Rumah by Decorvisão | Sistemas de Remodelação e Construção LSF

Konstruksi Rangka Baja Ringan, Solusi Inovatif Pembangunan Hunian Modern

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Inovasi teknologi tak henti-hentinya memukau kita. Kali ini kami akan mengulas sebuah hasil perkembangan teknologi dalam hal sistem konstruksi, yang dapat digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan arsitektural dan dapat diterapkan pada berbagai jenis bangunan. Inilah rangkaian konstruksi rangka baja ringan. Sebuah sistem yang menggunakan produk dengan standar teknologi mutakhir sehingga proyek pembangunan dapat lebih cepat, lebih bersih, dan hasil akhirnya pun memiliki kualitas yang lebih baik bila dibandingkan bangunan dengan pengerjaan secara konvensional. 

Sistem konstruksi baja ini pertama kali digunakan di Portugal, sebelum menyebar ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Argentina. Proyek berikut ini adalah contoh penerapan teknik ini dan dilaksanakan oleh tim kontraktor profesional Decorvision. Tim ini telah menyelesaikan berbagai jenis proyek, mulai dari rehabilitasi real estate, insulasi thermak eksterior, dan visualisasi tiga dimensi. Konstruksi rangka baja ringan adalah salah satu di antara proyek siap pakai dari tim Decorvision. 

Amatilah gambar-gambar berikut ini untuk menyingkap tabir masa depan di bidang konstruksi. 

Desain tiga dimensi

Kita mulai dengan sebuah perspektif fotografis sebuah ruangan yang rencananya akan dibangun dengan teknik susunan baja ringan. Sebuah rumah yang dikelilingi dinding kaca di satu sisi, dan ruangan terbuka di sisi lain. Ada pilar-pilar putih dan halaman rumput yang luas. Angan-angan kita pun terbang membayangkan semua yang indah-indah. Namun jangan khawatir, karena semua mimpi bisa diwujudkan. Caranya? Ikutilah penjelasan selanjutnya. 

Proses pengerjaaan

Agar dapat lebih memahami tentang konstruksi baja ringan, kami akan menjelaskan secara garis besar bagaimana proyek ini dilaksanakan. Dasar struktural bangunan adalah rangka ringan yang diperkuat oleh baja galvanis dengan tujuan untuk memperkuat konstruksi. Lalu bagian internal dan eksternal dilengkapi dengan lapisan insulasi akustik, kemudian bagian tepinya. Dengan cara ini hasil akhir konstruksi jenis ini mirip dengan bangunan konvensional, tapi dibangun dengan cara yang mengintegrasikan teknologi, ketahanan, dan keberlanjutan.

Lebih mudah dan singkat

Ada beberapa keuntungan dari penerapan sistem ini, keuntungan yang menjadikan sistem ini sebaiknya dipilih daripada sistem lainnya. Secara umum, konstruksi jenis ini dalam waktu singkat, mencegah kemungkinan adanya masalah di masa mendatang, dan menghasilkan daya tahan yang lebih kuat terhadap beban dibandingkan material lainnya. 

Sentuhan akhir sempurna

Selain itu, ada juga manfaat konstruksi baja ringan bila dilihat secara spesifik. Struktur baja seluruhnya terlindung oleh papan insulasi akustik yang berkinerja sempurna untuk mengurangi dampak jembatan termal. Jembatan termal (thermal bridge) adalah titik dalam selubung bangunan yang memungkinkan terjadinya konduksi panas., sehingga bisa menyebabkan buruknya kinerja energi. Konstruksi baja ringan tahan api, tidak lapuk, tidak melengkung, atau berkarat. 

Lihat juga beberapa ide rangka atap baja ringan di sini

Lebih sedikit limbah

Mengingat kapabilitasnya sebagai teknik yang telah terstandarisasi, keamanan konstruksi dan kesiapan terhadap hal-hal tak terduga telah dipastikan. Teknik ini tidak tergantung pada hubungan antara semen, air, pasir, dan kerikil. Tidak tergantung juga pada layak dan tidaknya teknik pengeringan struktur yang dibuat dari campuran elemen-elemen itu sebagaimana pada struktur bangunan konvensional. Teknik konstruksi baja ringan didirikan dengan ketelitian, sehingga mampu menutup semua rongga dan memperkuat semua sambungan yang rapuh. 

Anda bisa membuktikannya dengan mengamati gambar ini. Lihatlah, betapa bersihnya lingkungan di sekitar gedung yang sedang dibangun ini. Proyek pembangunan bahkan bisa dilakukan di balik pagar dengan perencanaan yang berdasarkan pada pengalaman sebelumnya. 

Manfaat lainnya

Bentuk bangunan yang diinginkan akan terlihat ketika pelat terakhir telah terpasang. Sebuah hasil rancangan yang stabil dalam suhu dan kelembaban yang sering berubah. Dengan demikian para penghuninya pun akan merasakan kenyamanan maksimal. 

Proses konstruksi ini dilaksanakan sesuai dengan standar internasional, yang memungkinkan kemudahan perbaikan di masa mendatang. 

Hasil perencanaan yang menakjubkan

Inilah hasil akhir teknik konstruksi rangka baja ringan. Sebagaimana kita lihat di sini, tak ada bedanya dengan bangunan dengan teknik konvensional bukan? Sebuah bangunan modern dengan aksen lurus yang serasi dengan lingkungan sekitarnya. 

Menurut Anda, apakah konstruksi baja ringan akan menjadi tren di tahun 2018? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!