Ruang Tamu:  Ruang Keluarga by Tata Griya Nusantara

5 Tips Mempersiapkan Rumah Untuk Hari Raya Idul Fitri

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Wah, dalam hitungan hari, tidak terasa sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Itu tandanya, sudah saatnya untuk mempersiapkan rumah Anda untuk Hari Lebaran. Pada hari yang sangat menyenangkan ini, keluarga dan teman-teman akan mengunjungi kita. Maka dari itu sangatlah penting untuk membuat mereka nyaman dengan suasana dan dekorasi rumah kita. Jika Anda bingung bagaimana mempersiapkan rumah Anda, cek dulu 5 tips di bawah ini.

1. Membersihkan dan Merapikan Semua Ruangan

Sebelum menaruh hiasan baru atau mengatur ulang perabotan, luangkan waktu untuk membuat daftar apa saja yang perlu dibersihkan, dibetulkan dan dirapikan. Contohnya seperti menulis: mengganti warna cat dinding, mencuci karpet, hingga membersihkan debu di langit-langit rumah. Jika Anda sudah memiliki daftar, Anda pun dapat mengorganisir rumah dengan baik dan tidak akan ada yang terlupa. Dan bahkan lebih seru lagi jika acara bersih-bersihnya dilakukan gotong royong bersama keluarga, loh.

2. Pilih Tema dan Gaya

Pilih gaya atau tema yang Anda suka, lalu terapkan menjadi dekorasi spesial di Hari Raya Idul Fitri. Anda bisa memilih tema warna yang berbeda di tiap ruangan, agar suasana menjadi lebih segar dan hidup. Misalnya, memakai aksesn warna cerah pada bantal sofa dan taplak di ruang keluarga. Kemudian untuk area teras Anda bisa mendandaninya dengan tema floral, yang diwakilkan pada sarung bantal bunga-bunga dan juga beberapa bunga cantik menghiasi meja.

3. Percantik Dengan Dekorasi Meja

Agar acara Lebaran semakin meriah, Anda bisa membuat beda penampilan meja makan Anda dengan dekorasi yang cantik. Secara spot ini menjadi tempat yang paling ramai didatangi tamu untuk menikmati sajian lebaran, alangkah menariknya jika Anda mendadaninya dengan penampilan yang stylish. Seperti dihiasi dengan piring beserta tatakannya yang menarik, taruh beberapa pajangan diatasnya, pakai taplak meja bermotif, meletakkan vas bunga dan juga lilin, pasti tamu Anda akan memuji betapa cantiknya tampilan meja makan Anda.

4. Tampilkan Dapur Yang Bersih dan Indah

Makanan memainkan peran penting pada Hari Raya Lebaran. Dan disinilah tempat Anda memasak dan menyiapkan hidangan untuk keluarga dan tamu yang berkunjung. Sudah tentu dong jika area dapur akan sangat berantakan dan kotor. Namun jika Anda abaikan untuk tidak membersihkannya, pasti penampilan rumah Anda akan kurang sedap dipandang, apalagi rasanya akan malu sekali jika ada tamu yang masuk ke dalam dapur. Nah, saran dari kami walaupun badan Anda sudah lelah, tetap bersihkan dapur Anda di malam hari, dan beri diri Anda waktu untuk membersihkan dapur pada menit terakhir sebelum para tamu tiba.

5. Kumpulkan Referensi Dekorasi

Berbagai sajian yang terhidang akan tampak sangat lezat dan menggugah selera, dengan dekorasi meja makan yang begitu cantik dan tampilan warna yang kontras. Jadi, mulai sekarang persiapkan dan kumpulkan referensi dekorasi ruangan dan meja yang Anda suka. Kami jamin dengan mendandaninya, perayaan Hari Raya Anda akan berkesan, tamu-tamu Anda pun akan memuji hunian Anda yang begitu nyaman dan indah :)

Baca Juga:

9 Trik Dekorasi Rumah yang Murah Meriah
Ide Dekorasi Rumah Modern Bergaya Skandinavia

14 Ruang Tamu dengan Dekorasi Spektakuler

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!