Kamar Mandi by Polygon arch&des

7 Tips Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Marda Faqruradi Marda Faqruradi
Loading admin actions …

Teknologi telah memasuki jaman digital modern salah satunya adalah mesin cuci. Mesin cuci pakaian jaman sekarang menawarkan lebih banyak fitur daripada satu dekade yang lalu. Model baru dengan label Energy Star membantu mengecilkan tagihan listrik tahunan Anda sebanyak estimasi Rp 800.000,-. Jika itu tidak cukup untuk meyakinkan Anda, desain kontemporer, operasi yang tenang, dan fitur yang nyaman mungkin saja. Model-model tertentu sekarang bahkan datang dengan keran kecil di dalam bak mandi untuk membilas tangan Anda atau untuk membersihkan noda dengan cepat.

1. ​Memilih berdasarkan jenis tabung mesin cuci

Berdasarkan jumlah tabungnya, mesin cuci terbagi menjadi dua jenis, yaitu mesin cuci dua tabung dioperasikan secara semi otomatis (semi-automatic), dan mesin cuci satu tabung umumnya dioperasikan secara otomatis (fully automatic). 

Detil perbedaan adalah sebagai berikut: Mesin cuci dua tabung Jenis mesin cuci ini adalah mesin cuci yang merakyat karena harganya relatif lebih murah dan daya listriknya lebih rendah. Mesin cuci jenis ini memiliki dua tabung dengan dua fungsi yang berbeda. Tabung pertama (di sebelah kiri) berfungsi untuk mencuci dan membilas pakaian, sedangkan tabung kedua (di sebelah kanan) berfungsi untuk mengeringkan pakaian. Karena Anda perlu memindahkan pakaian dari tabung pertama ke tabung kedua (semi otomatis), maka pengoperasiannya kurang praktis dibanding mesin cuci satu tabung. Mesin cuci satu tabung Mesin cuci jenis ini lebih praktis jika dibandingkan dengan mesin cuci dua tabung. 

Karena proses pencucian maupun proses pengeringan berlangsung di tabung yang sama, maka Anda tidak perlu repot memindahkan pakaian. Semua proses berlangsung secara otomatis. Akan tetapi, harga mesin cuci jenis ini relatif lebih mahal. Saat akan memilih mesin cuci satu tabung, mungkin Anda akan bingung untuk memilih yang jenis front loading atau top loading. Kalau disimpulkan, jenis front loading cocok untuk Anda yang lebih menyukai mesin cuci dengan fungsi pengering yang baik. Sedangkan jenis top loading cocok untuk Anda yang memerlukan mesin cuci yang dapat mencuci dengan lebih efektif. Contohnya, bila Anda adalah orang yang setiap harinya sibuk sehingga tidak ada waktu untuk menjemur di luar, maka sebaiknya Anda memilih jenis front loading yang unggul dari sisi pengeringan. Namun, untuk keluarga yang memiliki anak kecil, terutama yang bajunya sering kotor, kami sarankan Anda untuk memilih jenis top loading yang unggul dalam hal membersihkan noda pakaian.

​2. Memilih berdasarkan jenis pintu mesin cuci

 Kamar Mandi by Burkhard Heß Interiordesign
Burkhard Heß Interiordesign

Bad mit Stauraum, hinter den Falttüren verschwindet die Waschmaschine und sonstiges

Burkhard Heß Interiordesign

Ada dua jenis: mesin cuci top-loading (pintu atas) dan mesin cuci front-loading (pintu depan). Jenis front-loading memiliki kelebihan diantaranya mengeringkan pakaian, hemat air, cucian tidak mudah kusut, dan tekstur pakaian setelah pencucian juga lebih rapi. Namun, jenis ini juga memiliki kekurangan, yaitu daya cucinya yang relatif lebih lemah dibandingkan dengan jenis top loading. Mesin cuci jenis ini mungkin kurang tuntas dalam menghilangkan kotoran membandel dan bau. Fungsi pengeringan pada mesin cuci top loading tidak sebagus jenis front loading, baju kusut akibat pengeringan juga akan terlihat lebih jelas. Jenis ini kurang cocok bagi Anda yang sibuk, karena waktu untuk menyetrika pakaian akan menjadi lebih lama jika dibandingkan dengan pakaian yang dicuci dengan mesin cuci front loading. Disamping itu, kelebihan mesin cuci top loading terletak pada kekuatan airnya dalam merontokkan noda, dan daya cucinya yang lebih baik. Selain itu,  jenis top loading merupakan mesin cuci merakyat karena dijual relatif terjangkau.

3. ​Biaya

SMALL NOT TO SMALL:  Dapur built in by Moire Living
Moire Living

SMALL NOT TO SMALL

Moire Living

Model top loading kelas atas dalam kisaran Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000 umumnya menawarkan tiga kombinasi kecepatan cuci / putaran: reguler,  permanen, dan halus. Mereka umumnya datang dengan interior porselen dan dispenser pemutih. Pembeli yang berhati-hati juga dapat menemukan model yang memungkinkan Anda menyesuaikan tombol ketinggian air sedikit demi sedikit sehingga Anda mendapatkan pencocokan lebih tepat untuk berbagai ukuran pemuatan. Jika estimasi harga antara Rp 5.000.000,- hingga Rp 8.000.000,- untuk model top-loading dan Anda mungkin akan mendapatkan bak plastik besar yang tidak akan berkarat, grip karet ergonomis yang dirancang pada kenop, dan dispenser pemutih atau pelembut kain. Beberapa unit dengan harga menengah mencakup lebih dari tiga siklus pencucian / putaran dan siklus bilasan ekstra, yang berguna bagi mereka yang sensitif terhadap deterjen. Model kelas tinggi, yang meliputi front dan top-loader, sering membanggakan kapasitas bak super plus, interior stainless-steel, dan kontrol elektronik yang mudah dibersihkan.

4. ​Faktor yang Perlu Dipertimbangkan

Evaluasilah kebutuhan cucian Anda dan berapa banyak cucian yang Anda cuci selama seminggu. Jika Anda memiliki keluarga besar, atau jika Anda merencanakan sebuah keluarga dalam waktu dekat, pertimbangkan pencuci pakaian ukuran plus yang dapat menangani beban besar. Jika Anda sering bepergian dan cenderung menyimpan mencuci, kapasitas bak besar mungkin paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dimensi interior yang lebih besar akan memberi Anda lebih banyak fleksibilitas. Jika Anda memakai banyak kain halus, pertimbangkan mesin dengan siklus khusus yang menirukan pencucian tangan. Jika Anda mencuci banyak barang berat, unit yang menawarkan putaran diperpanjang dan siklus bilas ekstra sangat bagus. Apakah Anda sering memiliki pakaian yang sangat kotor seperti seragam olahraga? Kemudian mesin yang menyediakan siklus pencucian ekstra panjang akan membuatnya bersih. 

Sebaliknya, jika Anda memiliki pakaian kotor ringan, mesin cuci dengan pilihan pencucian cepat mungkin yang terbaik untuk Anda. Apakah Anda membelinya untuk rumah yang akan Anda jual dalam beberapa tahun? Jika demikian, Anda mungkin tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk mesin cuci yang tidak akan Anda simpan lama. Atau ini akan menjadi unit yang Anda pasang di ruang yang direnovasi? Berapa banyak ruang yang Anda miliki? Mesin cuci biasanya memiliki lebar mulai dari 22 inci hingga 27 inci. Jika Anda membeli loader top dan menyeruduknya ke dinding, Anda tidak ingin tutup samping. Ini mungkin menabrak dinding setiap kali dibuka. Jika berada di ruang bawah tanah dan kurang cahaya, Anda mungkin menginginkan sinyal konsol atau siklus yang menyala. Jika berada di lemari penyimpanan dekat kamar tidur Anda, Anda mungkin menginginkan model operasi yang tenang.

5. Kapasitas Bak


Kebanyakan bak cuci berkisar dari 2,45 kaki kubik hingga 3,2 kaki kubik. Jangan mencoba untuk membandingkan terminologi industri untuk kapasitas bak. Produsen menggunakan berbagai istilah, seperti ekstra besar, kapasitas super, dan kapasitas super plus. Jika Anda cenderung menghemat cucian Anda atau memiliki keluarga besar, carilah mesin dengan label plus. Ini mungkin akan mencuci hingga 15 pon pada suatu waktu.

6. E​fisiensi energi

Pencuci pakaian yang memakai label “Energy Star” dari Departemen Energi Amerika Serikat memenuhi standar pemerintah untuk konsumsi energi yang rendah. Membeli mesin cuci berlabel Bintang Energi mungkin akan membuahkan hasil dua kali lipat. Sekitar 15 negara menawarkan potongan harga dari $ 50 hingga $ 300 kepada konsumen yang membeli mesin cuci dengan label ini. Fitur Jika Anda memiliki anak-anak yang bermain banyak olahraga, lihat model yang membanggakan pengaturan suhu, yang secara otomatis menyesuaikan campuran air panas dan dingin yang masuk sehingga dingin tidak pernah di bawah 15 derajat Celcius. Jika air Anda terlalu dingin, deterjen bubuk mungkin tidak larut sempurna dan noda yang keras dapat tetap ada. 

Inovasi lain termasuk: 

  1. Siklus pencucian yang ekstra panjang 
  2. Pembilasan dan perputaran ekstra 
  3. Pra-cuci dan rendam 
  4. Empat atau lebih level air 
  5. Siklus yang bisa dicuci dengan tangan dan ekstra halus ·    
  6. Siklus favorit 
  7. Kunci pengaman

7. ​Tombol Dial, Tombol Push & Tombol Sentuh

Tombol dial adalah cara paling sederhana untuk bekerja mesin cuci. Anda mengubahnya ke pengaturan mana pun yang Anda inginkan dan biasanya tarik keluar untuk memulai siklus. Tidak repot, tidak ada kerusakan elektronik. Tombol push sedikit lebih teknis tetapi dengan kesederhanaan yang sama. Kontrol tombol sentuh lebih ramping dirancang dan lebih mudah dibersihkan daripada dial dan tombol push, meskipun pembersihan peralatan laundry tidak besar. Manfaat nyata dari membeli kontrol tombol sentuh adalah memberi Anda umpan balik instan, dengan ikon, pembacaan suhu fluorescent, dan lampu siklus yang dapat dilihat dari seberang ruangan. 

Pengiriman & Instalasi Sebelum Anda membeli mesin cuci pakaian, pikirkan tentang bagaimana cara memasangnya. Apakah Anda ingin mesin cuci lama Anda disingkirkan? Jika Anda menata ulang atau membangun ruang cuci yang baru, apakah Anda membutuhkan air atau listrik yang disambungkan? Siapa yang akan menjadi pemilik rumah untuk menerima pengiriman mesin cuci Anda? Dan jika Anda berencana untuk memasang mesin cuci di ruang bawah tanah, pastikan Anda mengukur pintu masuk untuk memastikan unit dapat ditampung di rumah Anda.

Bagaimana, apakah tips-tips diatas bermanfaat? Selanjutnya, anda tinggal mengorganisir ruang cuci di rumah. Rumah anda relatif berdimensi kecil? Tak masalah! Kami juga punya berbagai ide untuk menyembunyikan mesin cuci di kamar mandi.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!