Bagaimana Cara Mendesain Teras Mungil? Ini Dia 15 Inspirasi untuk Anda!

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Projeto de Paisagismo , Greice Peralta Greice Peralta Taman Tropis
Loading admin actions …

Jika rumah Anda memilik teras kecil, dan Anda beranggapan bahwa tidak ada cukup tempat bagi Anda untuk memanfaatkan area teras, kemungkinan besar Anda salah. Bahkan ketika area teras Anda tergolong sempit, Anda masih mungkin memanfaatkan area ini dan menciptakan tempat berventilasi yang indah untuk dinikmati bersama teman dan keluarga di hari yang cerah.

Kemampuan untuk memanfaatkan area seperti ini tergantung pada kemampuan Anda untuk berimprovisasi dan mendekorasi. Tidak ada yang lebih cepat dari mengambil inspirasi desain yang sudah ada, seperti 15 desain berikut.

1. Tempatkan tempat tidur gantung untuk teras yang lebih nyaman

homify Taman Modern

Merencanakan tampilan di ruangan di luar rumah, meskipun berukuran kecil, selalu menuntun inspirasi pada sudut nyaman bagaikan surga untuk melarikan diri dari rutinitas sehari-hari.

Anda bisa mewujudkannya dengan menempatkan tempat tidur gantung alias hammock di area teras dan menikmatinya sambil berbaring dan bersantai.

Jika Anda juga menambahkan tanaman, Anda akan memperoleh kesan teras yang bahkan lebih hidup.

2. Nikmatilah keindahan alam, dengan tanaman sebagai bintangnya

homify Balkon, Beranda & Teras Gaya Country

Bunga dan tanaman memiliki banyak cara yang berbeda untuk diikutsertakan dalam elemen dekorasi dan dalam hal penanamannya, terutama di balkon rumah Anda. Metodenya dapat mengikuti area rumah dan fokus visual yang ingin Anda wujudkan.

Anda dapat menggantung tanaman pada dinding teras dalam pot warna-warni atau menanamnya di pot yang diletakkan begitu saja.

Anda dianjurkan untuk memilih tanaman yang mudah dirawat dan cocok dengan iklim tempat Anda tinggal.

3. Pergunakan setiap inci balkon rumah dan alokasikan kursi, meja serta elemen alami

Balkon atau teras yang kecil harus pintar-pintar diseimbangkan layout-nya untuk memanfaatkannya secara maksimal. Namun, Anda tidak dapat melupakan kehadiran furnitur yang sesuai dengan elemen dekoratif lainnya, seperti kombinasi furnitur dan aksesoris yang tepat. Di gambar yang satu ini, terlihat adanya kombinasi kursi kayu dan tanaman yang pas.

4. Rencanakan sudut khusus dan pergunakan pasir, bebatuan dan tanaman untuk menciptakan taman oriental

Taman oriental kebanyakan selalu penuh elemen namun tetap simple. Gunakan elemen-elemen ini untuk menciptakan taman kecil di teras rumah Anda. Ingatlah untuk menambahkan pencahayaan untuk membuat lingkungan yang terasa lebih rileks dan sejuk di malam musim panas.

5. Jika pekarangan Anda kecil, pilihlah taman kecil yang minimalis

homify Taman Modern

Ketika area yang Anda miliki sangat kecil, Anda harus memilih elemen yang akan memberikan keseimbangan pada lingkungan. 

Dalam hal ini, berbagai dekorasi minimalis adalah pilihan yang tepat. Taman dengan desain minimalis dan elemen berestetika memang tidak seberapa namun dapat menjadi daya tarik tersendiri.

6. Jika balkon Anda memiliki koridor yang memanjang dan luasnya sempit, tempatkan bunga

Bunga selalu tepat untuk mendekorasi ruangan apapun dan memiliki banyak potensi karena bentuk, ukuran dan warna-warninya.

Anda pun dapat juga menempatkan bunga di balkon Anda di langit-langit, membawa suasana yang berbeda untuk mata. Pada contoh berikut misalnya, bunga warna-warni akan menuntun Anda ke bagian dasar rumah membawa kesegaran dan kehidupan.

7. Bentuk kursi yang membuat taman makin mempesona

Teras rumah Anda mungkin kecil dan Anda ingin menjaga privasi.

Karenanya, cara terbaik untuk membangun teras personal yang penuh gaya adalah dengan memilih furnitur dan aksesoris dekoratif untuk ditempatkan di area ini, terutama dengan mempertimbangkan komposisi dari area ini secara keseluruhan, memungkinkan area nampak luas dan terkoordinasi dengan baik.

8. Mengubah teras biasa menjadi spesial dengan menumbuhkan tanaman favorit

Merupakan pilihan yang tepat untuk merencanakan perubahan sebuah dinding menjadi taman!

Karena perkembangan urban yang pesat meninggalkan sedikit sekali area hijau, ruang sekecil apapun yang Anda miliki dapat menjadi taman sungguhan dengan berbagai tumbuhan favorit Anda!

9. Berbagai pilihan produk kayu sebagai material teras yang tidak akan pernah salah

Dalam desain apapun, detail merupakan hal yang penting, apalagi di ruangan yang kecil.

Berikut ini ide penggunaan batu, papan-papan kayu, dikombinasikan dengan tanaman dan sayur-sayuran, menciptakan taman yang tidak membosankan dan hidup.

10. Atur tanaman sesuai ukuran dan spesiesnya

Pilihlah tanaman untuk mendekorasi rumah sekaligus berdasarkan spesiesnya. Balkon dapat menjadi area yang menarik dan hidup.

11. Jika pekarangan kecil, carilah kombinasi yang dapat membantu menambah kesan luas

Kombinasi dari warna-warna yang berbeda merupakan teknik umum yang digunakan desainer interior untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Area balkon juga dapat menggunaka metode ini!

Sebagai contohnya, Anda dapat memilih warna netral bagi lantai agar tampak menonjol dengan kombinasi warna dinding.

12. Tempatkan tumbuhan dengan ukuran yang berbeda-beda

Gunakan elemen favorit Anda untuk mendekorasi teras dalam cara yang terbaik!

Anda dapat menanam berbagai jenis pohon, seperti tanaman berdahan tinggi dan pendek, untuk menambah kesan lebar pada areanya.

13. Tempatkan furnitur sehingga balkon tampak lebih tegas

Di area ini, cocok sekali jika Anda memberikan tempat khusus untuk duduk di luar menikmati waktu yang berlalu.

Ditemani dengan tanaman dan pepohonan, yang tidak hanya indah, harmonis, namun juga rindang.

14. Detail: Dekorasi yang indah dan fungsional

Dalam contoh berikut, untuk menciptakan teras yang indah dan fungsional, elemen-elemen ini sangat tepat untuk Anda! Seperti kursi dalam gambar, yang ditata sebagai tempat bersantai menikmati matahari, tanaman indah yang segar dan berkarakter, sehingga area mungil ini menjadi lebih unik.

15. Sentuhan personal: Tempatkan pot tambahan

Kreativitas memberikan rumah Anda lebih banyak karakter.

Dekorasi rumah tanpa menghabiskan banyak uang. Anda dapat menggunakan furnitur yang sudah tua untuk menanam tumbuhan, dan Anda pun memperoleh area outdoor yang orisinil sekaligus ramah lingkungan.

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah