by บจก.ทีเอ็มดับเบิ้ลยู แปลนดีไซน์ การก่อสร้าง (TMW.)

Desain Rumah Satu Lantai Simpel yang Patut Ditiru

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Buku Ide kali ini akan menyoroti hasil kerja TMW Building Design, salah satu vendor konstruksi dan desain Homify yang berbasis di Phatthalung, Thailand. 

Dilihat dari segi konstruksi, bangunan rumah ini terbilang cukup simpel karena hanya terdiri dari 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 dapur, 1 ruang tamu, serta garasi yang berada di luar rumah. Akan tetapi, di balik kesederhanaan desain dan konstruksinya, rumah ini mampu memberi kenyamanan untuk tiap penghuninya.

Yuk, langsung saja kita amati rumah dengan desain sederhana ini!

Area Pintu Masuk Depan Rumah

Rumah ini terbuat dari tembok bata yang diplester, kemudian dicat dengan kombinasi warna yang manis. Untuk pintu dan jendela, TMW Building Design memilih menggunakan pintu dan jendela kaca berukuran besar dengan kusen berwarna putih. Meski sederhana, hal ini berhasil membuat tampilan rumah terkesan elegan, bukan?

Seperti yang terlihat pada gambar, rumah ini memiliki teras depan yang cukup luas. Nah, teras ini nantinya bisa diatur sedemikian rupa, agar dapat menjadi tempat bersantai yang nyaman untuk tiap anggota keluarga.

Garasi di Samping Rumah

Gambar di atas menunjukkan garasi rumah yang berada di bawah atap berbentuk limas. Dari segi konstruksi, atap dengan bentuk limas merupakan salah satu model atap terpopuler. Sebab, meski kemiringannya tidak seperti atap jenis lain, model atap limas mampu melindungi rumah secara menyeluruh dari segala arah. Selain itu, mengingat puncak atap berada tepat di tengah-tengah, air hujan akan lebih mudah turun, sehingga tidak tertampung di atap.

Kelebihan lain dari atap model limas yaitu, atap ini mampu melindungi rumah dari sinar matahari secara lebih efektif. Kenapa? Karena dengan kemiringan yang berkisar antara 30-40 derajat, atap ini menutupi dinding luar rumah dengan lebih baik, sehingga cat pada dinding tidak mudah rusak. Dengan begini, pemilik rumah tentu diuntungkan, karena tak harus memperbaharui cat dinding bagian luar rumah terlalu sering.

Teras yang Luas dan Nyaman

Kini, kita mulai bergerak mendekat ke teras. Seperti yang dapat Anda lihat, untuk pengubinan, teras ini menggunakan keramik berwarna cokelat agar serasi dengan warna dinding depan rumah. Karena ketinggian antar teras tidak sama, terdapat beberapa anak tangga sebagai penghubung antar teras atas dan teras bawah.

Bagian Belakang Rumah

Bagian belakang rumah dipasangi kaca berventilasi. Begitu pun halnya di kamar mandi. Dengan begini, sirkulasi udara berlangsung lebih lancar sehingga rumah terhindar dari masalah bau.

Ruang yang Lega dan Nyaman dengan Pencahayaan Intens

Kini, kita mulai masuk ke area dalam rumah. Ruangan ini terbilang cukup lega. Ditunjang dengan pencahayaan alami dari sinar matahari yang masuk lewat jendela, ruangan ini pun terlihat makin lapang.

Di samping membuat penghuni rumah dapat lebih mudah melihat kondisi di luar, keberadaan jendela-jendela besar juga membuat ruangan terang alami, sehingga penggunaan listrik di siang hari pun dapat diminimalkan.

Dapur yang Lega untuk Para Chef!

Mari beranjak ke area dapur. Dapur yang terbilang cukup lega ini dilengkapi jendela yang dapat dibuka sebagai ventilasi. Tak lupa, terdapat pula meja built-in di salah satu sisi dapur untuk meletakkan peralatan dan perlengkapan masak. 

Sangat nyaman, bukan?

Kamar Mandi yang Bersih dan Rapi

Kamar mandi di rumah sederhana ini didekorasi dengan pilihan warna keramik yang berbeda untuk bagian dinding dan ubinnya. Meski desainnya sederhana, kamar mandi ini memiliki saniter yang lengkap di dalamnya.

Kamar Mandi Lainnya yang Cukup Cantik

Inilah kamar mandi lain di rumah ini yang didesain dengan warna hijau sebagai warna dominan untuk dindingnya. Meski sederhana, kamar mandi ini tetap terlihat lapang dan nyaman, bukan?

Bagaimana? Apakah Anda menyukai desain rumah simpel dari TMW Building Design ini? Yuk, tuliskan pendapat Anda di kolom komentar!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!