Besi Beton: Manfaat, Harga, dan Cara Menghitung Kebutuhannya

Dyah Mahasasi Dyah Mahasasi
The House of Light at Sentosa Cove, E&U E&U Rumah Gaya Asia
Loading admin actions …

Besi beton adalah sebutan untuk besi yang digunakan dalam penulangan beton atau biasa disebut beton bertulang. Material ini sesungguhnya sudah mulai dikenal sejak 1950-an pada konstruksi gedung tinggi di Amerika Serikat. Besi beton sangat penting peranannya dalam pembangunan hampir seluruh jenis konstruksi, baik gedung bertingkat, terowongan, jalan, drainase, bendungan, dan banyak lagi. Para pembaca homify yang berencana membangun rumah bertingkat sangat mungkin akan membutuhkan material ini dalam waktu dekat. Selain membahas beberapa aspek besi beton, kami juga akan membahas tentang cara menghitung kebutuhan besi beton untuk pembangunan rumah. 

1. Sejarah dan manfaat besi

Besi dalam bentuk murninya merupakan unsur yang dapat ditemukan dengan mudah di kerak Bumi. Orang-orang Mesir kuno sudah mulai mengenal besi sejak 4300 SM setelah jatuhnya sebuah meteorit di wilayah itu. Setelah dilebur dengan unsur logam jenis lain, besi dimanfaatkan sebagai perkakas dan perhiasan. Hal ini bisa dilakukan karena besi adalah unsur logam dengan karakter elastis dan lunak. Besi dapat ditarik dan tidak putus, namun mudah dipotong, dibengkokkan, dibentuk, dan dipotong pada proses peleburannya. 

Sifat-sifat kuat dan tahan lama menjadikan besi material yang sangat dibutuhkan pada proses pembuatan konstruksi, alat industri berat, dan jalan kereta api. Pada proses konstruksi besi digunakan sebagai inti beton agar bangunan didukung oleh gaya tarik dan mampu menahan beban. Selain itu ada juga manfaat lain besi beton yang akan kami paparkan di bawah ini. 

2. Keuntungan dan kerugian menggunakan besi beton

Exterior E&U Rumah Gaya Asia

Berikut adalah keuntungan dan kerugian menggunakan besi beton yang sebaiknya kita ketahui: 

Keuntungan:  

1. Besi beton adalah material yang tahan api dan air. Besi beton tidak akan berkarat jika terpapar air dalam waktu lama. Bila terbakar pun kerusakan hanya terjadi pada permukaan beton. 

2. Struktur besi beton lebih kokoh dan daya tekannya lebih tinggi bila dibandingkan material kosntruksi lainnya. 

3. Mengingat besi beton bersifat elastis, maka material ini bisa dibentuk menjadi kolom, atap kubah, pelat, dan balok sesuai kebutuhan. 

4. Dalam jangka panjang besi beton tidak akan mengalami kehilangan daya untuk menahan beban. Ini bisa terjadi karena adanya proses pemadatan semen yang semakin mengeras seiring dengan berlalunya waktu. 

5. Pembuatan besi beton sangat terjangkau karena materi-materi yang digunakan seperti kerikil, air, tulangan baja, pasir dan semen bisa didapatkan dengan mudah di mana saja. Selain itu, besi beton juga tidak memerlukan perawatan khusus. 

6. Pembuatan dan pemasangan konstruksi besi beton tidak memerlukan keahlian khusus, sehingga bisa menghemat biaya yang dikeluarkan untuk membayar pekerja. 

7. Besi beton juga hemat biaya bila dimanfaatkan sebagai dinding ruang bawah tanah, tumpuan jembatan, pondasi tapak, dll. 

Seperti material lainnya, besi beton juga memiliki kekurangan, yaitu: 

1. Kualitas besi beton sangat tergantung pada kualitas keahlian para pembuatnya. 

2. 

3. Jenis-jenis besi beton

N-House, BAMA BAMA Rumah tinggal

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah