Dapur by MOB ARCHITECTS

12 Desain Dapur Kecil Agar Rumah Selalu Tampak Cantik

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Sulit dipungkiri, dapur merupakan area di dalam rumah yang bisa menjadi jantung sebuah keluarga. Dapur merupakan tempat di mana kegiatan inti seperti memasak dan bercengkerama dapat dilakukan bersama seluruh keluarga. Maka dari itu, sangat ideal rasanya apabila dapur memiliki kapasitas yang besar. Meski begitu, ukuran ruangan dapur yang terbatas bukan halangan untuk berkreasi dengan ruangan yang tersedia dan sebagai hasilnya mendapatkan dapur yang selalu nampak cantik. Mari mencontek gaya 12 dapur mungil berikut.

1. Minimalis dan serba ada

Dapur pertama ini jelas sekali mengadopsi desain minimalis dengan dominasi kayu pada konter mininya yang juga berfungsi sebagai meja makan serta ruang penyimpanan di latar belakangnya. Pemilihan warna serba putih dan kayu menjadikan dapur lebih enak dilihat dan terkesan rapi.

2. Sedikit sentuhan retro

Rumah Tinggal Bpk. Arif:  Dapur by samma design
samma design

Rumah Tinggal Bpk. Arif

samma design

Dapur berikutnya memiliki sedikit pengaruh retro yang nampak pada pemilihan kursi meja makan serta ubin yang menempel di dinding area konter dapur. Ruangan yang tidak seberapa dibuat cukup mengakomodasi dapur serta meja makan.

3. Dapur sudut dengan banyak ruang penyimpanan

 Dapur by MOB ARCHITECTS

Dapur dengan gaya demikian amat mudah ditemukan di rumah pada umumnya. Terletak di sudut kecil di dalam rumah dengan banyak sekali lemari kabinet untuk menyimpan barang, seringkali tampilannya pun jauh dari kata indah. Namun dengan pemilihan warna netral seperti dapur berikut, kerapian tetap dapat terjaga dengan baik.

4. Dapur dengan banyak ventilasi

 Dapur by RS Architects
RS Architects

Islington House Conversion

RS Architects

Area dapur boleh jadi terbatas, namun ventilasi ruangan harus tetap terjaga dengan baik. Pertukaran udara dan cukupnya cahaya seperti dalam dapur serba putih ini membuat dapur di ruang memanjang ini makin cantik.

5. Dapur sudut seadanya

Dapur yang satu ini mudah ditemui di hunian apartemen studio atau flat, dan fungsinya memang tidak banyak selain untuk memasak dan menyimpan peralatan makan seadanya. Namun, integrasi dengan ruangan lain dapat menjadi bumerang jika tidak ada penataan yang baik. Karenanya, dapur ini haruslah kohesif dengan ruangan lainnya.

6. Dapur dalam ruangan memanjang

Dapur yang tampak masih baru ini cukup luas dibandingkan dengan dapur-dapur sebelumnya, mengingat adanya dua sisi di ruangan memanjang ini untuk tempat penyimpanan dan konter persiapan memasak. Pemanfaatan ruangan memanjang memiliki kekurangan dalam hal ruang gerak, namun tidak dalam hal ruang penyimpanan.

7. Estetika yang terjaga meski dapur berukuran seadanya

Studio Apartment - Margonda Residence 2:  Dapur by RANAH
RANAH

Studio Apartment – Margonda Residence 2

RANAH

Tambahan dekorasi ubin yang sengaja ditabrakkan corak-coraknya membuat dapur ini memiliki daya tarik tersendiri. Adanya handle kayu pada kabinet juga menambah estetika ruangan.

8. Kabinet menjulang hingga ke langit-langit

Rumah Tinggal Bpk Beni:  Dapur by samma design
samma design

Rumah Tinggal Bpk Beni

samma design

Kabinet penyimpanan dalam dapur yang satu ini dimaksimalkan hingga menempel ke langit-langit dapur. Permainan estetika terletak pada laci dengan kombinasi warna kayu dan warna putih serta ubin dengan corak menyilang dengan pengaruh kesenian ala Timur Tengah.

9. Sudut dapur dalam apartemen

Pantry:  Dapur by Simply Arch.

Tidak banyak yang bisa dianggap indah dari sudut dapur dengan ruang penyimpanan yang sudah menjadi satu unit dengan furnitur berikut. Selama kerapian tetap terjaga, maka sudut mungil dapur seperti ini akan tampak cantik.

10. Dapur dominan konter

Show Unit Panasonic:  Dapur built in by Getto_id
Getto_id

Show Unit Panasonic

Getto_id

Di dalam ruangan dapur berikut ini, konter penyimpanan dan tempat mengolah makanan serta mencuci piring sepertinya sengaja dipilih yang besar. Meski dampaknya jadi membatasi ruangan yang tersedia, namun secara estetika dapur ini tampak elegan.

11. Dapur di jalan menuju kamar mandi

Dapur ini memiliki lokasi yang cukup unik karena sangat berdekatan dengan kamar mandi. Biasanya, dapur dengan lokasi demikian dapat ditemukan di dalam mobil van atau rumah kontainer yang memang ruangannya terbatas. Meski begitu, dapur yang satu ini tampak terjaga keindahannya dengan pemilihan warna putih, monokrom dan kayu yang saling melengkapi satu sama lain.

12. Dapur rustic

Botanical Kitchen:  Dapur by Veon Interior Studio
Veon Interior Studio

Botanical Kitchen

Veon Interior Studio

Dapur bergaya rustic ini makin diperindah dengan pemilihan cat toska dan hijau telur asin, serta hiasan kayu dengan tumbuhan buatan di sekitarnya. Adanya siraman sinar matahari dari luar rumah menambah keindahan dapur yang tergolong kecil ini.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!