Rumah Tinggal Bpk. Arif:  Dapur by samma design

10 Tips Memilih Ubin Keramik Dapur

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Siapa saja yang hobi memasak pasti menginginkan dapur nyaman dan bersih sepanjang hari. Masalahnya, dapur idaman bukan hanya berkat peralatan masak lengkap berteknologi tinggi. Namun juga kondisi ruangan dapur itu sendiri. Sebagaimana ruangan lainnya di rumah, dapur juga berlantai keramik. Keramik juga disematkan di sepanjang dinding dapur khususnya di area memasak, atau yang biasa disebut dengan backsplash. Mengapa harus keramik? Material lain seperti granit atau marmer memang bisa digunakan sebagai pelapis lantai dan dinding dapur. Akan tetapi, keramik masih menjadi idola bagi mayoritas masyarakat Indonesia mengingat harganya yang lebih terjangkau dan lebih mudah didapatkan. 

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang bagaimana memilih keramik dapur yang paling sesuai dengan kebutuhan setiap rumah. Silakan luangkan waktu untuk membaca ulasan berikut ini sebelum memborong keramik dapur di toko bahan bangunan. 

1. Sesuai dengan kebutuhan dan anggaran

Rumah Tinggal Bpk Beni:  Dapur by samma design
samma design

Rumah Tinggal Bpk Beni

samma design

Kita semua pasti punya sesuatu yang ingin dicapai. Tidak ada salahnya bila keinginan itu adalah memiliki dapur idaman. Meski demikian, impian yang satu ini membutuhkan biaya tidak sedikit. Walaupun memasang lantai dan melapisi dinding adalah termasuk tahap akhir pembangunan sebuah rumah, ada baiknya bila sudah dirinci sejak awal mengenai jenis keramik dapur yang akan dipakai. Melakukan survei tentang macam-macam keramik dapur di pasaran akan sangat membantu dalam membuat perencanaan anggaran. Hal ini juga berlaku untuk penggantian keramik dapur lama dengan yang baru. 

Berikut adalah contoh daftar rincian pekerjaan renovasi dapur dan biayanya:  

Pekerjaan bongkaran:
- bongkar bak cuci piring Rp 100 ribu per buah
- bongkar keramik lantai dapur Rp 50 ribu per meter persegi 
- bongkar keramik dinding dapur Rp 75 ribu per meter persegi 

Pekerjaan pemasangan:
- jasa upah pasang keramik dinding Rp 150 ribu per meter persegi 
- plester dinding dapur Rp 50 ribu per meter persegi 
- jasa upah pasang keramik lantai 30 x 30 cm Rp 100 ribu per meter persegi 
- jasa upah pasang keramik lantai 60 x 60 cm Rp 125 ribu per meter persegi 
- instalasi pipa air bersih Rp 50 ribu per m1
- instalasi pipa 1 1/2′ air kotor Rp 95 ribu per m1
- jasa upah pasang bak cuci piring Rp 290 ribu per buah.   

2. Keramik dapur bergaransi lebih baik

Sebelum menentukan keramik dapur pilihan, kita sebaiknya bertanya ke penjualnya apakah ia menawarkan garansi untuk keramik itu. Jangan mudah terpikat oleh iming-iming harga murah, karena semua keramik nantinya akan dikirim pada kita dalam kemasan dus. Sulit untuk mengetahui apakah semua keramik dalam kondisi baik sebelum kita membelinya. Bila ada garansi, kita bisa mengembalikan keramik yang cacat atau pecah dan meminta si penjual untuk menggantinya dengan yang baru. 

3. Sesuaikan warna dan ukuran keramik dapur dengan ruangan

Rumah Tinggal Bpk. Arif:  Dapur by samma design
samma design

Rumah Tinggal Bpk. Arif

samma design

Bukan rahasia lagi kalau warna terang bisa membantu memperluas sebuah ruangan secara visual. Dapur yang terletak di sudut rumah atau tidak punya jendela sebaiknya menggunakan keramik dapur berwarna terang. Tujuannya agar cahaya lampu atau matahari yang masuk ke dapur bisa dipantulkan ke seluruh penjuru ruangan. Sedangkan keramik dapur berukuran lebar punya efek visual menciptakan kesan luas dan lapang. Keramik berbentuk diagonal juga dipercaya dapat memberikan kesan luas pada ruangan atau dapur sempit. Oleh karena itu, dapur berdimensi kecil alias sempit cocok bila didekorasi dengan lantai keramik dapur ukuran lebar. 

4. Sesuaikan keramik dapur dengan gaya dekorasi rumah

Keramik dapur bisa membantu menegaskan gaya interior yang ingin ditampilkan pemilik rumah. Meskipun ada banyak pilihan keramik di pasaran, keramik dapur yang dipilih sebaiknya sesuai dengan gaya rumah. Misalnya ingin menghadirkan nuansa alami, keramik dapur yang dipilih sebaiknya bermotif seperti kayu, lengkap dengan serat-serat kayunya. Bila lebih menyukai gaya minimalis, sebaiknya hindari penggunaan keramik dapur dengan terlalu banyak detil. Sedangkan penyuka gaya industrial bisa memilih keramik dapur warna abu-abu, atau bisa juga warna putih. 

5. Perhatikan permukaan lantai keramik

 Dapur by Equipe Ceramicas
Equipe Ceramicas

Curvytile Cotto Chestnut, Deco Patchwork Ceramic 26,5x26,5

Equipe Ceramicas

Lantai keramik tersedia dalam berbagai pilihan menurut jenis permukaannya. Lantai keramik terbaik untuk dapur adalah yang sedikit bertekstur agar tidak licin ketika digunakan untuk beraktivitas, namun juga tidak terlalu kasar agar menimbulkan rasa nyaman saat dipijak. Dengan kriteria ini, maka lantai keramik untuk dapur sebaiknya bertekstur kasar, vinil, atau batu alam. Saat ini lantai vinil berukuran 3 mm x 152.4 mm x 914.4 mm ditawarkan dengan harga Rp 210 ribu per meter persegi. Sedangkan lantai keramik batu alam ditawarkan dengan harga Rp 76 ribu sampai Rp 121 ribu per meter persegi. 

6. Pilih lantai keramik berdaya tahan tinggi

Ada banyak aktivitas berat yang kita lakukan di dapur. Lantai dapur sangat berpotensi terpapar percikan minyak atau air panas, atau panas dari peralatan masak yang baru diturunkan dari kompor. Kadang ada kalanya terjadi tragedi gelas pecah, atau peralatan masak yang jatuh ke lantai. Semua ancaman ini mengakibatkan lantai keramik dapur sangat rentan terhadap kerusakan. Sangat disarankan untuk memilih lantai keramik yang paling kuat dan tahan lama. Untuk mengetahui spesifikasi lantai keramik pilihan, kita bisa langsung bertanya pada si penjual. 

7. Perhatikan presisi keramik

Studio Apartment - Margonda Residence 2:  Dapur by RANAH
RANAH

Studio Apartment – Margonda Residence 2

RANAH

Arti dari presisi keramik di sini adalah ukuran dan motif benar-benar sesuai dengan tampilan keramik yang tampak pada kemasan. Hal ini perlu diperhatikan terutama bila kita berencana menghiasi backsplash dengan keramik bermotif seperti contoh. Keramik dapur dengan presisi tinggi akan memudahkan proses pemasangan dan hasil jadinya pun tidak akan mengecewakan. Produsen keramik dapur ternama biasanya menawarkan keramik dinding dapur dengan presisi tinggi. 

8. Keramik dinding sebaiknya berwarna terang

Dinding ruangan memang akan lebih cantik bila dilapisi dengan keramik. Namun bukan itu saja tujuan melapisi dinding dengan keramik. Alasan lainnya adalah untuk memperkuat dinding bila sewaktu-waktu air merembes masuk melalui dinding akibat proses pembangunan dinding yang kurang sempurna. Maka tidak heran bila dinding kamar mandi dilapisi dengan keramik, demikian juga dinding dapur yang berhimpitan dengan bak cuci piring serta kompor. Area ini biasa disebut dengan sebutan backsplash. Selain lantai, sebaiknya dinding dapur juga berwarna terang. Alasannya sederhana, yaitu agar kotoran yang menempel di dinding bisa terlihat dan bisa segera dibersihkan. 

9. Lebih menarik dengan dinding dapur bermotif

Sebagai pusatnya aktivitas berat, tidak berarti kita tidak bisa mendekorasi dapur menjadi cantik dan enak dipandang. Cara mudah mendekorasi dapur adalah dengan melapisi backsplash dengan keramik dinding dapur bermotif warna-warni. Motif bisa mengandung detil tetapi sebaiknya diperhatikan juga komposisi warna dan kesinambungan antara satu bagian keramik dinding dan lainnya. Saat ini harga keramik dinding di pasaran berkisar antara Rp 88 ribu sampai Rp 220 ribu per meter persegi dengan berbagai variasi ukuran yang lazim digunakan, yaitu 20 x 20 cm, 20 x 25 cm, 30 x 30 cm, 32.5 x 32.5 cm, 25 x 33.3 cm, 20 x 40 cm, 25 x 45 cm, 20 x 60 cm, 30 x 60 cm, 32.5 x 65.6 cm, dan 32.5 x 97.5 cm. 

10. Pilih keramik dapur yang mudah dibersihkan

Kitchen Set :  Dapur by Revel
Revel

Kitchen Set

Revel

Dengan semua kriteria di atas, inilah kriteria yang paling penting. Baik keramik dapur untuk lantai maupun dinding sebaiknya mudah dibersihkan, apa pun jenis yang dipilih. Buat mereka yang bergaya hidup dinamis dan tak punya banyak waktu untuk bersih-bersih, jenis keramik yang disarankan adalah kesat dan tidak terlalu banyak detil. Alasannya sederhana, yaitu agar kotoran yang menempel di dinding bisa terlihat dan bisa segera dibersihkan. Lantai dan dinding keramik banyak diminati karena tidak memerlukan perawatan untuk menjaga keindahan tampilannya. Meski demikian, noda minyak yang tercecer di lantai atau dinding keramik sebaiknya segera dibersihkan agar tidak menyulitkan proses pembersihannya kemudian. 

Bingung pilih keramik dapur terbaik? Para ahli ubin kami siap membantu menyelesaikan masalah Anda. 

Seperti apakah keramik dapur pilihan Anda? Silakan tulis pendapat Anda di kolom komentar. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!