagai gudang peralatan berkebun. Halaman bebas dari keruwetan dan bekerja pun jadi lebih efektif. 

Manakah lemari penyimpanan di atas yang paling ingin Anda miliki? 

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah