15 Cara Menata Ruang Tamu Sempit Memanjang | homify 15 Cara Menata Ruang Tamu Sempit Memanjang
Error: Cannot find module './CookieBanner' at eval (webpack:///./app/assets/javascripts/webpack/react-components_lazy_^\.\/.*$_namespace_object?:3688:12) at at process._tickCallback (internal/process/next_tick.js:189:7) at Function.Module.runMain (module.js:696:11) at startup (bootstrap_node.js:204:16) at bootstrap_node.js:625:3

15 Cara Menata Ruang Tamu Sempit Memanjang

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Ruang Keluarga Gaya Skandinavia Oleh Wohnvision Homestaging Skandinavia
Loading admin actions …

Oleh karena situasi dan kondisi, kadang tinggal di hunian dengan luas area terbatas tak terhindarkan bagi beberapa orang. Entah rumah di kompleks perumahan atau apartemen. Namun, keadaan bukanlah halangan untuk menciptakan ruang hidup yang ideal untuk kita dan seluruh keluarga. Ruang tamu berbentuk sempit memanjang tetap berpotensi memberikan kenyamanan. Salah satu dari desain ruang tamu berikut ini pasti bisa menginspirasi Anda. 

1. Sofa tunggal panjang

Mengingat ruang yang terbatas, untuk dekorasi rumah kecil coba batasi jumlah furnitur di ruang tamu atau ruang keluarga mungil. Pilih sofa single yang sama panjang dengan panjang ruangan. 

Berikut referensi sofa untuk ruang tamu kecil

Untuk ruang tamu mungil, sebaiknya jangan memasukkan banyak sofa. Cukup satu sofa single aja seperti pada referensi berikut, dan pilih sofa berwarna netral, karena akan sangat mudah dipadukan dengan berbagai tema desain.

Contohnya ruang tamu bergaya modern ini, di mana dipercantik dengan hadirnya tanaman dan bunga, serta lampu dekoratif dan poster-poster di dinding yang mendukung tema modern.

Agar suasananya semakin hidup, pemilik bermain dengan sarung bantal berwarna-warni dan juga karpet mungil. Nah, jika masih ada space tersisa, Anda juga bisa loh menambahkan satu kursi di ruang tamu mungil Anda.

Penataan ruang tamu

Interior Apartemen Ruang Makan Minimalis Oleh FIANO INTERIOR Minimalis
FIANO INTERIOR

Interior Apartemen

FIANO INTERIOR

Re-desain apartemen mungil ini full parquet flooring, dengan dominasi warna putih, sentuhan kayu dan pemilihan furnitur minimalis sekaligus fungsional.

Untuk ruangan kecil penting banget pemilihan furnitur yang tepat, yang akan memberikan nilai estetis pada ruangan. Tentunya, pemilihan desain ruangan harus disamakan dengan kebutuhan dan fungsionalitas furnitur.

Dan penempatan meja serbaguna, yang bisa dijadikan menjadi meja makan dan meja kerja, dihadapkan ke arah jendela untuk memaksimalkan ruang secara efisien.

2. Ruang tamu dan ruang makan

Ruang Keluarga Modern Oleh homify Modern

Anda juga bisa membagi ruangan pada rumah menjadi dua area, yaitu ruang tamu dan ruang makan. Gambar menunjukkan sebuah ruangan yang berbentuk zigzag akibat struktur bangunan. Meski demikian, ruangan ini telah ditata secara efektif dengan menjadikan sudut ruangan sebagai ruang makan. 

3. Di depan jendela

Ruang Keluarga Minimalis Oleh homify Minimalis

Apalah fungsi panorama indah di luar bila tidak untuk dinikmati? Cara lain menyiasati bentuk ruangan yang kecil memanjang adalah membuat jendela besar di salah satu sisinya. Lalu menata area duduk yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan di luar jendela. 

4. Meja sebagai pusat perhatian

Ruang Keluarga Modern Oleh homify Modern

Bahkan ruangan kecil pun memiliki kesempatan untuk tampil menarik secara sederhana. Pilih atau buat meja kopi berdesain unik, tapi jangan lupa sesuaikan warnanya dengan sofa dan karpet. 

5. Aksen dinding

Mengecat warna satu bagian dinding dengan warna berbeda sering diaplikasikan untuk menciptakan keluasan secara visual. Pada contoh ini ada dua dinding yang warnanya berbeda, bahkan saling berlawanan. Meski demikian suasana tidak tampak tumpang tindih karena desainer menempatkan satu jendela kaca besar dengan bingkai kontras. 

6. Warna dan motif di dinding

Cara ini hampir sama dengan contoh sebelumnya. Bedanya, aplikasi warna menempati bidang yang luas sampai ke langit-langit ruangan. Dua kedalaman warna turqoise di dinding berhadapan dengan dinding yang didekorasi motif geometris. 

