Teras by DIE BALKONGESTALTER

14 Tips Desain Balkon Rumah Sederhana

Marda Faqruradi Marda Faqruradi
Loading admin actions …

Balkon adalah salah satu ruang terbuka di mana Anda bisa mendapatkan udara segar & juga pemandangan lingkungan luar yang indah. Ini adalah ruang di rumah di mana Anda dapat merasakan sejuk atau hangat tetapi merasakan angin segar dari luar sementara masih berada di dalam rumah. Ini adalah area di rumah di mana Anda dapat merasakan angin segar yang sejuk atau hangat di dalam rumah Anda. Karenanya desain balkon yang baik dapat membuat Anda merasa santai & tentram.

Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda merancang balkon sederhana untuk rumah Anda:

01. Iklim 

Balkon melayani tujuan yang berbeda dalam iklim dingin seperti Eropa, Amerika, Kanada atau iklim yang hangat dan lembab seperti India. Jadi desain, ukuran dan fungsinya akan bervariasi tergantung pada iklim. Dalam iklim panas, balkon melindungi ruangan dari pemanasan. Ini akan membuat ruangan tetap sejuk. Itu juga akan sangat tergantung pada arah mana yang menghadapinya. Balkon di timur akan menyenangkan di pagi hari selama musim dingin. Demikian pula balkon di barat atau selatan di musim panas tidak akan nyaman sampai larut malam. Itu juga harus memiliki perlindungan yang cukup dari air hujan selama hujan atau hujan. Balkon juga harus memiliki ketentuan untuk drainase air hujan dalam bentuk pancaran atau mengalir turun ke pipa jika air hujan akan masuk ke dalam ruangan.  

02. Tipe Rumah & Kamar  

Balkon adalah tempat yang sempurna di mana Anda dapat menghabiskan musim panggang teh atau kopi dengan teman-teman & keluarga dan menikmati malam musim panas di luar ruangan. Jika Anda tidak memiliki kebun di rumah Anda, Anda dapat menyiapkan tempat peristirahatan yang nyaman di balkon Anda sebagai ruang terbuka dengan pengaturan furnitur luar ruangan tergantung pada ukuran balkon Anda. Sekali lagi sifat desain balkon akan bervariasi dari jenis rumah yaitu di dalam vila atau bungalow atau di dalam apartemen kecil atau flat bertingkat banyak atau di rumah baris atau sebuah kondonium? Objek dan penggunaannya juga akan bergantung pada jenis ruangan yang dilampirkan itu yaitu ruangan dengan balkon seperti ruang tamu, kamar tidur, atau ruang makan? 

03. Lihatlah Ruang Anda

Pertama-tama, lihat bahwa rumah Anda memiliki cukup ruang untuk balkon. Meskipun tidak membutuhkan ruang yang besar, itu harus memadai. Itu tergantung pada Anda dan bagaimana Anda ingin balkon Anda dijadikan. Pastikan saja itu terlihat proporsional dengan rumah, dan seharusnya tidak terlihat jelek juga. Anda tidak bisa menempatkan balkon di sembarang tempat 

04. Buat Perencanaan Yang Baik 

Pertama, miliki visi tentang bagaimana Anda menginginkan balkon Anda, dan rencanakan dengan sangat hati-hati. Lihatlah ke ruang yang Anda miliki dan kemudian putuskan apa yang ingin Anda lakukan di ruang tersebut. Mungkin beberapa tempat untuk tempat duduk & tanaman dapat dipertimbangkan. Pertimbangkan ruang Anda secara keseluruhan dan ketahui elemen apa yang dapat ditempatkan di sana. Ketika balkon dirancang di sepanjang lebar ruangan, sebagian besar balkon memiliki lebar 10 hingga 12 inci dengan kedalaman umumnya 4 inci. Meskipun ukuran ini 40 m2 bukanlah bentuk yang ideal untuk duduk. Alih-alih persegi dengan 6 inci hingga 7 inci akan menjadi bentuk yang ideal & cocok untuk perabotan luar ruangan yang nyaman & barang-barang dekorasi lainnya untuk ditampilkan. Dapat menampung empat kursi atau bahkan ayunan kecil.

05. Penggunaan

Anda perlu menentukan penggunaan balkon Anda; penggunaannya akan memberi tahu Anda apa yang seharusnya Anda letakkan di balkon Anda. Jika Anda berpikir untuk menggunakannya selama kesenangan malam hari, maka itu akan berbeda dari penggunaan untuk beristirahat & relaksasi di siang hari. Banyak orang ingin memiliki Swing (Zula) dalam desain balkon baik untuk membaca buku santai atau tenang atau mendengarkan musik atau bahkan meditasi ketika memiliki kamar dengan balkon. Namun kisah tragisnya adalah bahwa di negara-negara India dan Asia, meskipun desain balkon dimaksudkan untuk bersantai, sebagian besar digunakan untuk mengeringkan pakaian, melihat prosesi sisi jalan atau bahkan sebagai toko. Ketika disediakan dengan makan atau dapur itu sebagian besar digunakan sebagai tempat mencuci di gedung apartemen atau flat. Balkon persegi akan lebih fungsional daripada persegi panjang. Jika ukurannya cukup besar, Anda bahkan dapat melakukan meditasi, yoga, atau bahkan latihan aerobik. 

