6 Desain Cafe Sederhana yang Dapat Dicontek untuk Rumah Anda! | homify 6 Desain Cafe Sederhana yang Dapat Dicontek untuk Rumah Anda!
Error: Cannot find module './CookieBanner' at eval (webpack:///./app/assets/javascripts/webpack/react-components_lazy_^\.\/.*$_namespace_object?:3688:12) at at process._tickCallback (internal/process/next_tick.js:189:7) at Function.Module.runMain (module.js:696:11) at startup (bootstrap_node.js:204:16) at bootstrap_node.js:625:3

6 Desain Cafe Sederhana yang Dapat Dicontek untuk Rumah Anda!

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Konservatori Gaya Eklektik Oleh (株)ハウスオブポタリー Eklektik
Loading admin actions …

Jika Anda berencana untuk membuka bisnis kafe kecil-kecilan dan tidak memiliki dana lebih untuk menyewa tempat, Anda dapat memanfaatkan rumah tempat tinggal Anda untuk membuka usaha. Tanpa perlu banyak renovasi, Anda dapat memiliki area sederhana namun cukup layak untuk menyajikan makanan dan minuman. Dalam buku ide ini, terdapat enam desain kafe yang mudah diwujudkan dan juga cukup menarik untuk membuat konsumen ingin datang.

1. Kafe di lantai dasar

Rumah sekaligus kafe cantik ini dibangun oleh FAD. Rumah dengan lantai berbentuk kotak sudah direnovasi untuk menyediakan area bagi bar. Berdasarkan ide kenyamanan rumah tinggal, arsiteknya menggunakan furnitur berbahan kayu solid dan warna kayu alami, di udara terbuka dengan jendela lebar untuk kesan luas. Para tamu dapat menikmati segelas teh dan kue-kue dengan siraman cahaya alami, dan suara-suara dari lingkungan sekitar yang familiar. Desain ini cocok untuk kafe di rumah yang berada di pemukiman yang tidak terlalu ramai.

2. Cafe minimalis rumah kaca

Cafe minimalis ternyata bisa juga didesain dan didirikan di dalam Greenhouse alias rumah kaca. Area konservasi seperti ini biasanya merupakan bagian dari taman yang lebih besar, di teras, balkon atau di depan gerbang. Transparansi dari kaca memungkinkan penanaman banyak pohon dan tanaman, memberikan refleksi yang menarik untuk tamu menikmati teh sambil membaca. Sebagai tambahan, biaya yang dihabiskan untuk material, waktu konstruksi dan kemudahan untuk melisensi dibandingkan dengan konstruksi konvensional membuat rumah kaca sebagai kafe merupakan tren bisnis yang menjanjikan di beberapa negara di Eropa, serta Asia, seperi di Jepang dan Indonesia.

3. Renovasi dari rumah lama

Pada inspirasi kali ini, kafetaria kecil ini terletak di area pinggiran kota, direnovasi dari rumah tua dan depot yang sudah lama ditinggalkan. Tanah yang kasar, dengan plaster gipsum berwarna hangat pada langit-langitnya, dengan papan-papan kayu tradisional yang menciptakan kesan hangat dan damai bagi para tamu yang menikmati kopi dan pizza menjadi tema area ini. Kontras antara kesan klasik dan modern, warna putih dan hitam juga melengkapi desain yang sempurna ini.

4. Ide inovatif dalam memanfaatkan ruangan yang tersedia

Kafe berikut ini sekaligus merupakan toko grosir yang dibangun di pinggiran kota, dikelilingi oleh pemandangan langit, sungai dan pegunungan yang merentang luas. Arsitek interior telah berhasil menyulap tempat terbuka menjadi area yang semakin familiar dan sebagai area berbelanja. Semua dinding pada bangunan ini direncanakan dan diatur sedemikian rupa agar dapat bergerak sesuai dengan kondisi cuaca. Di bawah teras yang luas, area kafe selalu bermandikan matahari dan mendapatkan sepoi angin sejuk. Di musim dingin, di area yang lebih kecil, udara menjadi lebih hangat dengan warna kayu yang semakin mencolok.

5. Memanfaatkan area lantai bawah dari townhouse berlantai tiga

Proyek komersil yang satu ini sudah banyak disebutkan di dalam workshops pada rekonstruksi arsitektur modern. Area lantai dasar dari tiga lantai yang ada telah disulap menjadi kafe dengan dinding kayu dan langit-langit putih alami. Bar yang sebelumnya adalah dapur berwarna pastel kini menjadi tempat dengan dekor unik dan tampilan baru. Penataan ruangannya sendiri sangat cerdas, menggunakan bangku tinggi dan meja yang menempel ke dinding sehingga bagian tengah ruangan lebih fleksibel. Nah, untuk desain cafe murah, ide yang sangat menarik sekali jika Anda bisa memanfaatkan ruangan yang sudah tersedia, seperti gudang, area lantai bawah, halaman, dan sebagainya, lalu menyulapnya menjadi kafe yang menarik.

6. Bangunan bergaya Jepang modern

Kafe yang satu ini merupakan pekerjaan bangunan oleh Qinglong Senior Architecture Office, Tsing Pong. Dengan struktur yang hangat dan sederhana, memanfaatkan area lantai dasar dan pintu geser pada dinding yang sudah menjadi tempat meminum kopi yang menarik bagi para pekerja. Lahan di belakang memberikan lebih banyak ruangan untuk menjamu tamu dan untuk bersosialisasi. Diameter yang lebar juga memperbaiki terbatasnya area yang tersedia.

Inspirasi desain cafe sederhana

Eating Area- 2nd Floor Gastronomi Gaya Industrial Oleh TIES Design & Build Industrial Kayu Wood effect
TIES Design & Build

Eating Area- 2nd Floor

TIES Design & Build

Ruangan polos dengan langit-langit terbuka ini ternyata bisa dipercantik dengan permainan warna yang seru, loh. Ide brillian kafe satu ini adalah mengkonsepkan area meja kafe seperti disorot oleh lampu di atasnya. Nah, warna yang dihasilkan dari sorot lampu ini berwarna-warni, yang sebenernya jika diperhartikan ini adalah dinding yang di cat hingga ke lantai. Sehingga jika dari jauh tampak seperti menyerupai lampu yang sedang menyorot. Wah, menarik sekali bukan desain cafe sederhana satu ini, yang bermain dengan kreatifitas.

Inspirasi desain cafe unik

Eating Area- 1st Floor Gastronomi Gaya Industrial Oleh TIES Design & Build Industrial Beton
TIES Design & Build

Eating Area- 1st Floor

TIES Design & Build

Kafe ini memiliki tema unik yang menyediakan games board, dengan tema 90's Fashback Cafe. Dengan tema ini, kafe ini menghadirkan kembali kegembiraan, keceriaan, dan masa kecil yang penuh warna di era 90-an.

Desain interiornya dipenuhi dengan banyak warna dan mural untuk memberikan rasa nostalgia tahun 90-an yang menyenangkan. Permainan papan dan meja biliar disediakan untuk mendukung program kafe. Yang tak kalah unik, kursi kafe yang digunakan bukanlah kursi biasa, melainkan kursi ayunan yang membuat suasana kafe semakin seru! Dengan kombinasi yang menarik, antara tema dan tampilan interior, para pengunjung akan merasakan tempat ini lebih dari sekedar tempat makan, tapi juga tempat hangout yang menyenangkan.


Desain warung kopi rumahan

Tarik Mang Cafe Oleh Tigha Atelier Tropis
Tigha Atelier

Tarik Mang Cafe

Tigha Atelier

Kedai kecil berukuran 2 x 6 ini berkonsep take & go. Proyek ini berada pada bangunan lama yang direnovasi, dengan penyesuaian desain yang klasik nan tropis, dengan penekanan material kayu dan batu.

Tampilannya yang asri, dengan suasana kayu terlihat adem dengan adanya tumbuhan. Nah, kedai ini berada di halaman depan rumah, yang diberikan sekat pemisah, antara halaman kedai dan teras penghuni yang sifatnya private. Sekat tersebut sekaligus menjadi seating area pengunjung.


Nah, jika Anda ingin membangun kafe, tema dan konsep apa yang ingin Anda buat?
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian