Koridor dan lorong by 禾光室內裝修設計 ─ Her Guang Design

10 Variasi Sekat Ruang untuk Memberi Kesan Luas pada Rumah Sempit

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Meski konsep Open Plan sudah cukup awam diterapkan pada desain rumah di Indonesia saat ini, ada kalanya kita tetap menginginkan perasaan tertutup pada saat tertentu. Namun keingininan ini dapat menjadi sebuah dilemma yang sulit, ketika ruang yang ada sudah sempit. Bagaimana mungkin kita dapat membagi sebuah ruang yang sudah kecil dan sempit tanpa menjadikannya lebih kecil dan lebih sempit lagi? Meski terdengar mustahil, kami, professional Homify ingin membagikan berita baik untuk Anda bahwa keinginan Anda dapat terkabulkan dengan beberapa trik khusus. Ingin tahu apa saja trik yang dapat Anda gunakan untuk memciptakan efek ajaib ini? Yuk langsung kita simak bersama- sama ulasan lengkap di bawah ini.

​1. Efek Cermin Ajaib

Guest Bedroom - Apartment Sudirman Area:  Kamar Tidur by Vaastu Arsitektur Studio
Vaastu Arsitektur Studio

Guest Bedroom – Apartment Sudirman Area

Vaastu Arsitektur Studio

Apa yang kita ketahui pada umumnya adalah ketika kita menempatkan sebuah dinding diantara dua ruang, ruang yang ada menjadi terbagi secara natural. Namun yang sering tidak kita sadari adalah efek ruang yang tercipta melalui penempatan dinding sebagai sekat ruang sangat tergantung dari material dinding pemisah yang kita gunakan. Salah satu contoh material yang dapat memberikan efek ajaib adalah Cermin. Ketika kita mengunakan material ini sebagai sekat ruang, refleksi ruang yang tercipta dapat memperluas ruang secara visual.

​2. Tirai Pemisah yang Lembut

Salah satu karakter sekat ruang yang umum kita ketahui adalah keras bersifat membagi. Pernahkah terpikir oleh Anda untuk menggunakan material pemisah yang lembut dan fleksibel? Salah satu proyek rumah dari arsitek pilihan kami, membuktikan bahwa Tirai sederhana dari kain dapat menjadi alternatif sekat pemisah ruang yang efektif.

​3. Pintu Geser Transparan

Ada kalanya kita ingin memisahkan ruang yang satu dari lainnya bukan karena alasan visual, tetapi lebih karena alasan audio atau suara.  Untuk situasi ini, professional kami menyarankan agar menggunakan material Kaca sebagai sekat ruang. Salah satu contoh aplikasi material ini dapat berupa pintu geser yang dapat memberikan koneksi visual, kekedapan suara pada saat bersamaan serta flesksibilitas dari sisi akses ruang.

​4. Sekat Material Transparan

Pada situasi dimana kekedapan suara bukanlah sebuah isu, material kaca juga masi dapat digunakan sebagai sekat. Dari proyek salah satu professional kami, INTERIORES, kita dapat belajar bahwa terkadang sekat ruang tidaklah selalu harus sebuah bidang dinding yang besar. Sepotong dinding kaca yang tidak begitu besar di antara dua ruang juga dapat memberikan kesan pemisahan ruang.

​5. Tranparan dengan Motif

Ketika kita membutuhkan pemisahan visual yang lebih, penggunaan material kaca juga dapat dikembangkan lebih lanjut dengan penambahan motif. Dengan adanya motif tambahan, level transparansi dari kaca juga menjadi berkurang, namun di sisi lain meningkatkan level privasi pada masing-masing ruang yang berdampingan.

​6. Kaca Susu untuk Privasi Maksimal

Untuk ruang tertentu seperti ruang tidur, terkadang kita memerlukan privasi total. Pada kondisi ini, kami menyarankan penggunaan material kaca translucent atau kaca susu yang dapat memastikan privasi Anda secara utuh. Aplikasi material ini dapat digabungkan dengan fungsi pintu geser yang memberikan fleksibilitas dari segi penggunaan ruang. Pintu dapat ditutup hanya pada saat malam saja, di saat lain Anda dapat membiarkannya terbuka dan memberikan kesempatan pada ruang di rumah Anda untuk mengalir dengan leluasa.

​7. Alternatif Material Transparan

Industrial London inspired apartment:  Kamar Tidur by SATTVA square
SATTVA square

Industrial London inspired apartment

SATTVA square

Selain kaca, kawat Ayam juga dapat menjadi alternatif pilihan material yang dapat Anda gunakan sebagai pemisah ruang. Sama seperti kaca, material kawat yang berlubang besar di satu sisi memberikan akses visual antar ruang, namun juga tetap memberikan kesan batas antara dua ruang. Namun berbeda dengan kaca yang merupakan material yang cukup mahal, material kawat ayam cukup terjangkau dari segi harga. Gaya ruang industrial juga merupakan salah satu kelebihan yang dapat Anda capai dari penggunaan material ini.

​8. Sekat Setengah Dinding

Salah satu paragdima umum yang kita miliki mengenai sekat ruang adalah ketinggian bidang dinding yang selalu harus membentang dari lantai ke langit-langit. Pada kenyataannya tidaklah selalu harus begitu. Kita dapat meniru salah satu contoh sekat dinding pada proyek di Taiwan ini. 

Dinding yang berfungsi sebagai sekat ruang didesain dengan tidak begitu tinggi, namun cukup untuk menghadang koneksi visual ruang makan dan ruang tamu ketika penghuni rumah duduk pada kedua ruang. Suatu solusi desain yang sangat cerdas bukan?

​9. Sekat Ruang cum Lemari

Paradigma lain mengenai sekat dinding yang perlu kita kaji kembali adalah sekat ruang yang akan selalu berupa dinding. Tentu saja hal tersebut tidak benar. Karena dari proyek yang terletak di Jakarta ini, kita dapat mengetahui bahwa sekat ruang tidak hanya berupa dinding tetapi juga dapat berupa rak lemari yang fungsional.

​10. Sekat Ruang yang Dapat Hilang dari Pandangan Anda

Sekat ruang juga tidaklah selalu sesuatu yang statis, seperti yang selalu kita bayangkan pada umumnya. Kombinasi fungsi pintu geser yang dipadu dengan kedalaman ruang yang cukup dapat menciptakan sebuah sekat ajaib yang dapat muncul pada saat dibutuhkan, serta menghilang pada saat tidak diperlukan. Solusi desain yang sungguh pintar!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!