by GINO SPERA ARCHITETTO

11 Tips Memilih Sekat Kamar Mandi yang Benar!

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
Google+
Loading admin actions …

Saat ini sekat kamar mandi seringkali dipasang untuk mencegah keluarnya air dari pancuran. Penggunaan bak mandi mengalami penurunan sehingga menyebabkan pemasangan sekat kamar mandi meningkat dengan berbagai jenisnya di pasaran. Selain mengisolasi area mandi dan menghindari percikan air yang tak nyaman, sekat kamar mandi juga dapat menyebabkan masalah keamanan. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan material yang menutupi area mandi, jenis keran di kamar mandi, dan sebagainya. Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dalam memilih sekat kamar mandi paling tepat untuk rumah Anda. Mari cari tahu!

1. Variabel yang ada di area mandi

Sebelum memilih sekat kamar mandi, ada baiknya mengetahui material berbeda yang harus kita pilih. Ada sekat dari berbagai bahan, seperti kaca atau akrilik. Kita juga harus mempertimbangkan daya tahan air sekatnya. Ada juga perbedaan struktur sekat dan jenis desain, karena profil dan jenis yang berbeda. Selain itu ada banyak pilihan dalam hal tampilannya.

2. Menilai kebutuhan khusus

Agar pilihan kita tepat, evaluasi terlebih dahulu dengan baik apa yang kita butuhkan. Hal mendasar yang harus dipikirkan adalah siapa yang akan menggunakan kamar mandi, berapa umurnya, bagaimana gaya hidup dan kebiasaannya. Tetapkan apakah prioritasnya adalah keamanan sekat mandi, kemudahan dan kecepatan mandi, estetika, kedap air, kenyamanan akses ke interior akan membantu kita menentukan pilihan.

3. Area di sekitar sekat kamar mandi

Aspek lain yang menentukan adalah konfigurasi kamar mandi itu sendiri dan area mandi dimana kita perlu memasang sekat. Faktor yang paling menentukan adalah bentuk shower, dimana sekat harus beradaptasi. Tapi ini bukan satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan, penting juga mengukur akses ruang ke pancuran dan titik pemasangannya. Hal ini akan bergantung pada jenis sekat yang paling sesuai untuk dibuka.

4. Fleksibilitas pintu geser

Jenis sekat dengan pintu geser adalah yang paling banyak digunakan di area mandi karena sangat mudah beradaptasi dengan berbagai bentuk dan ukuran pancuran. Terlebih lagi, kita tidak perlu menambahkan ruang ekstra untuk membuka pintu. Sangat disarankan untuk menggunakan sekat dengan pintu geser di shower kecil dengan ruang akses terbatas, karena memungkinkan pembukaan sudut, membuka tikungan dan memudahkan akses ke kamar mandi.

5. Evolusi kamar mandi dengan pintu geser

Biasanya sekat pintu geser secara estetika tidak bersih karena menggabungkan bahan aluminium untuk menyesuaikan keseluruhan mekanisme. Saat ini sekat ini telah berevolusi dalam hal desain dan kita dapat menemukan sekat dengan pintu yang mudah dilepas dan bahkan tidak ada bantalan dan profil lebih rendah, semuanya tanpa kehilangan fungsinya.

6. Sekat dengan pintu ayun

Jenis pintu ini memiliki keunggulan estetika dan sangat minimalis, karena hampir tidak memerlukan profil serta mudah dalam hal pembersihannya. Selain itu akses ke shower tanpa hambatan, memudahkan masuk dan keluar dari area mandi (biasanya dipasang dengan engsel yang melipat daun pintu ke kedua sisi). Penggunaannya biasanya pada kamar mandi berukuran lebih besar atau jika memiliki bagian shower yang dibuat dengan partisi, memberikan kesan yang bersih dan modern.

7. Sekat lipat dan tetap

Sistem sekat lipat saat ini adalah pilihan minoritas dan penggunaannya terdegradasi, terutama pada celah yang sangat kecil. Ini pilihan yang kurang disarankan karena ketika memiliki sedikit ruang untuk pemasangan sekat akan membuat perawatannya sulit dan ruang terasa semakin kecil. Ini jauh lebih menarik dengan keterbatasan ruang, kita bisa menggunakan solusi sekat permanen berbahan kaca atau akrilik.

8. Sekat disesuaikan dengan arsitektur

Selungkup tetap juga banyak digunakan ketika area mandi memiliki konfigurasi khusus. Hal ini karena dengan adanya beberapa elemen arsitektural seperti dinding partisi, sekat harus disesuaikan.

9. Sekat kamar mandi sampai ke langit-langit

Sekat kamar mandi dari kaca selalu dibentuk oleh kaca temper, yang menjamin keamanan dan ketahanan jika terjadi kerusakan. Pilihan sekat dari kaca ke langit-langit menjamin kedap air. Desain ini sangat dianjurkan jika kita memiliki kamar mandi dengan gaya modern bergaris halus serta minimalis.

10. Hasil akhir berbeda untuk sekat kamar mandi

Partisi kaca memungkinkan hasil akhir permukaan yang berbeda. Hasil akhir dapat benar-benar transparan atau kaca tembus pandang. Dengan hasil akhir tembus pandang, ada perbedaan tingkat hasilnya atau Anda dapat menggabungkan area transparan dengan tembus pandang, walaupun opsi ini telah lenyap dalam beberapa tahun terakhir.

Kami juga memiliki pilihan untuk hasil akhir cermin atau beberapa tingkat refleksi cahaya di dalamnya. Pilihan terakhir sangat dianjurkan untuk kamar mandi dengan ukuran kecil karena menghasilkan efek yang sangat teatrikal sehingga secara visual memperluas area kamar mandi.

11. Hasil akhir disesuaikan dan perawatan lanjutan

Seperti yang kita lihat, penggunaan sekat secara luas telah menghasilkan perkembangan yang besar, menyiratkan kemajuan dalam desain, baik dari sudut pandang teknis dan estetika. Banyak kemajuan dalam memperbaiki bahan terhadap kelembaban dan bahan kimia yang terjadi kontak sehari-hari. Sedangkan untuk estetika, sekat dapat diproduksi dalam berbagai warna dan penggunaan cetakan gambar atau vinil. Oleh karena itu, saat ini sekat dapat disesuaikan dan  mendukung hampir semua pilihan yang dapat temukan.

Temukan inspirasi dari homify spesial untuk Anda lainnya:

6 Tips Perabotan untuk Bangunan Tua

14 Rumah dengan Halaman yang Menarik

Tips mana yang paling Anda suka? Berikan jawabannya di bawah ini
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!