06. Keamanan 

Sangat penting untuk mengetahui stabilitas struktural untuk membawa beban balkon Anda. Ia harus mampu menahan berat diatas sesekali. Jadi, pastikan bahwa material yang digunakan untuk balkon ringan dan telah diperiksa oleh sang ahli  untuk keselamatan. Selalu berkonsultasi sang ahli untuk menepis keraguan yang Anda. Pagar balkon juga harus kokoh dan terpasang dengan benar serta stabil. Selain memperhatikan tiang vertikal, pagar balkon juga harus diperhatikan pada kedua ujungnya di dinding samping. Desainnya harus aman untuk anak-anak. Ketinggian pagar sebaiknya minimal 1000 mm atau 3 inch -3 inch daripada 3 inch – 0  yang disediakan secara normal.

07. Berikan Pandangan yang Baik

Melihat dunia yang indah di sekitar Anda secara alami bisa terasa lebih santai. Carilah tempat terbaik untuk desain balkon Anda di mana Anda dapat memiliki pemandangan taman yang indah, pantai, dan skenario luar ruangan yang menarik lainnya jika tersedia di lingkungan Anda. Dengan cara ini balkon Anda bisa menjadi tempat yang baik untuk berbaur dengan alam & lingkungan. 

08. Bawalah Ruangan Dalam Ke Luar 

Memiliki balkon seperti membawa ruangan Anda ke luar. Kamar dengan balkon adalah tempat, yang memperluas ruang dalam ruangan Anda ke ruang terbuka. Anda dapat menautkan balkon Anda ke desain indoor rumah Anda, dengan cara ini; Anda akan memberikan kontinuitas & konsistensi desain balkon. Akan sangat menyenangkan merancang balkon Anda terutama ketika Anda benar-benar mempersiapkan semua kebutuhan Anda untuk membuatnya lebih indah.

09. Tambahkan Perabot Luar Ruang

Anda dapat menempatkan beberapa furnitur luar ruangan yang bagus dalam desain balkon sehingga Anda dapat bersantai dan membaca buku, mendengarkan musik sambil melihat keindahan di sekitar Anda. Biarkan perabotan luar Anda melengkapi dengan interior konsep desain interior rumah Anda. Pastikan bahwa furnitur luar ruangan tidak terlalu kecil atau terlalu besar untuk ruang luar, itu harus sebanding dengan ruang desain balkon Anda. 

10. Berikan Sentuhan Menyenangkan dengan Tanaman

Anda dapat menambahkan sentuhan ringan & menyenangkan dengan menempatkan tanaman di desain balkon Anda. Tentukan keinginan konsep balkon Anda, Anda dapat memilih tanaman hias atau tanaman berbunga sesuai pilihan Anda. Pastikan tanaman Anda tidak terlalu besar terhadap ruang balkon.

11. Fasilitas Pengairan untuk Tanaman

Sebuah taman kecil dengan beberapa tanaman acara berbunga & lainnya akan menambah kehidupan untuk itu. Jika tidak ada ruang yang cukup Anda bahkan dapat menggantung pot kecil dari langit-langit balkon Anda. Namun tidak bijaksana untuk membawa air dari mencuci ke balkon. Jika Anda memiliki tanaman di balkon, Anda harus mengatur pasokan air lebih baik dengan perpipaan di desain balkon Anda. Anda dapat menginstal sistem irigasi tetes sehingga tanaman Anda akan mendapatkan cukup air bahkan ketika matahari sudah habis dan tidak ada hujan. Penyiraman secara manual akan menuntut dan melelahkan. 

12. Tambahkan Pencahayaan Menarik 

Jangan lupa untuk menempatkan cahaya yang dibutuhkan dalam desain balkon Anda. Pilih lampu yang tepat untuk balkon Anda, tetapi jangan membuatnya terlalu terang. Anda dapat menggunakan lampu pin sehingga Anda dapat menggunakan area bahkan pada malam hari. Ini akan menambah keindahan lebih ke balkon Anda. 

Untuk balkon dengan dimensi terbatas, kami sarankan desain balkon yang sederhana agar tetap terasa sejuk dan lega.

13. Pagar 

Desain pagar atau jatuhnya pardi harus sederhana. Seharusnya tidak menjadi tempat berlindung bagi burung. Ini harus mudah dibersihkan dan dirawat. 

14.  Cakupan Balkon 

Banyak orang menutup balkon dengan kaca agar terlindung dari hujan serta debu atau sebagai perlindungan dari nyamuk atau serangga. Tapi hal tersebut dapat menghilangkan sebagian manfaatnya jika tetap terbuka. Namun jika anda lebih nyaman memiliki balkon tertutup, pastikan strukturnya tetap menunjang keamanan dan kenyamanan. 

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!