by 무회건축연구소

6 Cara Mudah Memperluas Area Rumah Kecil

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Bila tersedia ruang, kesempatan, dan bujet yang cukup, ada baiknya digunakan untuk memperluas area rumah. Terutama bila Anda tinggal di rumah kecil. Memiliki ruang lebih sama artinya dengan kelegaan dan kenyamanan lebih. Kita bisa melakukannya dengan berbagai cara. Namun cara yang paling menarik dan jarang kita pikirkan sebelumnya adalah membuat teras sebagai ruang tambahan di rumah kecil kita. Selanjutnya, teras bisa dimanfaatkan sebagai ruang keluarga atau dapur terbuka. Inilah beberapa ide teras sebagai cara memperluas area rumah yang bisa Anda pertimbangkan. 

1. Konservatori gaya modern

Konservatori biasa didirikan sebbagai bagian dari rumah kalangan bangsawan di masa lalu, agar mereka tetap bisa menikmati suasana di halaman pada saat cuaca sedang tak bersahabat. Di masa kini, siapapun bisa memiliki konservatori. Caranya pun mudah, cukup membuat ruang kecil di samping rumah dengan pilar-pilar kayu dan dinding kaca. Bisa ditambahkan kerai seperti gambar agar konservatori dapat ditutup bila sedang mengadakan pertemuan keluarga bersifat pribadi. 

2. Ruang keluarga di balkon

Anda tinggal di apartemen? Manfaatkanlah balkon agar bisa menjadi tempat favorit untuk seluruh keluarga! Balkon bisa menjadi tempat nyaman untuk beristirahat di tengah hijaunya tanaman dan bunga-bunga yang harum semerbak. Kita juga bisa menatanya dengan cara modern, dengan mengutamakan penataan furnitur. Bagi mereka yang tidak punya halaman, balkon adalah ruang ideal untuk menikmati udara segar. Di sore hari, kita bisa melupakan kepenatan di tempat kerja dengan duduk santai di balkon ditemani secangkir kopi sambil memandangi matahari terbenam. 

3. Teras di halaman belakang

Membuat teras di halaman belakang adalah cara lain memperluas area rumah. Kita bisa menyulapnya menjadi dapur terbuka untuk acara barbekyu, atau sekedar tempat untuk bersantai di waktu luang. Pastikan Anda sudah mengurus perijinan sebelum membangun teras, karena suara berisik saat proses pembangunan bisa mengganggu tetangga Anda. 

4. Mengganti pintu belakang dengan pintu geser

Ingin memperluas area rumah tapi tak ada lahan? Coba ganti pintu belakang Anda dengan pintu geser kaca. Gambar ini menunjukkan apa dampak pintu geser kaca untuk ruangan. Ruangan akan tampak lebih luas secara visual berkat cahaya alami dan pandangan lepas ke halaman belakang. 

5. Teras dengan lantai dek kayu

Ini adalah cara lain membuat teras di lantai atas rumah kecil. Tutup lantai balkon dengan dek kayu agar ketinggian antara interior dan eksterior terlihat sama. Dengan cara ini tercipta keterkaitan, seakan-akan teras adalah bagian dari ruangan kita. Jangan lupa memasang pintu geser kaca agar keluasan ruang dapat dibentuk secara visual. Tambahkan satu dua tanaman hias sebagai pusat perhatian di teras dan ruangan yang terhubung dengan teras. 

6. Kecil tapi nyaman

Alternatif lain pemanfaatan balkon bisa dilihat pada contoh ini. Balkon ini lebih sempit dari contoh sebelumnya, tapi tidak kalah nyaman bukan? Warna putih adalah warna wajib untuk area sempit sebagai cara menciptakan ilusi keluasan ruang. Selain itu, pemilihan warna elemen lainnya juga wajib dipikirkan secara matang. Lihat inspirasi penataan balkon kecil lainnya di sini

Manakah bentuk teras yang paling cocok untuk rumah kecil Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!