Rumah by soma [arquitectura imasd]

7 Tips Desain untuk Fasad Rumah Minimalis

Evelyn Evelyn

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Banyak orang sering mengatakan ’Don't Judge A Book from It's Cover’ yang artinya adalah jangan selalu menilai seseorang dari penampilan luar saja. Hal ini tentu tidak salah, namun tidak dapat dipungkiri bahwa penampilan luar sangat berpengaruh dalam membentuk kesan pertama. Sama halnya seperti bangunan rumah, penampilan luar, meski bukan segalanya, sangat berpengaruh dalam membentuk kesan pertama mengenai keseluruhan desain rumah.

Buku ide kali ini akan membahas mengenai desain fasad minimalis, yang merupakan salah satu ragam atau gaya desain yang sedang banyak digandrungi sekarang ini. Secara detail, kami akan membagikan beberapa tips bagaimana para profesional kami dapat membentuk sebuah desain fasad rumah yang minimalis. Tanpa harus banyak berbasa basi lagi, mari kita segera lihat bersama karya – karya yang keren dan menarik dari professional kami yang darimana kita bisa menarik tips dan trik yang dapat membantu kita untuk menghasilkan desain fasad minimalis.

1. Jendela atau ventilasi yang Fungsional

MR House:  Rumah tinggal  by Atelier BAOU+

Berangkat dari kata minimal, gaya desain minimalis menekankan kesederhanaan dalam elemen – elemen desain. Salah satu cara untuk menerapkan prinsip desain ini dapat dimulai dari elemen jendela atau bukaan pada fasad atau tampak rumah kita. Karya di atas memberikan kita contoh yang baik bahwa jendela pun dapat menjadi elemen dekoratif fasad, namun tetap berfungsi dengan baik sebagai ventilasi. Alhasil, fasad yang tercipta sangat manis nan minimalis.

2. Frame Geometris

G House:  Rumah by Atelier Ara

Ketika berbicara fasad atau tampak depan rumah, sering kita berpikir bahwa desain yang ada melulu terkait dengan bidang dinding saja. Hal itu tidak sepenuhnya benar. Melalui contoh karya diatas, kita dapat belajar bahwa selain elemen dinding, fasad juga dapat dibentuk oleh elemen atap yang dilipat dan menerus sebagai elemen dinding dan akhirnya menjadi sebuah bingkai yang manis untuk tampak luar rumah Anda. Sangat simpel tapi kreatif bukan?

3. Hamparan Atap yang Lebar

Ryujin:  Rumah by Aeternite

Melanjutkan sekaligus menjadi alternatif dari tips sebelumnya, elemen atap juga dapat menjadi fokus utama dalam desain fasad rumah. Contohnya seperti karya diatas, bidang atap datar menjadi pusat perhatian dari desain fasad yang ada. Kolom dimana atap bertumpu dibuat terlihat seringan mungkin, sehingga atap terlihat seolah olah melayang.

4. Fasad yang Fleksibel

IZ HOUSE:  Rumah tinggal  by Atelier BAOU+

Mitos lain mengenai fasad rumah, yang perlu dikoreksi kembali sekarang ini adalah mengenai fleksibilitas fasad rumah itu sendiri. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, fasad atau tampak rumah dapat menjadi lebih fleksibel. Karya dari Atelier Baou ini menjadi salah satu bukti dan contoh yang menarik dari desain fasad yang minimalis sekaligus inovatif. Jendela rumah pada lantai dua dan tiga, dapat dibuka atau tutup sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah. Alhasil, tampak rumah akan selalu berubah sesuai dengan kebutuhan pemilik akan jumlah bukaan.

5. Putih dan Sederhana

Eksterior:  Rumah by Atelier BAOU+
Atelier BAOU+

Eksterior

Atelier BAOU+

Merasa semakin sulit menentukan desain fasad bagaimana yang Anda inginkan untuk rumah Anda? Salah satu solusi sederhana nan mudah adalah membiarkannya putih saja dan apa adanya, namun dengan bentuk yang unik. Contoh karya di atas membuktikan bahwa solusi ini tidak hanya sekedar teori saja, namun prakteknya juga memberikan hasil yang sangat menarik dan unik.

6. Paduan Material Alami dan Artifisial

Masuk ke dalam pilihan material, aspek ini juga merupakan salah satu faktor yang dapat membantu kita menciptakan fasad minimalis. Tips menarik untuk desain fasad minimalis adalah semakin sedikit jumlah atau jenis material yang kita gunakan, semakin dekat Anda dengan kepemilikan sebuah fasad minimalis. Prinsip ini diterapkan dengan baik pada contoh karya diatas dimana fasad rumah yang ada hanya terdiri dari 2 material yaitu material beton yang merupakan bahan buatan, dipadu dengan bambu yang natural. Sungguh cerdas!

7. Merah Bata yang Kontras

6x15 House:  Rumah by SEKALA Studio
SEKALA Studio

6x15 House

SEKALA Studio

Melanjutkan faktor pemilihan material, warna adalah sesuatu yang dapat dipertimbangkan juga. Penambahan faktor kontras dalam desain fasad dapat memperkaya desain fasad rumah. Salah satu contoh karya yang berhasil menerapkan prinsip desain ini menyandingkan material bata yang berwarna merah dengan dinding putih yang sederhana dan menghasilkan fasad minimalis yang sangat menarik hati.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!