Headboard:   by INTERIORES - Interior Consultant & Build

Panduan Memilih Gorden Minimalis untuk Rumah Anda

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Hampir di semua rumah kita menemukan gorden dengan beragam macam corak, bentuk, dan rupa. Begitu juga ukuran mulai dari yang kecil, sedang hingga besar. Ya, gorden bukan hanya sebagai penghias rumah semata, tapi memiliki fungsi signifikan, mulai dari melindungi rumah dari cahaya yang masuk melalui jendela sampai dengan fungsi estetika.

Gorden atau biasa disebut tirai awalnya diciptakan dengan sangat simple dan sederhana. Dibuat dari bahan atau kain polos kemudian ditaruh di depan jendela atau kaca untuk menutupi setengah bagiannya agar terlindung dari cahaya matahari yang masuk. Namun tidak sampai menutup keseluruhan, gorden bisa difungsikan secara fleksibel sehingga kebutuhan cahaya dari luar masih bisa Anda atur.

Fungsi Gorden

Dining Room:  Ruang Makan by AIRE INTERIOR
AIRE INTERIOR

Dining Room

AIRE INTERIOR

Seiring Perkembangan zaman, gorden memiliki banyak jenis dan tipe yang dapat diselaraskan dengan desain rumah Anda. Bukan hanya gorden yang terbuat dari kain, di Indonesia ada yang termasuk kategori tirai/gorden namun terbuat dari kayu yakni blinds atau dikenal dengan nama kerai (baca: kray). Bentuk kerai pun sangat up to date mulai klasik sampai dengan modern. Untuk mengetahui lebih jauh, berikut fungsi sekaligus manfaat gorden:

1.     Penutup Jendela 

Rumah yang kita huni memiliki bermacam elemen mulai dari pintu, jendela dan ventilasi udara dengan fungsi yang masing berbeda. Jendela umumnya dibuat tak hanya sebagai sirkulasi utama udara namun juga pengatur cahaya yang masuk, dan sekaligus memudahkan kita melihat pemandangan diluar. Pemandangan luar rumah akan nampak indah kala dinikmati pada pagi hingga sore hari, malamnya kita membutuhkan privasi. Saat itulah gorden berfungsi efektif untuk menutup jendela dan memberikan kenyamanan perlindungan. Ruangan yang dilengkapi gorden akan terasa hangat dan nyaman. 

2.     Pengatur Kualitas dan Kuantitas Cahaya 

Saat melakukan aktivitas di rumah maupun di kantor, kita membutuhkan pencahayaan dalam ruangan. Disinilah gorden berfungsi untuk mengatur kualitas dan kuantitas cahaya yang masuk. Anda hanya perlu mengontrolnya cukup dengan membuka atau menutup tirai. Sebagai contoh, untuk tirai berbahan dasar kain Anda bisa memilih yang berbahan tipis dan transparan sehingga cahaya dapat masuk ke dalam ruangan dengan sempurna namun juga tidak terlalu penuh. Bisanya gorden jenis ini digunakan sebagai pelapis dari gorden utama yang berbahan lebih tebal dan menutup sempurna. 

3.     Menjaga Privasi 

Gorden yang tertutup akan membantu menjaga privasi Anda dari dunia luar. Menikmati pemandangan dunia luar melalui jendela tentu akan menyenangkan, namun tidak sebaliknya saat semua mata dari luar tertuju kepada Anda. Bukan hanya tidak nyaman, namun juga beresiko memicu kejahatan dan keselamatan. Saat gorden tertutup, Anda tidak perlu lagi merasa was-was atau kuatir. 

4.     Sebagai Pembatas 

Gorden juga dapat berfungsi sebagai pembatas ruangan manakala tidak ada pintu atau sekat/partisi antar ruangan. Semisal gorden dipasang sebagai pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga. Disamping memberikan kesan luas gorden juga membantu Anda memberikan privasi meski berada di ruang sebelah. Meski tak seperti pintu atau partisi dalam hal kenyamanan karena anak-anak dapat dengan mudah masuk dan berlalu lalang, namun fungsi pembatas ini masih banyak digunakan di sebagian besar rumah-rumah di Indonesia khususnya rumah-rumah sederhana/minimalis di daerah pinggiran kota/desa. 

