Ruang Tamu:  Ruang Keluarga by Vaastu Arsitektur Studio

Proyek Renovasi Rumah Taman di Slipi – Jakarta yang Patut Ditilik

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify
Loading admin actions …

Homify 360 kali ini akan membahas sebuah proyek yang dikerjakan salah satu profesional kami di bidang arsitektur dan desain interior, Vaastu Arsitektur Studio. Proyek renovasi rumah taman ini mulai digarap pada tahun 2016 dan baru selesai sempurna pada Januari 2017. Dalam pengerjaannya, VAástu Arsitektur Studio melakukan perubahan, mulai dari area fasad depan hingga interior rumah. Yuk, langsung saja simak selengkapnya!

​Eksterior Rumah

Kita awali dengan area eksterior. Gambar di atas merupakan tampilan lama dari eksterior rumah ini. Pada proses renovasi, tak banyak perubahan signifikan yang diberikan untuk area eksterior. VAástu Arsitektur Studio hanya mengganti kanopi garasi dan memodifikasi atap balkon lebih baik, sehingga pintu di sana dapat dibuka dengan sempurna. 

Seperti yang Anda lihat, atap garasi lama menggunakan polycarbonat melengkung. Namun, bentuk lengkungnya kurang serasi dengan bentuk fasad yang memiliki banyak unsur garis. Ini sebabnya, saat renovasi, profesional kami memodifikasinya dengan garasi kaca berstruktur H Beam dan Hollow 40×70 dengan finishing cat putih. Untuk penutup atas, profesional kami memilih menggunakan kaca yang dapat meredam sinar UV, demi meminimalisir cahaya yang menyilaukan.

Ruang Keluarga

Inilah ruang keluarga yang terletak di lantai satu rumah taman ini. Profesional kami memilih warna abu-abu cerah kebiruan agar atmosfer cozy lebih mudah tercipta saat lampu kekuningan dinyalakan. 

Interior kayu dengan ukiran cantik berlapis cat melamik, sofa modern dari celini, meja konsol, karpet motif Maroko berwarna merah, serta cermin dari vivere dengan warna yang dipilih langsung oleh pemilik rumah menjadi unsur dekoratif yang mempercantik tampilan dalam rumah ini.

Kamar Tidur Utama

Kamar tidur utama di rumah ini terbilang cukup kecil, hanya 4 x 4 meter. Akan tetapi, pemilik rumah ingin menggunakan dipan kasur yang besar (dengan ukuran 180 x 200 cm). Untuk menyiasatinya, profesional kami memilih lemari pakaian yang ditanam langsung ke dinding sehingga ruangan tidak terlihat terlalu penuh dan sempit. 

Pada area belakang kepala kasur (headboard), profesional kami menempatkan cermin yang dilengkapi meja kerja dengan sistem kamuflase. Jadi, tidak terlihat ada meja kerja di kiri dan kanan ranjang.

Untuk menempatkan lemari, sisi dinding dikeruk dengan kedalaman sekitar 60 cm dengan panjang 2,5 meter. Ukuran ini cukup untuk area TV dan lemari. Pintu lemari menggunakan sistem pintu geser dan setiap pintu depan dilapisi cermin. Keberadaan cermin ini turut membantu memberikan kesan luas pada ruangan, sehingga ruangan terkesan lebih besar.

​Ruang Keluarga di Lantai Dua

Di lantai dua rumah ini terdapat ruang keluarga yang berfungsi sebagai ruang TV dan ruang belajar anak sekaligus. Meski terdapat TV dan beberapa console di ruang ini, tak ada kabel yang tampak menggelantung sehingga ruangan terlihat tetap rapi.

Untuk area meja belajar, yang digunakan adalah meja tarik. Sehingga, saat tidak sedang digunakan, meja itu tampak seperti rak buku. Hal ini efektif untuk efisiensi tiap meter persegi yang ada pada ruang, sehingga bisa menjadi solusi untuk rumah yang tak terlalu luas.

Nah, bagaimana proyek renovasi rumah taman ini menurut Anda? Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar, ya!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!