Kanopi: Percantik Eksterior Rumah Anda

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
homify
Loading admin actions …

Kanopi merupakan bagian dari salah satu unsur rumah yang fungsi dan keberadaannya cukup signifikan. Kanopi adalah salah satu jenis atap yang dibuat dengan tujuan untuk melindungi bagian luar sebuah hunian dari terpaan hujan dan sengatan sinar matahari. Itulah sebabnya kanopi dapat dengan mudah Anda jumpai di rumah-rumah, ruko-ruko, gedung mall atau gedung-gedung perkantoran lainnya.

Kanopi juga dapat dengan mudah Anda jumpai di perumahan sebagai tambahan aksesoris yang memiliki fungsi sangat besar. Kanopi sebagai tambahan atau ekstensi dipasang sebagai pembatas antara bagian dalam rumah dengan bagian luar. Biasanya terdapat pada depan, belakang dan samping rumah. Ada kanopi garasi (carport), kanopi atas jendela, dan kanopi belakang (void), kanopi parkiran.

Fungsi Kanopi

Disamping fungsi utama tersebut, kanopi memiliki fungsi lain yang tak kalah penting, yakni:

  • Memberikan rasa aman bagi penghuni rumah karena melindungi rumah dari benda-benda yang berjatuhan. Anda tidak perlu kuatir dan akan merasa nyaman saat melangkah keluar 
  • Memberikan privasi penggunanya. Apapun kegiatan yang Anda lakukan di dalam rumah tidak diketahui publik. 
  • Melindungi kendaraan dari terik sinar matahari, hujan dan juga kelembaban 
  • Memberikan nilai dekoratif bila di desain dengan tepat dan indah pada hunian Anda atau bangunan lain sesuai konsep.  

Dengan memahami fungsi tersebut, Anda akan dengan mudah menentukan jenis kanopi yang sesuai dengan kebutuhan eksterior rumah dan memilih material yang berkualitas untuk ketahanan maksimal.

​Materi Kanopi

Seiring perkembangan zaman, model dan bentuk kanopi semakin variatif demikian juga dengan aplikasinya pada jenis bangunan. Kian banyak orang menggunakannya pada garasi, balkon, taman, dan sebagainya.

Mengikuti trend rumah yang berkembang saat ini yakni bergaya minimalis sederhana dengan luas lahan yang terbatas, Anda harus pintar memilih jenis kanopi yang sesuai. Umumnya rumah bergaya ini memang membiarkan garasi terbuka lebar tanpa kanopi untuk memberikan kesan luas, namun Anda harus juga memikirkan perlindungan terhadap kendaraan bila dibiarkan begitu saja. Agar tetap bisa mempertahankan konsep rumah minimalis sekaligus memberikan proteksi aman bagi kendaraan, Anda hanya perlu memilih jenis kanopi yang seusuai. Berikut beberapa referensi material kanopi yang dapat menjadi pertimbangan:

Kanopi Polycarbonate

Terbuat dari lembaran plastic atau fiber berongga yang mampu menahan serta menyerap sinar matahari (UV Protection) secara maksimal. Ketahanannya sangat teruji bisa mencapai 10 tahun. Selain diaplikasikan sebagai bahan kanopi, polycarbonate dapat juga diaplikasikan untuk green house, partisi, bahan atap, sky light dan lain sebagainya. Merk dan coraknyapun sangat beragam, Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis atau warna cat rumah Anda sehingga nampak menyatu dan menjadi harmonisasi indah. 

Bila disimpulkan material ini memiliki beberapa kelebihan yakni ketahanan yang kokoh dengan bobot ringan, variatif dalam corak dan fleksibel untuk digunakan.

Kanopi Kaca dan Ondulin

Dapat dipastikan kanopi ini terbuat dari bahan kaca yang memungkinkan sinar matahari masuk dengan leluasa karena bentuknya yang transparan dan ringan. Memahami sifatnya yang ringkih terhadap benturan dan mudah pecah/retak, umumnya pemasangan jenis kanopi ini dirangkap dua agar saat benturan terjadi kanopi tidak akan pecah namun hanya mengalami keretakan.

Kendati  ringkih, namun tak bisa disangkal bahwa kanopi jenis ini menjadi salah satu favorit karena memiliki tampilan menarik dan mudah dipadupadankan dengan eksterior rumah. Meski begitu Anda harus tetap menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki dan konsep rumah Anda. Begitu juga saat proses pemasangannya, pastikan dilakukan dengan hati-hati dan teliti untuk hasil sempurna.

Kanopi Ondulin

Merupakan kanopi dengan atap lembaran 10 lembar. Berbahan dasar onduline, kanopi jenis ini memiliki ketahanan yang baik terhadap karat dan korosi. Selain itu material ini memiliki daya serap yang tinggi terhadap panas dan kekedapan terhadap suara hujan. Bahkan juga memiliki ketahanan terhadap terpaan angin dengan kecepatan 120 mph. Karakteristik onduline baik untuk digunakan sebagai kanopi carpot rumah.

Kanopi Spandex

Terbuat dari bahan bangunan rumah seperti seng dan alumunium yang menghasilkan produk kanopi yang kuat dan kokoh dengan ketahanan teruji. Daya tahannya ditaksir bisa mencapai hingga 20 tahun. Agar tidak kaku, spandek biasanya dicampur dengan bahan silicon dengan komposisi campuran alumunium: seng: silicon adalah 55%: 43%: 2%.

Kelebihan lain dari kanopi jenis ini adalah ukurannya yang variatif hingga Anda dapat menyesuaikan ketebalannya sesuai yang diinginkan, mulai dari 0,3 mm hingga 0,5 mm. Variasi warna yang dimiliki pun sangat beragam mulai dari hitam, putih, abu-abu, biru, merah, hijau, coklat, kuning, jingga, dan ungu.

Meski begitu daya serapnya yang tinggi terhadap sinar matahari menjadikan area yang dinaunginya terasa panas dan gerah hingga kurang sesuai bila diaplikasikan untuk rumah tinggal. Ukurannya yang terbilang tipis juga rentan melengkung saat dipijak. Karena itu proses pengerjaannya haruslah sangat hati-hati.

Kanopi Alderon

Merupakan salah satu jenis kanopi unggul karena fungsi dan kualitasnya yang teruji. Kemampuannya dalam menahan beban bisa mencapai 150 kg. Anda tidak perlu kuatir bila menginjak atau melompatinya, atap jenis ini tidak akan pecah.

Daya tarik lainnya adalah Anda tidak perlu lagi memasang insulasi penahan panas serta kedap suara sehingga ruangan dibawahnya akan terasa sejuk dan tidak panas. Salah satu jenis atap ini yakni twinwall menjalankan fungsi gandanya yakni menahan panas dan meredam suara ketika sedang hujan.

Atap ini juga memiliki lapisan UV dan anti bocor. Pemakaian dengan kurun jangka waktu lama juga tidak akan menyebabkan karat. Atap ini terbukti tahan terhadap asam dan garam. Disamping itu, proses pemasangannya juga tergolong mudah karena tidak menghantarkan listrik. Bila Anda memiliki keterbatasan finasial dalam membangun rumah, penggunaan kanopi jenis ini dapat menjadi solusi karena dapat menghemat penggunaan rangka dan gordyn dalam instalasinya.

Atap jenis ini menjadi salah satu favorite dan umum dipakai di Eropa dan negara-negara Asia disamping sebagai atap rumah, gudang dan pabrik, peternakan dan pertanian, penghubung jalan, garasi dan canopy, teras, dll

​Tips Memilih Kanopi

Dengan memahami jenis material kanopi diatas, Anda bisa menentukan jenis yang sesuai dengan konsep rumah. Berikut beberapa langkah untuk pertimbangan Anda dalam memilih kanopi.

1.     Anggaran/budget

Untuk memiliki kanopi yang berkualitas, tidak melulu diperlukan harga yang mahal, sesuaikan dengan budget yang dimiliki, kemudian piilih material sesuai dengan kapasitas harga yang Anda miliki. Setelah itu tentukan desain kanopi yang akan dibangun, tradisionalkah, minimalis atau bahkan desain sederhana biasa?

2.     Lantai Fondasi

Sebelum kanopi berdiri, Anda harus lebih dulu membangun pondasi lantai. Tidak perlu mahal, Anda bisa membangun lantai dari semen. Bahan baku yang dibutuhkan juga mudah diperoleh hanya semen, batu kerikil, gamping dan pasir. Jika ingin lebih mudah maka bisa menggunakan bata paving karena tinggal meratakan tanah kemudian menyatukan satuan paving-paving dengan pasir.

3.     Kerangka

Untuk mendapat tiang kanopi yang awet, Anda bisa memilih material dari baja ringan. Tidak perlu membeli yang baru, Anda bisa memperolehnya dari penjual barang bekas/rongsokan besi. Jika sudah mendapatkan harga yang sesuai, pergilah ke tukang las untuk menyatukan batangan besi baja ringan menjadi pilar dan kerangka kanopi. Mudah dan terjangkau bukan?

4.     Tiang Kanopi

Persiapkanlah peralatan yang dibutuhkan untuk membangun tiang kanopi seperti tang, palu, paku, mur dan baut. Bila memiliki ekstra budget Anda bisa menyewa jasa professional untuk memasangnya, namun bila tidak Anda bisa melakukannya sendiri atau bersama dengan teman/sanak saudara. Lakukan dengan hati-hati untuk hasil yang optimal.

5.     Finishing

Usai kerangka dan tiang terpasang, mulailah memasang kanopi yang diinginkan semisal kaca, asbes, plastic, genteng, dan sebagainya. Selanjutnya cat tiang dan kerangka kanopi dengan warna kesukaan semisal hitam atau coklat tua yang lebih terkesan natural dan menyatu dengan ekterior.

Harga Kanopi

Harga yang beredar di pasaran sangat beragam, tergantung pada material dan ketebalannya. Bisa dipastikan harga material Kaca, Alderon, Spandek, Polycarbonate, dan Onduline berbeda sesuai dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Kendati begitu untuk mengetahui perhitungan harga kanopi minimalis permeter dapat diketahui dengan cara: Panjang x Lebar = Luas m2. Luas dikalikan harga per meter. Misal P = 4m, L= 3m, Luas = P x L = 4mx3m = 12m2. Semisal harga kanopi per lembar 350.000 ribu maka 12m2 x 350.000 = 4.200.000

Dengan memahami estimasi perhitungan dasar ini, Anda dapat dengan mudah menentukan pilihan material yang tepat untuk hunian.

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah