Kamar Mandi by Ludwinowska Studio Architektury

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Menempatkan Tanaman di Kamar Mandi

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Kamar mandi keluarga adalah ruang patut mendapatkan perhatian penuh. Seringkali kamar mandi hanya tersembunyi di area paling dalam rumah dan dekorasinya sering diabaikan. Banyak orang masih berpikir bahwa ukuran kamar mandi pada umumnya terlalu sempit untuk dapat menempatkan dekorasi. NAmun, satu hal yang penting yang ingin kita sampaikan kali ini – Pohon adalah keajaiban bagi kamar mandi!

Namun, penempatan pohon di kamar mandi dengan cara yang nyaman agar tidak mempengaruhi aktivitas manusia dan harapan hidup pohon juga membutuhkan pengetahuan tertentu. Jika Anda tidak tahu caranya dan ingin tahu, berikut adalah 5 catatan penting yang dapat membantu Anda menghindari konsekuensi yang tidak menguntungkan dan memilih pohon yang paling sesuai!

1. Tanaman Apa yang Cocok dengan Kamar Mandi?

Ruang kamar mandi memiliki kelembaban tinggi, sering dengan bau buruk dan kurang cahaya alami. Oleh karena itu, jenis tanaman di tempat ini harus memenuhi persyaratan seperti tidak membutuhkan banyak sinar matahari, memiliki tingkat vitalitas dan kekuatan yang cukup, dapat mentralisasi kelembaban secara alami, serta tidak ada penyakit tanaman yang menyebabkan banyak bakteri tidak higienis.

Kebanyakan ahli mendorong orang untuk memilih pohon berukuran kecil, semak-semak atau dahan kecil untuk memudahkan pergerakan, perawatan dan pembersihan. Tanaman besar membutuhkan pot besar yang akan mengkonsumsi banyak ruang dan oksigen di tempat yang membatasi faktor-faktor ini ke kamar mandi.

Tanaman seperti lidah buaya, anggrek putih, lidah harimau atau bambu dapat ditempatkan di kamar mandi. Selain itu, Anda dapat merujuk ke pohon-pohon di bawah air, meskipun harus berhati-hati dari segi keamanan, tetapi dipandang dari segi estetis sangat bagus dan menyenangkan baunya seperti bunga lili.

2. Pot dan Bahan Apa yang Cocok dengan Kamar Mandi Anda?

Setelah memilih tanaman yang cocok, Anda juga perlu memperhatikan jenis wadah yang cocok untuk mereka. Warna dan bahan pot hias dapat meningkatkan keindahan atau merusak suasana seluruh kamar mandi Anda. Oleh karena itu, Anda perlu berhati – hati.

 Kamar Mandi by Công ty TNHH Xây Dựng TM DV Song Phát
Công ty TNHH Xây Dựng TM DV Song Phát

Phòng vệ sinh được bố trí chung nhằm đảm bảo tính riêng tư.

Công ty TNHH Xây Dựng TM DV Song Phát

Untuk kamar mandi yang menggunakan begitu banyak nuansa terang seperti putih serta dinding kaca, tidak ada yang lebih ideal dari pot berwarna-warni pot penuh warna dan menyenangkan. Mereka akan menjadi fokus perhatian. Sebaliknya, jika kamar mandi Anda adalah nada gelap murni seperti tebal, hitam, pot tanaman harus lebih cerah dan tanpa tekstur yang spesifik akan terlihat lebih mewah.

Dalam hal bahan, pot keramik, porselen, kaca semuanya akan selalu cocok. Tentu saja, ketika memilih bonsai, Anda harus berkonsultasi dengan penjual untuk mengetahui jenis tanah yang dibutuhkan untuk jenis tanaman yang Anda beli, ukuran dan bahan pot apa yang diperlukan untuk struktur akar tanaman, serta di mana tempat terbaik untuk meletakkan pot tanaman?

3. Di mana Tempat Terbaik untuk Tanaman?

Pengaturan taman paling populer biasanya berada di sekitar wastafel atau di samping cermin. Selain tempat yang populer itu, Anda juga dapat mencoba beberapa tempat yang lebih menarik seperti kusen jendela, ataupun rak. Untuk pot tanaman besar, Anda dapat menempatkannya di sudut ruangan yang kosong.

Selain itu, seperti halnya karya seni manapun, pepohonan akan menjadi sangat menawan dengan efek cahaya. Anda dapat menempatkan pot di dekat lampu, memasang lampu terpisah untuk tanaman atau menggantungnya di tempat yang sesuai. Cahaya tajam yang menembus daun hijau juga akan tersaring menjadi jauh lebih lembut.

Jika keluarga Anda memiliki bak mandi (Bathtub), bak mandi adalah tempat yang ideal untuk tanaman karena mereka tidak akan menyebabkan masalah seperti wastafel atau hilangnya ruang lantai yang ideal. Namun, untuk area ini Anda memerlukan pot kecil yang indah.

4. Apa yang Harus Diperhatikan di Kamar Mandi?

 Kamar Mandi by Burkhard Heß Interiordesign
Burkhard Heß Interiordesign

Bad mit Stauraum, hinter den Falttüren verschwindet die Waschmaschine und sonstiges

Burkhard Heß Interiordesign

Apakah ruang kamar mandi Anda terletak di area yang berventilasi baik namun kadang juga bisa menjadi basah dan lembab setelah digunakan? Jika demikian, daripada Anda harus mengairi tanaman seperti biasa, apa yang perlu Anda lakukan adalah memastikan tanah kering dan bebas dari air. Salah satu langkah terpenting adalah memeriksa pot setelah setiap mandi atau shower untuk memastikan bahwa mereka tidak menangkap terlalu banyak air ketika Anda mandi.

Mirip dengan tanaman luar ruangan, Anda juga harus mempertimbangkan musim berbunga, daun,  serta tunas untuk memberikan suhu yang tepat, serta tahu kapan untuk memangkas daun kuning atau mengganti pot mati.

Jika pohon memiliki tanda-tanda genangan air, segera keluarkan pot, keringkan tanah, beri pupuk dan beri mereka istirahat di lingkungan yang sesuai sebelum melanjutkan kegiatan kecantikan untuk tanaman kesayangan Anda

5. Kapan Sebaiknya Anda Tidak Menaruh Pohon di Kamar Mandi?

Tentu saja, pohon selalu cocok untuk kamar mandi dan merupakan dekorasi yang sangat baik tetapi ada beberapa kasus dimana Anda benar-benar tidak boleh meletakkan pot tanaman di area pribadi ini. Salah satunya adalah area kamar mandi yang dimana Anda tidak selalu memiliki cukup ruang untuk handuk, sikat atau pisau cukur, jangan memaksakan diri untuk meletakkan pot! Itu hanya membuat akan Anda lebih frustrasi.

Ketika Anda seorang lajang dan memiliki terlalu sedikit waktu untuk merawat keluarga Anda, tanaman hijau juga merupakan pilihan yang buruk. Lain halnya jika Anda mampu berkomitment ketika menanam pohon di kamar mandi, untuk secara teratur membutuhkan pupuk yang kuat untuk membersihkan lantai atau udara. Namun tentunya, terdapat beberapa jenis pohon yang lebih tahan hama dibandingkan yang lainnya.

Selain itu, kamar mandi yang dirancang terlalu gelap, kelembaban tinggi dan kurang cahaya bukan merupakan area yang kondusif bagi pohon untuk tumbuh. Jika Anda masih ingin menggunakan tanaman hias, tanaman plastik atau bunga akan menjadi alternatif yang ideal dan tidak memakan waktu.

Apakah sekarang Anda akan meletakkan tanaman hijau di kamar mandi keluarga?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!