by Szafawawa

7 Inspirasi Jitu Memilih Meja untuk Ruangan Sempit

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Apakah Anda tinggal di rumah dengan ukuran yang tergolong kecil atau di apartemen studio? Keterbatasan ruangan seringkali menjadi tantangan tersendiri untuk dapat memasukkan furnitur yang Anda butuhkan, seperti misalnya meja. Meja merupakan elemen penting dalam sebuah tatanan ruang entah itu sebagai penghias atau memiliki fungsinya tersendiri berdasarkan keberadaannya di dalam ruangan tertentu. Ukuran meja pun beragam sesuai dengan kebutuhan penggunanya. 

Di saat ruangan yang akan menjadi tempat bermukimnya meja tidak cukup luas, diperlukan trik dan pilihan meja yang tepat untuk dapat memanfaatkan fungsi meja semaksimal mungkin. Berikut beberapa tips memilih meja untuk ruangan yang sempit.

1. Menyesuaikan ruang

Budisari Residence:  Ruang Makan by ARCHID
ARCHID

Budisari Residence

ARCHID

Dapur dan ruang makan ini sangat mungil tapi menawan! Perbedaan level dan pembatas kaca membuat ruang terasa lebih lapang dan tak terisolasi dari ruang sosial lainnya. Meja kecil memanjang berbahan kayu ini selaras dengan bagian interior lainnya yang bertema putih dan kayu bernada sedikit lebih gelap. 

Meskipun nampak mungil, namun anda dapat bersantap bersama keluarga besar di sini dengan nyaman! Sofa yang kecil memanjang di satu sisi ditambah tiga bangku yan sesuai dengan bantalan sofa membuat gaya ruangan ini sangat minimal tapi berkarakter.

2. Menempel ke dinding dan menjadi satu dengan rak

 Ruang Kerja by La C.S.T
La C.S.T

Bibliothèque modulaire sur montants métalliques

La C.S.T

Agar meja tetap berfungsi dan tidak memakan tempat, memasang meja menempel dengan dinding dan menjadi satu dengan rak merupakan solusi yang tepat untuk ruangan yang sempit. Tidak memakan banyak tempat sekaligus menyediakan banyak tempat baru.

3. Meja sekaligus tempat penyimpanan

 Unit dapur by La C.S.T
La C.S.T

Îlot de cuisine au cœur de la pièce à vivre.

La C.S.T

Memilih meja yang tidak berupa papan mendatar dengan kaki-kaki meja saja dapat menjadi pilihan Anda untuk ruangan sempit. Meja dengan ruang penyimpanan di bagian bawahnya biasa dijumpai di dapur sebagai konter dapur, dan meja dengan bentuk seperti ini jelas banyak kegunaannya jika ditempatkan di ruangan selain dapur sekalipun.

4. Meja satu set

Di ruangan yang sempit, meja seperti ini dapat menambah estetika ruangan dan hanya memiliki banyak fungsi jika ruangan tidak dipenuhi oleh furnitur lain. Adanya set berupa bangku memanjang juga menghemat tempat.

5. Meja lorong

Meja yang diletakkan di pojok atau menempel dengan dinding koridor biasanya terpaksa hanya digunakan salah satu sisinya saja, seperti pada meja kayu di pojok dapur ini. Meski begitu, penempatan yang demikian menjadi solusi meja untuk ruangan yang sempit.

6. Meja ala diner

Tidak hanya unik dan jarang ditemui, meja ala diner atau cafe singgah di Amerika ini bisa menempati sudut kecil yang tersisa di ruangan sempit dalam rumah Anda.

7. Meja bundar yang memanjang

Bermain dengan bentuk meja juga dapat menjadi solusi ruangan sempit. Pilihlah meja dengan bentuk bundar sekaligus memanjang, unik namun memiliki banyak fungsi dan sisi untuk digunakan bersama-sama.

Dari berbagai pilihan meja untuk ruangan sempit, meja seperti apa yang paling cocok untuk ruangan sempit di rumah Anda?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!