American modern residence:  Koridor dan lorong by Kottagaris interior design consultant

Cara Mudah Buat Ruangan Jadi Lebih Instagramable!

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Dalam menata interior rumah, tiap unsur dekoratif perlu diperhatikan secara detail. Pasalnya, tiap unsur itu akan memengaruhi keindahan ruangan. Di samping harus mampu menambah nilai estetika ruangan, unsur-unsur dekoratif yang dimasukkan juga harus sesuai dengan konsep desain yang ingin diwujudkan. Dengan mengikuti kaidah sederhana ini, ruangan Anda akan lebih nyaman, sekaligus tampak lebih cantik saat difoto, atau istilahnya instagramable.

Nah, lewat Buku Ide kali ini, Homify akan menyajikan tips dan trik menciptakan tampilan ruangan yang instagramable. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

Apa sih Definisi dari “Instagramable” Itu?

Di era social media seperti saat ini, Anda tentu sudah sering ya mendengar istilah “instagramable”? Namun, apa sih definisinya? 

Sebenarnya, “instagramable” adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu objek yang bagus untuk difoto dan dibagikan di media sosial instagram, lantaran mempunyai nilai estetika yang baik serta sedap dipandang. Istilah ini digunakan secara umum, baik untuk objek yang berupa makanan, pemandangan, ruangan, karya seni, dan sebagainya.  Pada dasarnya, dibutuhkan konsep penataan yang apik untuk menciptakan daya tarik dari sebuah objek. Sebab, konsep penataan yang apik membuat objek tampak lebih menarik, bahkan unik. Begitu pun untuk objek berupa ruangan. Apa pun konsep desainnya (entah itu desain pop minimalis, klasik, etnik, dan sebagainya), penataan yang apik akan membuatnya jadi lebih eye catching. Lantas, bagaimana triknya agar ruangan yang didesain bisa lebih instagramable?

​Trik Menciptakan Ruangan Instagramable

Oro Colato - Gelato and Bar:  Dinding by IDEO DESIGNWORK
IDEO DESIGNWORK

Oro Colato – Gelato and Bar

IDEO DESIGNWORK

Pada dasarnya, mendesain ruangan agar terlihat menarik ketika difoto tidak sulit kok. Yang penting, perhatikan beberapa tips – trik berikut dan coba terapkan pada ruangan Anda.

  • Perhatikan Harmoni Unsur-unsur Dekoratif di Dalam Ruangan

Tahukah Anda, apa kunci utama dari ruangan yang tampak eye catching? Jawabannya sederhana, yaitu komposisi yang harmonis dari tiap unsur dekoratif dalam ruangan.

Ya, menciptakan desain yang instagramable adalah tentang memadukan unsur pola dan tekstur dalam ruangan. Tekstur, pola, warna, dan bentuk yang dipadupadan dengan apik akan menghasilkan kesatuan estetika dengan nilai keindahan lebih. 

Contohnya, Anda bisa memadupadankan cermin elegan dengan lukisan pada dinding ruangan. Atau, bisa juga, pilih furnitur dengan desain elegan untuk ruangan yang bergaya minimalis. 

  • Lebih Memperhatikan Detail Warna

Apabila ada satu hal yang dapat menarik perhatian orang, maka itu adalah warna. Cobalah untuk berani bermain warna dalam menciptakan desain ruangan instagramable. Idealnya, Anda bisa menggunakan satu tema warna untuk diaplikasikan dalam sebuah ruangan, lalu padukan dengan furnitur yang paling nampak dominan.

Putih menjadi salah satu warna yang paling banyak difavoritkan untuk menciptakan kesan catchy pada ruangan. Alasannya sederhana, karena warna ini begitu elegan sekaligus mampu menonjolkan warna furnitur di dalam ruangan. Di samping putih, warna-warna pastel nan lembut seperti tosca atau hazelnut juga baik dipilih. Yang jelas, apa pun warna yang Anda pilih, pastikan warna itu mendukung konsep ruangan serta tampak manis saat berpadu dengan furnitur dan pernak-pernik yang Anda masukkan ke ruangan sebagai unsur dekoratif, ya.

  • Tetap Utamakan Kenyamanan

Kadang, kenyamanan menjadi sesuatu yang terlupakan saat kita terlalu asyik menata ruangan agar terlihat instagramable. Padahal, bagaimana pun, kenyamanan adalah salah satu unsur penting yang tak bisa diabaikan dalam penataan ruangan. Jadi, meski kini Anda fokus untuk membuat desain ruangan menjadi instagramable, ingat untuk tetap tidak mengorbankan segi kenyamanan ruangan saat ditempati, ya. 

Penting untuk diingat, ruangan yang nyaman saat ditempati juga berpengaruh terhadap hasil foto yang diambil, lho. Ruangan yang nyaman, secara otomatis, menciptakan atmosfer instagramable ketika dilihat dalam tangkapan kamera.

Kaidah Mendesain Ruangan yang Instagramable

Dempo Rumah Batik:  Ruang Keluarga by Jati and Teak
Jati and Teak

Dempo Rumah Batik

Jati and Teak

Sebenarnya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk dapat menciptakan ruangan yang instagramable. Cukup bermodal kreativitas saja, Anda bisa kok membuat ruangan jadi sedap dipandang, terutama dalam bingkai kamera. Berikut empat kaidah yang bisa jadi acuan untuk menciptakan konsep desain ruangan yang modern dan instagramable:

  1. Terapkan Konsep Fungsional
  2. Selain segi tampilan, dalam menata sebuah ruangan, Anda juga perlu mempertimbangkan segi fungsinya. Jadi, saat mendesain interior ruangan, pastikan Anda memerhatikan pula fungsi dari masing-masing ruangan. Mulai dari kamar tidur, ruang tamu hingga ruangan tempat bersantai keluarga. Masukkan furnitur ke dalam ruangan yang sesuai. Contohnya, untuk ruang tamu, Anda bisa meletakkan sofa dan meja. Di kamar tidur, Anda bisa memasukkan ranjang dan nakas (bedside table). Kemudian, Anda bisa melengkapi ruang bersantai dengan televisi dan karpet untuk duduk santai. Dengan menerapkan kaidah pertama ini, tampilan ruangan pun jadi terlihat efisien dan tak kelebihan perabot.
  3. Pastikan Ada Ruang Gerak yang Cukup Luas 
  4. Akan menyenangkan apabila di dalam ruangan terdapat ruang gerak yang lengang, sehingga Anda bisa leluasa beraktivitas. Hal ini bisa dicapai dengan meminimalisir jumlah barang di dalam ruangan. Selain itu, Anda juga bisa memilih perabot multifungsi untuk menghemat ruang sekaligus memudahkan menyimpan barang agar tidak tercecer berantakan.  Salah satu contohnya yakni satu set meja kursi. Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan kaca pada sisi depannya. Dengan begitu, meja itu bisa digunakan sebagai meja kerja sekaligus meja rias.
  5. Sentuhan Warna Terang dan Pencahayaan 
  6. Desain ruangan instagramable yang modern sering menerapkan konsep minimalis. Yakni semacam mendesain ruangan sempit sedemikian rupa agar nyaman sekaligus terlihat fotogenik. Di sinilah pentingnya menciptakan kesan cerah dan juga terang. Salah satu triknya yakni dengan memperbanyak jendela sebagai akses masuk sinar matahari di siang hari. Sementara, saat malam hari, Anda bisa memasang lampu gantung untuk penerangan. Bila mau, Anda pun bisa menambahkan aksen warna terang dari aksesoris minimalis yang diletakkan di dalam ruangan.
  7. Hiasan dalam Bentuk Aksesoris 
  8. Agar tercipta kesan instagramable, ruangan perlu dipercantik dengan beberapa aksesoris berupa hiasan seni. Misalnya, berupa lukisan atau mural di dinding maupun furnitur unik. Konsep yang simple ini akan memberikan look yang ciamik pada ruangan Anda.  Triknya, pilih satu atau dua sisi dinding di dalam ruangan. Pada dinding tersebut, Anda bisa menambahkan aksesoris seperti hiasan seni, maupun mural. Contohnya, bisa Anda gantungkan bingkai lukisan pop art, kutipan kata-kata bijak, atau juga stiker serta wallpaper yang memiliki motif abstrak. Jika anda menyukai ini, ini artikel kami yang mengulas cara mendesain interior pop art.

​Ide Aksesoris Ruangan untuk Konsep Desain Instagramable

Untuk mendesain ruangan yang instagramable, Berikut lima contoh aksesoris di dalam ruangan yang dapat Anda coba masukkan:

  • Sofa Berwarna Cerah

Jadilah lebih berani dengan memilih sofa berwarna cerah untuk diletakkan di dalam ruangan. Hindari warna-warna gelap nan pucat dan ganti dengan warna terang seperti merah, biru, toska, dan semacamnya. Supaya seimbang, masukkan pula furnitur lain yang berwarna netral di sekitarnya untuk menghindari kesan overleap.

  • Memberi Kursi Tambahan

Agar tampilan ruang makin sempurna, Anda boleh menaruh satu sofa atau kursi tambahan di dalam ruangan. Untuk memberikan kesan berbeda, pilihan desain seperti one-seater-sofa akan cocok ketika dipadukan dengan sofa utama di ruangan tersebut.  Kemudian, berilah hiasan bantal sofa yang unik untuk menambah kesan menarik. Bisa juga dengan menambahkan kain yang bermotif supaya tampilannya makin menyenangkan saat dilihat.

  • Meja yang Artistik

Meja terdapat hampir di setiap ruangan di dalam rumah. Mulai dari ruang tamu, kamar tidur, hingga ruang bersantai. Anda bisa memilih meja yang bentuknya senada dengan tema ruangan. Boleh juga meja yang sudah ada, dihias dengan menambahkan aksesori menarik lain, seperti vas bunga, tumpukan buku atau tanaman hijau, apapun seusai kesukaan Anda.

  • Rak Buku Unik

Rak buku dapat dimanfaatkan untuk menaruh berbagai macam ornamen dekorasi di ruangan Anda. Selain menjadi tempat ornamen, rak buku juga bisa difungsikan sebagai dinding partisi yang memisahkan ruangan yang satu dengan yang lain. 

Beberapa ornamen dekorasi yang menarik untuk dipajang di rak buku antara lain: vas, jam meja, dan ukiran. Banyak tempat instagramable di Jakarta seperti kafe dan restoran yang sudah menerapkan ide ini.

  • Sentuhan Aksen Metalik

Aksen metalik dapat menambah kesan glamor, sehingga mengeliminasi nuansa flat dan monoton. Anda bisa menambahkan aksen warna seperti gold, silver, atau rose gold. Cara menerapkannya bisa dengan meletakkan aneka ornamen dekorasi yang berwarna metalik di ruangan.  

Namun, mengingat ornamen metalik terkadang dibanderol dengan harga lebih dibandingkan ornamen dengan material atau warna lainnya, Anda bisa memanfaatkan barang lama dan memodifikasinya untuk berhemat. Cukup semprotkan cat metalik secara merata di seluruh permukaan benda yang diinginkan.

Nah, itulah beberapa cara dan tips untuk mendesain ruangan yang instagramable. Selain memperhatikan poin-poin dalam uraian di atas, yang tidak kalah penting adalah senantiasa menjaga kebersihan dan kerapian ruangan. Karena, dengan begitu, ruangan akan terlihat bersih, nyaman dan sedap dipandang. Sehingga, ketika tertangkap kamera, hasilnya akan terlihat apik untuk dibagikan di media sosial.

Bagaimana? Sudah siap menciptakan ruangan instagramable a la Anda sendiri di rumah? Beri tahu kami di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!