Jendela by Schreinerei Fischbach GmbH & Co. KG

8 Cara Jitu Mengusir Nyamuk & Serangga Dari Rumah Anda

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Ternyata dengan beberapa trik di bawah ini, bisa membuat rumah Anda bebas nyamuk serta lalat loh, dan tentunya menciptakan rumah yang sehat dan menyenangkan. Mari kita cek satu persatu tipsnya.

1. Memasang Layar Serangga Untuk Jendela dan Pintu

 Koridor dan lorong by Elaine Wall
Elaine Wall

Suasana semula jadi

Elaine Wall

Cara pertama untuk menghalau agar nyamuk dan lalat tidak banyak 'beredar' di rumah Anda, yaitu dengan memasang layar serangga pada jendela, pintu dan lubang ventilasi. Ini juga untuk menghindari dari gigitan nyamuk demam berdarah. Nah, makanya sangat penting jika setiap rumah memasang layar serangga untuk mencegah binatang-binatang ini masuk ke dalam. Dan jangan lupa jika Anda sudah memasangnya, selalu cek apakah ada kerusakan pada layar tersebut. Karena celah yang sangat kecil pun dapat dimasuki nyamuk dan lalat. Jadi segera diperbaiki ya.

​2. Perbaiki Sirkulasi Udara

Karena nyamuk senang berada di lingkungan yang lembap, mulai dari sekarang perbaiki sirkulasi udara di rumah Anda jika dirasa kurang bagus. Agar ruangan tidak lembap, Anda juga bisa membuka jendela pada siang hari supaya udara di dalam rumah tidak lembap, dan sirkulasinya pun menjadi baik.

3. Blok Semua Celah

Alam Sutera Jelita:   by Getto_id
Getto_id

Alam Sutera Jelita

Getto_id

Ukuran serangga yang sangat kecil tentu memudahkan mereka untuk masuk dari berbagai selah. Nah, agar hunian Anda nyaman, pastikan celah-celah yang memungkinkan serangga masuk di blok. Contohnya pada celah kecil di dinding, celah antara dinding dan jendela, celah di antara pintu, dan ventilator. Blok dengan rapat, bisa juga mengunakan segel pintu untuk mengisi celah di sisi dan di atas setiap pintu. Tutupi semua celah yang Anda temukan, tidak terkecuali memperbaiki setiap retakan di dinding, karena spot tersebut jadi salah satu gerbang serangga dapat masuk ke rumah Anda.

4. Buang Sisa Makanan & Jaga Kebersihan Dapur

Cluster Precia Eminent, BSD:   by Getto_id
Getto_id

Cluster Precia Eminent, BSD

Getto_id

Area satu ini sangat penting dijaga kebersihan dan kerapihannya, karena jadi salah satu tempat favoritnya serangga. Yang harus Anda lakukan setiap hari, selalu buang sisa makanan pada tempat sampah di dapur, cuci langsung piring dan peralatan memasak Anda (jangan biarkan hingga semalaman), sapu lantai, dan segera bersihkan jika ada tumpahan. Begitu juga dengan laci-laci dan tempat penyimpanan di dapur, selalu rutin dibersihkan. Dan jangan lupa simpan bahan makanan Anda pada wadah dan tutup dengan rapat ya.

5. Basmi Habitat Serangga

Jika Anda tidak membasmi sumbernya, masalah akan terus berlanjut. Waspadai vas, selokan, kolam ikan, ember tempat di mana serangga dapat bertelur dan larva dapat berkembang biak. Habitat tersebut sebaiknya di desinfeksi untuk membasmi lalat, nyamuk dan serangga lainnya.

Dan jangan lupa, pangkas cabang pohon agar tidak menempel di atap rumah Anda. Karena jika bersentuhan dengan atap, ini akan menjadi jalan bagi serangga untuk masuk ke dalam rumah Anda.

​6. Memakai Bahan Sederhana Namun Ampuh

 Household by mydays
mydays

Weihnachtsduft selber machen

mydays

Bahan-bahan ini bisa kita dapatkan dengan mudah di tukang sayur, pasar hingga supermarket, dan efektif mengenyahkan serangga supaya tak balik-balik lagi.

Contohnya, serangga tidak suka dengan aroma lemon. Anda bisa memasukkan perasan air jeruk lemon dalam wadah semprotan untuk mengusir serangga. Lalu tanaman lavender pun tak kalah ampuh, dimana Anda bisa menempatkannya di dalam  pot dan taruh dalam rumah untuk mengusir nyamuk. Untuk lalat, serangga ini paling alergi dengan cengkeh; rempah berbau harum satu ini. Cengkeh pun juga efektif loh untuk mencegah ngengat dalam lemari. Caranya pun tak kalah mudah, gantung saja cengkeh dalam lemari Anda.

​7. Bersihkan & Rapikan Tumpukan Baju

Apartemen Industrial Scandinavian:   by Urbano Livings
Urbano Livings

Apartemen Industrial Scandinavian

Urbano Livings

Tanpa Anda sadari ternyata baju yang menumpuk pun jadi tempat kesukaan nyamuk, karena serangga ini memang menyukai tempat yang lembab dan gelap. 

Tentu solusinya sangat simpel, jangan membiasakan menumpuk baju pada bangku, lalu rapihkan tumpukan baju di bangku dan yang menggantung di belakang pintu.

​8. Hindari Menggantung Barang Berwarna Hitam

Apartment Gading Greenhill:  Kamar Tidur by Elora Desain
Elora Desain

Apartment Gading Greenhill

Elora Desain

Nyamuk memang menyukai objek yang berwarna hitam. Jadi tak heran jika sering banget kita menemukan banyak nyamuk hinggap di baju, tas dan barang berwarna hitam lainnya.

Nah, mulai sekarang rapikan dan kelola tatanan kamar Anda supaya Anda dapat beristirahat dengan nyaman di dalamnya. Hindari menggantung barang yang berwarna gelap ya, supaya kamar Anda bebas dari serangga.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!