Dining Room HS House - Malang - Indonesia:  Ruang Makan by aksen architectural visualization

5 Tips Dekorasi Ulang Rumah Praktis Untuk Menyambut Lebaran

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Lebaran sebentar lagi. Menurut asal katanya, Lebaran terbentuk dari sebuah kata dari bahasa Jawa bar yang artinya selesai atau sudah berakhir. Lebaran digunakan untuk menyebut hari raya umat Islam, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Di bulan Ramadan, umat Islam berpuasa selama 30 hari berturut-turut dan Lebaran dirayakan setelahnya menandakan berakhirnya bulan Ramadan. Dengan berpuasa diharapkan manusia dapat memaknai tentang ujian hidup. Bukan hanya menerima rasa lapar dan haus, seorang Muslim juga harus menghadapi tantangan lain seperti dorongan hawa nafsu, rasa iri, curiga, dan berbagai penyakit hati lainnya. Setelah bulan Ramadan usai, manusia juga diharapkan dapat menjadi manusia baru yang lebih sabar dan ikhlas menjalani sisa umurnya. Sebagai manifestasi dari kelahiran kembali itu, umat Muslim di Indonesia cenderung mengungkapkannya dengan segala sesuatu yang serba baru. Baik pakaian, kendaraan pribadi, gadget, dan rumah. Maka tidak heran bila mal dan toko pakaian selalu diserbu pembeli menjelang Lebaran. Sedangkan untuk rumah, ini bukan berarti membeli rumah baru setiap tahun menjelang Lebaran. 

Ada cara lain yang lebih praktis, cepat, dan hemat biaya untuk memiliki rumah baru, yaitu dengan dekorasi ulang rumah. Ulasan berikut ini bisa menjadi pedoman untuk siapa saja yang ingin mendekorasi ulang rumah dalam waktu sesingkat mungkin, mengingat Lebaran sudah tinggal menghitung hari saja. Inilah selengkapnya. 

1. Pagar

Nakula House:  Rumah tinggal  by BAMA
BAMA

Nakula House

BAMA

Di hari raya Idul Fitri sanak saudara, rekan kerja, dan para tetangga biasa saling berkunjung untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. Oleh karena itu momen ini juga sering kali disalahartikan sebagai momen untuk unjuk gengsi. Padahal tidak ada yang mengharuskan rumah kita tampak wah di saat Lebaran. Mungkin hanya kekhawatiran akan kehilangan harga diri bila rumah terlihat kusam dan tidak menarik. Meski kedengarannya berlebihan, tapi ada benarnya juga. Kita semua ingin rumah terlihat tidak memalukan saat dikunjungi tamu bukan? Bila dekorasi ulang rumah memang sudah jadi tujuan, sebaiknya disesuaikan dengan ketersediaan dana. Jangan sampai gara-gara dekorasi ulang kita menjadi bangkrut di hari Lebaran. 

Mari mulai dari bagian paling depan dari rumah kita, yaitu pagar. Perhatikan apakah cat pagar sudah tampak kusam atau mulai mengelupas. Kita bisa memilih beragam jenis cat logam di pasaran yang harganya berkisar antara Rp 38 ribu sampai Rp 900 ribuan per kaleng dalam kemasan 1 liter, 1 kg, 20 liter, dan 20 kg. Cat logam dengan kemampuan tahan cuaca biasanya lebih mahal dari cat jenis lainnya. Agar hasil lebih sempurna, berikut adalah tips mengecat ulang pagar:

1. Kikis cat lama menggunakan kape 
2. Agar sisa cat lama lebih bersih, gunakan ampelas untuk membersihkannya 
3. Lapisi pagar dengan cat dasar yang tahan alkali. Campurkan sedikit tiner agar cat dasar tidak terlalu encer.
4. Setelah cat dasar kering, cat ulang pagar menggunakan cat dengan warna yang diinginkan. 

Untuk menghemat bujet, pastikan bahwa anda memiliki informasi cara menghitung biaya mengecat rumah yang akurat.

2. Taman

Setelah melewati pagar, tamu akan melintasi halaman atau taman sebelum sampai di pintu depan rumah kita. Inilah alasan mengapa taman juga perlu didekorasi ulang. Lagipula, taman yang asri dan hijau pasti menyenangkan sebagai tempat berkumpul semua anggota keluarga kapan saja. Inilah yang perlu dilakukan untuk mengembalikan kecantikan taman rumah kita: 

1. Potong dahan dan ranting tanaman yang sudah kering atau terlalu panjang
2. Bersihkan tanah di sela-sela tanaman dari gulma
3. Ada beberapa tanaman hias yang berkembang biak dengan cara tumbuh menyamping. Bila kehadiran anak-anak tanaman ini membuat tampilan taman terlalu penuh, silakan dibuang dengan cara memotong akar yang terhubung dengan induknya. 
4. Potong halaman berumput dan bersihkan dari gulma 
5. Hiasi taman dengan batu alam 
6. Ganti media tanam (tanah) tanaman dalam pot dan bersihkan daunnya menggunakan lap basah
7. Gunakan pot bunga dari bahan dan jenis yang sama, atau bisa juga cat ulang bila pot terbuat dari tanah liat atau beton.   

3. Ruang keluarga atau ruang tamu

Hari Lebaran atau hari besar apa pun adalah momen sempurna untuk kembali berkumpul bersama sanak saudara yang selama ini terpisah karena kesibukan masing-masing atau tinggal di kota lain. Di rumah, acara yang paling ditunggu-tunggu ini pastinya dilakukan di ruang keluarga atau ruang tamu atau bisa juga keduanya. Jadi tidak berlebihan kan kalau misi dekorasi ulang rumah dipusatkan di ruangan ini. Mengingat dekorasi ulang rumah tidak sama dengan renovasi rumah, maka langkah-langkah yang perlu dilakukan juga lebih sederhana. Beberapa tips dari kami adalah: 

1. Mengecat ulang dinding adalah cara dekorasi ulang rumah yang paling cepat dan hemat biaya. Sesuaikan warna baru dinding dengan furnitur atau warna dominan di ruang keluarga. Bila ingin aman, cat ulang dinding rumah dengan warna putih saja. 
2. Ciptakan titik pusat perhatian di ruangan ini, bisa dinding, meja kopi, atau obyek lainnya
3. Hiasi dinding dengan cermin berbingkai, gambar berbingkai atau foto-foto keluarga. Perhatikan komposisi saat menata gambar atau foto berbingkai di dinding. Warna foto atau gambar sebaiknya kontras agar bisa mencuri perhatian. 
4. Hiasi dinding dengan rak dinding tempel, lalu tata pernak-pernik atau tanaman hias dalam pot kecil di atasnya
5. Sofa lama memang akan tampak menarik kalau diganti dengan kain pelapis sofa yang baru. Masalahnya, biaya cukup banyak dan proses pengerjaannya cukup memakan waktu. Solusinya, bersihkan atau cuci kain pelapis sofa. Hiasi sofa dengan bantal kursi bermotif, atau kalau sofa sudah bermotif maka bantal kursi sebaiknya polos 
6. Sofa berlubang? Jangan panik. Tutup dudukan sofa dengan kain bermotif atau polos, sesuaikan dengan warna dinding atau warna karpet di bawah sofa 
7. Bersihkan jendela dan pintu kaca

4. Ruang makan

Dining Room HS House - Malang - Indonesia:  Ruang Makan by aksen architectural visualization
aksen architectural visualization

Dining Room HS House – Malang – Indonesia

aksen architectural visualization

Selain ruang tamu dan ruang keluarga, ruangan yang satu ini juga perlu mendapat perhatian ekstra. Apalagi kalau kita berencana mengadakan acara makan bersama. Acara kumpul bareng keluarga kurang seru rasanya kalau tidak ada makan bersama bukan? Lalu, apa saja yang harus kita lakukan untuk menciptakan kesan nyaman dan hangat buat seluruh tamu kita? Berikut tipsnya: 

1. Bila meja makan terbuat dari kayu dan sudah tampak usang, segera lakukan furnish ulang. Lakukan hal yang sama untuk kursi makan yang terbuat dari kayu 
2. Bersihkan kap lampu di atas meja makan menggunakan lap basah. Suasana berbeda bisa juga diciptakan dengan mengganti bola lampu dengan warna lain, atau tempatkan lampu duduk di sudut ruangan. Ingin lebih meriah lagi? Pasang lampu warna-warni yang lazim dipakai untuk pohon Natal di sepanjang jendela atau dinding ruang makan 
3. Agar lebih menarik bisa juga ditambahkan tanaman hias yang kurang suka panas matahari 
4. Bila jumlah kursi makan tak sebanding dengan jumlah tamu, geser meja makan ke sudut atau tengah ruangan. Lalu tata kursi makan memanjang di sudut lain ruangan. 

5. Kamar tidur

Para tamu memang tidak akan masuk ke area pribadi si tuan rumah, kecuali kita mengijinkan mereka masuk. Tapi ada kalanya kerabat dari kota lain datang berkunjung dan menginap di rumah kita. Selain itu, kamar tidur dengan wajah baru akan memberikan rasa bahagia bagi pemiliknya. Kepenatan akibat pekerjaan akan terobati oleh suasana kamar tidur yang nyaman dan damai. Oleh karena itu, dekorasi ulang rumah sebaiknya juga merambah kamar tidur. Berikut beberapa saran dari kami: 

1. Selain mengecat ulang dinding kamar, aksen dinding juga bisa diterapkan. Dengan cara ini kamar tidur akan terlihat baru secara mudah dan cepat. Kita bisa mengecat salah satu dinding kamar dengan warna terang menyala, atau cukup menghiasinya dengan kertas dinding atau stiker dinding 
2. Ganti seprei dan berkreasilah dengan kombinasi polos-motif atau sebaliknya 
3. Bila kamar tidur tidak luas, geser tempat tidur agar menempel ke dinding 
4. Minimalkan benda-benda di kamar tidur. Masukkan semua benda yang tidak terlalu sering dipakai ke dalam laci atau tempat penyimpanan. 
5. Gantungkan gambar bernuansa menyejukkan, misalnya gambar pemandangan pegunungan atau foto keluarga. 

Adakah tips dekorasi ulang rumah yang menurut Anda perlu ditambahkan? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!