7. Rak dinding tempel

Rak dinding tempel bukan hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, tapi juga dekorasi. Tergantung pada benda apa yang kita letakkan di sini, dan bagaimana cara menyusunnya. 

8. Panel dinding yang dapat dipindah

Panel dinding seperti contoh tebuat dari bahan kayu, dapat dipindah atau dilepas, dan dapat didekorasi dengan lampu agar lebih menarik. Selain itu, panel kayu ini juga fungsional karena kita bisa menggantungkan televisi layar datar di sisi depan panel. 

9. Langit-langit tinggi

Cara ini bisa dibilang klasik, tapi tak perlu diragukan lagi keampuhannya dalam mendatangkan kesan lapang di ruangan sempit. Di ruangan ini kesan luas itu juga terbentuk berkat penggunaan warna putih dan jendela kaca tinggi sampai ke langit-langit. 

10. Detil fungsional

Di sini kita melihat bagaimana gagasan arsitek interior dalam memadukan antara nilai visual dan fungsionalitas. Sebuah ruangan yang terbatas sebaiknya tidak hanya dipenuhi benda hiasan. Apa sih gunanya sesuatu yang indah bila tidak bermanfaat? Rak buku berbentuk pohon adalah cara kita menghargai buku sebagai sumber pengetahuan. 

11. Karpet sebagai pusat perhatian

Nuansa gelap tampak mendominasi ruang tamu yang didekorasi dengan gaya kontemporer. Putih, hitam, dan abu-abu berpadu sempurna di ruangan ini. Sementara karpet hitam putih bermotif geometris dihamparkan di atas lantai beton, menjadi detil yang menyita perhatian. 

12. Ruang tamu dan ruang kerja

Selain membagi ruangan menjadi ruang tamu dan ruang makan, inilah alternatif lain untuk ruangan berbentuk sempit memanjang. Bagi dua area, satu area lebih lebar daripada area lainnya. Area ini bisa dimanfaatkan untuk ruang tamu atau ruang keluarga, sementara area lain berfungsi untuk ruang kerja. 

13. Dinding serbaguna

Di ruang keluarga ini, dinding lebih dari sekedar tempat menggantungkan televisi. Di sini dinding juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan memajang hiasan. Lemari berpintu kayu bukan hanya membantu menyembunyikan benda-benda yang berserakan, tapi juga mempercantik ruangan. 

14. Minimalis

Agar mata tak merasa sakit melihatnya dan agar ruang gerak lebih leluasa, lebih baik batasi dekorasi dan furnitur yang digunakan. Lebih baik lagi bila warna yang digunakan pun tidak menarik perhatian. Interior minimalis selalu berhasil untuk ruangan sempit memanjang. 

Menata ruang tamu minimalis

Ruang Tamu dan keluarga Ruang Keluarga Gaya Skandinavia Oleh DSL Studio Skandinavia Kayu Wood effect
DSL Studio

Ruang Tamu dan keluarga

DSL Studio

Untuk ruang tamu mungil, Anda bisa memilih gaya Skandinavian yang minimalis. Anda bisa menatanya dengan atmosfer hangat yang datang dari kayu yang digunakan dan karpet kecil di tengah ruangan. Tampilannya semakin stylis dengan garis yang rapi dan bersih, serta menyingkirkan elemen-elemen dekoratif yang tidak perlu.

Tak hanya itu, banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dan warna putih yang mendominasi, membuat ruang tamu mungil ini tampil segar. Dan hal itu juga berkat pemilihan furniture berwarna cerah, poster dekoratif yang tersusun pada dinding, dan bunga yang menghiasi ruangan.

15. Serba putih

Warna putih adalah warna wajib untuk ruangan yang luasnya terbatas, karena efeknya yang mampu memantulkan cahaya dan merefleksikan sesuatu yang tak terbatas. Sentuhan industrial memenuhi atmosfer ruangan, berkat ide brilian desainer memanfaatkan furnitur kayu bekas. 

Dan jangan lupa

Interior - Ruang Keluarga Ruang Keluarga Modern Oleh SODA Indonesia Modern Beton
SODA Indonesia

Interior – Ruang Keluarga

SODA Indonesia

Cara menata ruang tamu sangat penting untuk memilih warna. Karena disinilah salah satu tempat keluarga atau tamu berkumpul dalam waktu yang cukup lama. Sehingga nuansa natural finish dan tone warna yang tidak terlalu banyak, memberikan kesan agar sebuah ruangan tidak terasa sempit dan membosankan.

Untuk dekorasi ruang tamu sempit, Anda bisa menggunakan warna putih dan warna netral dengan gabungan kayu memberikan kenyamanan dan kehangatan pada ruangan. Dan dengan luasan yang minimalis, Anda bisa menata maksimalis dengan penempatan atau pemilihan furniture dan sirkulasi vertikal dan horizontal yang masih terasa nyaman dan luas.

Manakah cara yang paling cocok diterapkan di rumah Anda? 
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian