JC House :  Dinding by ARF interior

Partisi Ruangan, Solusi Menjaga Privasi Di Rumah Sempit

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Dinding sebagai pembatas rumah memang memiliki keunggulan tersendiri, disamping memberikan kenyamanan karena kokoh dan tahan terhadap benturan, dinding juga membantu memberikan privasi secara maksimal. Namun begitu di beberapa rumah yang berukuran tidak luas semisal tipe minimalis modern, keberadaan dinding sebagai pemisah kadang menjadi dilematis karena keterbatasan ruang. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan memasang sekat atau partisi ruangan.

Yah, umumnya sekat atau partisi ruangan kerap dijumpai di kantor-kantor yang berada di dalam ruko atau gedung-gedung tinggi. Sekat dipasang di tengah ruangan besar sebagai pembatas antara ruang kerja atasan dengan bawahan ataupun antar divisi.

Partisi bukan hanya menjadi pembatas ruangan

Partisi Dekoratif:  Dapur built in by Likha Interior
Likha Interior

Partisi Dekoratif

Likha Interior

Partisi ruangan berbeda dengan dinding meski memiliki fungsi yang nyaris serupa. Kelebihannya lebih praktis dan simple. Dari sisi ketahanan keduanya jauh berbeda. Meski begitu, partisi ruangan memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Tak hanya mempercantik desain interior rumah, pembatas ruangan juga memiliki sejumlah fungsi lainnya, diantaranya:

1.     Pemisah ruangan

Memiliki fungsi dasar sebagai pemisah antar ruangan, sekat memiliki tingkat fleksibilitas lebih tinggi ketimbang dinding. Mengapa demikian? Karena bahan pembatas ruangan dapat dedesain sesuai selera dan kebutuhan. Tidak demikian halnya dengan dinding yang dibangun dari struktur semen, batu bata dan pasir. Batas ruangan juga tidaklah permanent sehingga kapanpun merasa bosan, Anda bisa mengubahnya.  

Ruangan yang dipisah akan memiliki fungsi yang berbeda. Semisal Anda dapat mengaplikasikan Pembatas ruangan pada ruangan dapur dengan ruang makan, atau ruang tamu dengan ruang tengah. Oleh sebab itu penting untuk menentukan fungsi utama dari ruangan terlebih dulu sebelum memasang pembatas ruangan.

2.     Memberi Privasi

Setelah menentukan fungsi ruangan yang akan dipisah barulah kita akan memahami kegunaan dari masing-masing ruangan secara spesifik. Partisi akan membantu Anda memanfaatkan ruangan secara optimal. Selanjutnya kita mengupayakan privasi baik bagi keluarga maupun tamu di ruangan masing-masing. Ruangan yang terbuka lebar dan terlalu luas tidak akan memberi Anda privasi, yang ada justru sebaliknya rasa tidak nyaman dan kurang terlindungi.

3.     Penghias Ruangan

Bentuk dan materialnya yang fleksibel menjadikan partisi ruangan kerap bukan hanya sebagai pembatas melainkan juga penghias interior. Anda tinggal memilih material yang sesuai selera, kemudian mendesainnya dengan menawan dengan menambahkan/memasang hiasan dan ornament-ornamen menarik. Partisi yang cantik akan menjadi elemen dekoratif interior rumah minimalis Anda.

4.     Penutup kekurangan

Di hampir setiap rumah terdapat spot yang tidak sesuai dengan harapan Anda, meskipun telah dirancang secara apik sebelumnya. Entah itu terlalu menonjol atau bahkan terlalu terbuka sehingga secara struktural nampak ada yang kurang. Semisal ruang penyimpanan atau ruang di bawah tangga yang menyisakan sudut dan ruang terbuka. Untuk menyiasati struktur yang ideal umumnya penghuni menggunakan partisi khusus untuk menutupi kolom struktur di sudut ruang.

5.     Tempat Penyimpanan

Selain sebagai pemisah dan atau pembatas ruangan, sekat dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Sebagai area penyimpanan, gunakan partisi dengan ketebalan tertentu untuk mencipta bidang yang fleksibel dibuka atau ditutup.

6.     Backdrop

Ini merupakan bagian dari pemenuhan unsur estetika pada ruangan rumah Anda. Biasanya partisi yang dipilih lain daripada yang lain yakni lebih cantik dan memukau. Sekat kemudian diletakkan di sudut-sudut atau di tengah ruangan yang mudah dilihat dan ditangkap orang saat pertama kali memasuki ruangan. Tentunya hal ini akan memberi kesan cantik dan elegan di rumah.

7.     Peredam

Di beberapa ruangan tertentu, partisi bahkan dapat digunakan untuk meredam. Semisal bila ditaruh di pantri secara tidak langsung partisi membantu meredam kebisingan dari kegiatan dapur dan juga hawa panas, bau kurang sedap, juga asap dari memasak. Sementara bila diletakkan di ruang wastafel atau ruang rias, sekat akan berfungsi meredam kelembaban, dan juga suara-suara tak nyaman dari kamar mandi ke kamar tidur

​Tipe Partisi Ruangan

Gallery West Apartment:  Ruang Keluarga by Jati and Teak
Jati and Teak

Gallery West Apartment

Jati and Teak

Ada beberapa golongan/tipe partisi yakni akordion, folding panel dan mobile yang dapat dipindahkan. Tipe Akordion umumnya terpasang di langit-langit dan menjuntai ke bawah seperti layaknya gordyn atau tirai. Sedangkan tipe folding panel terdiri dari dua atau tiga bagian yang dapat dilipat. Sementara tipe mobile memiliki roda di bawahnya sehingga mudah untuk dipindah-pindah baik digeser ataupun diangkat.

Partisi yang beredar di pasaran kebanyakan berbahan material rotan atau kayu. Namun seiring perkembangan zaman, model partisi kian variatif dengan perpaduan/campuran yang dikombinasikan menjadi satu. Seperti vinyl, kulit, kaca dan lain sebagainya. Tiap material umumnya terbagi dalam beberapa konsep serta desain. Bahkan selain itu ada juga partisi yang berfungsi double sebagai marker boards (papan nilai), papan tulis meja dll. Tipe-tipe partisi tersebut umumnya lebih banyak digunakan di kelas atau diruang kerja.

Dari sisi sirkulasi udara, ruangan yang menggunakan partisi akan terasa lebih fresh karena sifatnya yang tidak mengisolasi secara penuh.

​Tips memilih partisi

JC House :  Dinding by ARF interior

Untuk memilih partisi yang cocok untuk ruangan, Anda dapat menggunakan beberapa tips mudah berikut yakni:

1.     Sesuaikan pemilihan jenis partisi dengan tujuan serta lokasi penempatan. Partisi untuk rumah dan kantor jelas berbeda. Pilihlah partisi dengan model unik dan artistik untuk ditempatkan di rumah. Sediakan juga wadah untuk pemilik berkreasi dengan memilih material yang tepat. Upayakan untuk tidak memilih partisi berbahan kaca sekiranya Anda memiliki anak kecil di rumah.

2.     Pilihlah partisi yang mudah dipindah-pindah dan atau digerakkan bila Anda hanya ingin membuat pembatas ruangan yang sifatnya sementara. Pasalnya dengan memasang partisi seperti ini sirkulasi udara tidak akan terganggu dan sangat mudah bongkar pasang.

3.     Jika hunian Anda bergaya minimalis dan memiliki ketinggian ruangan, Anda perlu menyesuaikannya dengan partisi jenis tertentu. Semisal jenis folding door yang berbahan alumunium dengan lapisan kain dan busa. Partisi folding door jenis ini akan membantu ruangan kedap sehingga ruangan lain tidak akan terganggu adanya suara kencang. Tambahkan roda pada setiap penyangga agar partisi mudah untuk dipindah-pindahkan.

Jika anda masih belum yakin untuk menggunakan partisi dalam ruangan karena takut akan membuat ruangan terlihat lebih kecil, maka alternatif lain adalah mengubah outline rumah menjadi desain open plan.

Partisi ruangan seperti apa yang Anda pilih untuk rumah Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!