5.     Estetika/Dekoratif 

Seiring perkembangannya, Fungsi gorden semakin berkembang bukan hanya sebagai kebutuhan untuk melindungi dari cahaya luar, namun juga mempengaruhi estetika ruangan. Sadar atau tidak, corak dan motif goden yang lebar akan mempengaruhi mood Anda yang berada di dalam ruangan hampir setap hari. Pemilihan warna dan corak yang sesuai dengan interior ruangan akan membangun mood yang baik. Namun sebaliknya bila Anda salah memilih warna, corak, dan bentuk gorden yang sesuai dengan desain rumah, ini akan turut mempengaruhi mood Anda. Semisal Anda membeli gorden berbahan tebal dan berwarna pekat semacam beludru, bukan hanya nampak gelap dan pengap, namun juga rentan menjadi sarang serangga bila tidak dibersihkan secara berkala. Bahkan kadang bahan yang terlalu tebal justru membuat luas ruangan tersita. 

6.     Memberikan keamanan dan kenyamanan 

Seperti diulas sebelumnya, gorden membantu memberi keamanan dan kenyamanan kepada Anda. Salah satu unsur yang dapat mempengaruhi kenyamanan adalah warna dan corak yang tepat. Pemilihan warna yang tidak sesuai hanya akan membuat mood Anda jelek. Semisal warna oranye diyakini mampu memberikan efek pembangkit semangat dan menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan. Biru muda mampu mencipta efek yang menenangkan dan sejuk. Sedangkan warna putih transparan menjadi warna umum yang dipakai sebagai pelapis gorden bagian dalam. Demikian halnya dengan motif dan corak. Motif bunga diyakini mampu mencipta efek lembut dan feminism, sedangkan motif garis bersifat tegas dan cenderung maskulin. Motif dan corak biasanya diselaraskan dengan ruangan dimana gorden dipasang. Contohnya kamar Anak, gorden yang diplih akan berwarna cerah dengan motif-motif ceria seperti boneka atau bunga, sementara untuk ruang keluarga atau ruang tamu akan lebih cocok diaplikasikan gorden dengan motif netral seperti garis halus atau dedaunan yang tidak terlalu ramai dan mencolok.

Trik Memilih Gorden minimalis

Untuk mendapatkan gorden yang sesuai ekspetasi, Anda harus pintar memadupadankannya dengan desain rumah. Beberapa tips berikut dapat menjadi panduan sebelum Anda membeli atau memesan gorden kepada sang ahli.

1.     Menentukan Warna dan Motif

Bila bingung menentukan warna dan motif, Anda bisa memilih warna-warna netral semisal putih sebagai gorden pelapis bagian dalam (vitras), kemudian memilih warna dan motif yang selaras dengan tema warna ruangan. Bila sedikit berani, cobalah bermain dengan warna gradasi yang tentu akan menghadirkan suasana lain dari biasanya. Anda bisa memulainya dengan bermain di warna-warna gradasi lembut. Dijamin rumah Anda akan berubah unik dalam sekejap.

Untuk ruangan yang penuh dengan perabot dan banyak corak semisal guci atau lukisan penuh warna, akan lebih cocok menggunakan gorden bermotif polos agar ruangan nampak tidak terlalu ramai. Sebaliknya bila ruangan terkesan monoton dan datar, Anda bisa menggunakan gorden bermotif bunga atau garis pada jendela/kaca rumah. Kedua motif ini biasanya paling netral dan menjadi favorit hingga kini. Atau agar nampak lebih Indonesia, motif batik juga cocok untuk diaplikasikan.

2.     Menentukan bahan

Ada banyak ragam dan jenis bahan gorden mulai dari sutera, katun dan bahan lainnya yang bisa Anda pilih sesuai selera. Untuk pelapis gorden bagian dalam biasanya menggunakan kain berbahan dasar tipis dan transparan. Atau jenis kain linen dengan tekstur yang sangat khas.

Jenis kain yang mampu menahan sinar matahari agar tidak masuk ke dalam rumah adalah adalah bahan jenis blackout yang mampu menahan sinar matahari sekitar 80-90%. Sementara untuk kesan mewah, Anda bisa menggunakan kain jenis beludru. Hanya saja jenis kain ini rentan ditempeli debu dan serangga seperti laba-laba bila tidak dibersihkan secara berkala. Selain itu ketebalan beludru perlu diperhatikan. Beludru yang terlalu tebal justru akan menjadikan ruang terasa pengap.

3.     Menentukan ukuran kain

Kembali kepada fungsinya untuk melindungi dari sengatan sinar matahari yang masuk, maka sebaiknya kain gorden menutup sempurna seluruh jendela, dan jangan biarkan terbengkalai atau menggantung tidak sempurna.

Ada beberapa cara menggantung gorden yang perlu diketahui yang dapat disesuaikan dengan gaya rumah Anda. Apakah itu bersentuhan dengan lantai, menjuntai, atau hingga tergeletak di lantai yang membutuhkan ekstra kain lebih panjang. Untuk jenis rumah minimalis disarankan memasang gorden dengan ukuran sedikit bersentuhan dengan lantai.

Ukurlah tinggi dan panjang kain yang dibutuhkan dengan tepat untuk menghindari kesalahan kelebihan atau kekurangan bahan. Begitu juga saat anda memutuskan untuk menggunakan kerai dan atau blis pastikan ukurannya tidak terlalu panjang atau lebar.

Teknis Memasang Gorden

Mezzanine:  Lantai by Likha Interior

Memasang gorden adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Bila dilihat sekilas terlihat sangat mudah, namun sebenarnya memerlukan ketelitian agar tidak salah. Berikut teknis untuk memasang gorden.

Sebelum memasang tiang atas penyangga gorden di dinding, Anda perlu memperhatikan beberapa petunjuk berikut. Pertama, untuk meciptakan efek ruangan yang besar, jangan memasang tiang penyangga terlalu dekat dengan jendela. Beri jarak sekitar 20-30 cm. Setelah tiang terpasang, ukurlah dengan tepat panjang gorden yang akan dipasang berdasarkan style gorden. Ukurlah mulai dari tiang gorden tersebut.

Selanjutnya pastikan panjang tiang atas gorden lebih lebar dari ukuran jendela. Ini dimaksudkan ketika kain gorden dibuka, jendela dapat terlihat dengan jelas, tidak terhalang kain gorden yang menumpuk di ujung jendela.

Demikian halnya dengan lebar gorden yang juga harus lebih besar dari jendela. Lebar kain haruslah dibuat lebih lebar kira-kira 2x lipat  dari lebar tiang gorden agar kain membentuk pola berombak.

​Harga Gorden Rumah Minimalis

Apart Sky Garden Setiabud:  Ruang Keluarga by Dekapolis Design
Dekapolis Design

Apart Sky Garden Setiabud

Dekapolis Design

Variasi harga gorden sangat beragam, mulai dari yang paling murah hingga mahal. Semua kembali pada corak dan motif yang Anda pilih. Harga gorden minimalis murah bisa Anda dapatkan hanya dengan merogoh kocek sekitar 50 ribuan per meter. Namun jika ingin gorden kualitas terbaik dengan bahan bagus, maka bersiaplah merogoh kocek cukup dalam, sekitar 500 ribuan sampai 1 juta rupiah per meter.

Gorden minimalis seperti apa yang Anda pilih? Jika anda sangat mengutamakan privasi ketimbang style, ke-15 kerai ini mungkin dapat menjadi alternatif untuk anda.

Kolam Minimalis:  Gedung perkantoran by tamano
tamano

Kolam Minimalis

tamano
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!