Ruang Keluarga by 臣月空間工程

6 Trik Menyembunyikan AC Agar Tidak Merusak Keindahan Interior

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Di iklim dan udara tropis yang panas, terutama di musim kemarau, dan tanpa pendingin ruangan atau AC di ruang tamu dan kamar tidur, siapa yang bisa bertahan?

Pendingin ruangan umum di dalam ruangan biasanya dipasang menempel ke dinding atau bertipe jendela. Meski demikian, dengan semakin meningkatnya tuntutan untuk dekorasi interior di zaman modern sekarang, generasi kekinian mencari cara untuk menyembunyikan AC dan gaya ini semakin populer. Mari mencari tahu lebih jauh mengenai gaya AC yang tersembunyi.

1. Apa itu AC tersembunyi? Apa perbedaan antara AC general indoor?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, AC indoor umumnya terpasang di dinding atau dipasang dengan tipe jendela. Namun, gaya pemasangan AC tersebut jelas menggangu keindahan interior dan memakan banyak tempat.

Di lain sisi, fitur dari AC tersembunyi salah satunya adalah pemisahan badan AC yang tersembunyi di langit-langit. Hanya terdapat kipas AC yang tidak mengganggu yang terlihat oleh mata. Karenanya, jika dibandingkan dengan AC indoor tradisional pada umumnya, tersembunyinya AC memberikan kesan indah dan tidak menumpuk debu. Sebagai tambahan, karena outlet dari udara dingin dapat distribusikan, aliran udara dingin pun dapat diatur secara rata-rata dibandingkan dengan AC tradisional.

Bagaimanapun, AC yang tersembunyi tetap memiliki kekurangan karena perawatan dan prosedur pembersihan yang lebih rumit. Hal ini akan didiskusikan lebih lanjut nanti.

2. Berapakah harga dari AC menggantung?

Harga dari tipe AC menggantung bergantung kepada fungsi dari AC tersebut. Sebagai contoh, dua fungsi pengaturan konversi frekuensi dingin spesial dan frekuensi dingin serta hangatnya jelas memiliki rentang harga yang cukup signifikan. Berikutnya, semakin tinggi bobot AC dalam ton, semakin mahal harganya. Secara umum, AC yang populer di market Taiwan datang dari merek-merek Jepang dan referensi harganya biasanya termasuk harga pemasangan dasar.

Sebagai contoh, untuk AC pendingin yang dipasang menggnatng secara implisit, yang cocok untuk ruangan seluas 3,3 – 10 meter persegi, harga referensinya berikut dengan instalasi adalah sekitar Rp 14,3 juta.

Cocok untuk ruangan sebesar 10 – 17 meter persegi dalam area tersembunyi di langit-langit, harga AC berikut instalasinya adalah sekitar 83 juta. 

Untuk area seluas 17 – 23 meter persegi dan AC yang dipasang tersembunyi, harganya beragam dari Rp 21 juta hingga Rp 22 juta. 

Secara keseluruhan, harga dari AC terselubung adalah sekitar Rp 21,8 juta lebih mahal daripada AC tradisional yang menggantung. 

Sebagai tambahan, sejak tahun 2017, banyak AC yang dilabeli sebagai “Seasonal Seasonal Energy Factor” atau CSPF. Semakin tinggi nilai CSPF, semakin efisien energi dari AC. Masih diperlukan perbandingan dengan berbagai macam AC lainnya dari segi harga, dan hal ini akan dibahas lebih lanjut.

3. Apa saja dimensi umum dari jenis AC menggantung?

Badan AC indoor terselubung sendiri tidak sebesar yang kita bayangkan! Sebagai contoh, merek AC Jepang memperkenalkan unit AC indoor super tipis yang muat untuk space sebesar 16,5 atau 19,8 meter persegi. Dengan lebar yang hanya 70 cm, bobot sebesar 21 kg dan ketinggian langit-langit 24 cm, jenis AC ini cocok untuk rumah di Taiwan.

Selain itu, bergantung pada merek yang berbeda atau model yang berbeda, ukuran dari unit AC indoor sendiri pasti berbeda-beda. Karena itu, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan ahlinya sehingga informasi dan harga yang didapatkan adalah yang terkini dan terakurat.

4. Bagaimana jika rumah memerlukan banyak AC?

Umumnya, Anda perlu menentukan seberapa banyak AC yang ingin Anda sediakan sesuai dengan luas rumah. Menurut rekomendasi dari Energy Bureau of the Ministry of Economic Affairs, bobot AC dan luasnya yang aplikatif adalah sebagai berikut: 

0.8 tons; 3,3 – 9.9 meter persegi

1.3 tons; 16.5 meter persegi

1.26 tons; 13,2 – 19,8 meter persegi

1.42 tons; 16,5 – 23 meter persegi 1.8 tons; 19,8 – 26,4 meter persegi

2.24 tons; 26,4 – 33 meter persegi

Jika rumah berlokasi di lantai atas, atau ruangan memiliki ekspos terhadap matahari dalam jangka waktu yang panjang, Anda perlu memilih AC dengan bobot besar.

5. Apa saja yang harus diperharikan saat memasang AC terselubung?

Mengingat posisi AC terselubung ada di dalam langit-langit, Anda perlu memastikan terlebih dahulu kedalaman horisontal langit-langit cukup untuk mengakomodasi keseluruhan mesin AC untuk memasang outlet udara dan kotak kipas angin. Umumnya, diperlukan sekitar 1,3 kali lebih banyak ruang daripada badan AC untuk memuat badan AC.

Untuk menghindari ruang yang nampak terlalu sensitif terhadap tekanan, Anda juga perlu memastikan bagian dasar runah setidaknya 2,5 meter, atau Anda akan merasakan tekanan dari puncak!

Poin penting lainnya yang tidak dapat diabaikan adalah diperlukan adanya cukup jarak antara outlet udara dan outlet penukaran udara. Karena jika tidak demikian, ketika udara dingin ditiupkan dari outlet udaranya, akan dibutuhkan beberapa detik untuk hawa keluar dari outlet udara, menyebabkan adanya short loop yang jadi masalah.

6. Bagaimana cara membersihkan outlet udara yang menggantung?

Kerugian dari AC terselubung adalah perawatan dan pembersihan yang tidak semudah AC tradisional yang menggantung. Meski begitu, karena letaknya yang tertutup, otomatis debu yang mengumpul pun lebih sedikit.

Anda dapat membersihkan AC yang tersembunyi ini secara teratur setiap 1-2 kali per tahun dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Unit indoor:

(1) Pisahkan penyaring dari outlet udara dan penukaran udara, kemudian bersihkan debunya. Lalu cuci dengan sabun dan keringkan. 

(2) Bersihkan bagian dalam dengan air dan bagian drum-nya. 

Unit outdoor:

(1) Pertama-tama, hentikan aliran listrik 

(2) Kemudian, cuci bagian tubuhnya dari atas hingga bawah dengan air bersih dan tunggu hingga kering secara alami.

Saat diperlukan saja, pastikan untuk menyewa bantuan pembersih AC profesional.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!