Koridor dan lorong by David James Architects & Partners Ltd

6 Ide Railing Tangga Kayu untuk Beragam Gaya Rumah

Novrisa Wulandari – homify Novrisa Wulandari – homify
Google+
Loading admin actions …

Sebagai salah satu elemen rumah, tangga juga memegang peran penting yang mendukung keindahan rumah Anda. Dalam perkembangan terkini, desain railing tangga turut menambah nilai estetis tanpa meninggalkan fungsi amannya. Yang tak kalah menarik, kini railing tangga bisa didesain menyesuaikan gaya rumah yang Anda inginkan. 

Seperti apa desain railing tangga menurut macam-macam gaya rumah? Jangan skip ide di bawah ini!

Rumah Gaya Modern

 Tangga by Conely
Conely

Escalera/Estantería de madera

Conely

Konsep rumah modern biasanya terkesan bersih, luas, dan tidak cluttered. Material kayu seringkali menjadi unsur utama dalam rumah, entah untuk lantai, entah untuk railing tangga. Jika Anda berminat menonjolkan gaya modern pada rumah, buatlah railing tangga kayu yang polos dan punya fungsi lain. Contoh pada gambar, railing tangga difungsikan sebagai dinding pemisah ruangan.

Rumah Gaya Minimalis

 Koridor dan lorong by Specht Architects
Specht Architects

Manhattan Micro-Loft

Specht Architects

Rumah minimalis sebenarnya tak memerlukan banyak ukiran atau desain railing tangga mencolok. Untuk itu, agar gaya rumah minimalis tetap maksimal, mix dengan bahan besi di bagian pegangan serta gunakan kayu berwarna gelap.

Rumah Gaya Klasik

 Koridor dan lorong by Buscott Woodworking
Buscott Woodworking

Traditional Cut String painted staircase with an Oak Handrail and carved Brackets.

Buscott Woodworking

Railing tangga seperti ini mungkin sering Anda lihat di film. Tangga dengan railing seperti ini tak hanya menampilkan kesan klasik ke seluruh rumah, tetapi juga aman bagi anak-anak. Kreasikan dengan tampilan meliuk-liuk agar tak terkesan monoton.

Rumah Gaya Rustic

Rustic merupakan gaya arsitektur Amerika Serikat yang umumnya digunakan untuk bangunan kepala desa atau struktur dan desain interior rumah pribadi. Dalam Bahasa Indonesia, rustic diartikan ‘berkarat’ atau ‘tua’. Dalam dunia arsitektur dan interior, gaya rumah rustic dicirikan dengan tekstur yang kasar dan tidak di-finishing dengan baik. Contohnya, bisa Anda lihat dalam railing tangga kayu pada gambar yang mempertahankan struktur kayu apa adanya, tanpa diamplas atau dirapikan.

Rumah Gaya Artistik

Gaya artistik bisa ditonjolkan pada berbagai macam perabotan atau desain interior rumah. Khusus railing tangga, Anda bisa menambahkan railing ukiran sesuai selera serta mempertahankan warna kayu.

Rumah Gaya Futuristik

 Koridor dan lorong by Nash Baker Architects Ltd
Nash Baker Architects Ltd

The hallway and stairs at ​the Old Hall in Suffolk

Nash Baker Architects Ltd

Untuk mempertahankan kesan futuristik, warnai anak tangga Anda dengan putih atau gabungkan material kayu dengan lampu LED di sepanjang anak tangga. Berkesan lebih unik, kan?

Berapa kisaran harga instalasi railing tangga kayu?

Railing tangga dari kayu memiliki kisaran harga berbeda-beda, tergantung jenis kayu, model, dan modifikasinya, termasuk dengan ukiran atau tidak. Harga railing tangga kayu yang dimodifikasi dengan pemasangan kaca tempered misalnya, bernilai Rp1,2 juta – Rp1,8 juta. Sedangkan harga railing tangga kayu biasa (model umum) berkisar Rp250 ribu – Rp400 ribu per meter. Namun, jika Anda menambah ukiran pada railing tangga, harga naik berkisar Rp800 ribu – Rp1,5 juta per meter. Sekadar gambaran, cek daftar harga berikut ini.

Harga Railing Tangga Kayu Bentuk Bulat 

Jenis kayu Kamper 4,5x5,5 cm: Rp75.000 per lari

Jenis kayu Merbabu 4,5x5,5 cm: Rp100.000 per lari

Jenis kayu Jati Perhutani 4,5x5,5 cm: Rp220.000 per lari

Harga Railing Tangga Bentuk Oval atau Minimalis 

Jenis kayu Kamper 9x5 cm: Rp120.000 per lari

Jenis kayu Merbabu 9x5 cm: Rp160.000 per lari

Jenis kayu Jati Perhutani 9x5 cm: Rp420.000 per lari

Spesifikasi keduanya: 

- Railing tangga dari kayu solid dengan torehan di bawah untuk plat besi.

- Belum melewati finishing, hanya diamplas halus.

Agar lebih memahami instalasi railing tangga, simak kembali “Cara Membuat Tangga yang Aman dan Nyaman”.

Kelebihan Railing Tangga Kayu

 Koridor dan lorong by Haldane UK
Haldane UK

Luxury Staircase

Haldane UK

Tak perlu banyak alasan, inilah 3 besar kelebihan railing tangga kayu dibandingkan material lainnya. 

Cocok di segala gaya rumah. Apa pun gaya rumah Anda, minimalis, modern, klasik, futuristis, dan sebagainya, material kayu selalu ‘masuk’ untuk menciptakan kesan tertentu yang tak lekang waktu. 

Meningkatkan nilai jual rumah Anda. Apabila Anda berpikir kelak untuk menginvestasikan atau menjual rumah, instalasi railing kayu mampu menaikkan nilai jual rumah, apalagi kalau railing kayu tangga Anda dibuat apik dengan ukiran. 

Mudah dibersihkan dan lebih tahan lama dibandingkan hampir semua material tangga. Merawat railing tangga kayu tak sesulit kelihatannya. Namun, Anda perlu melapisinya dengan pernis sebagai perlindungan. Mengelap debu di permukaan serta menyikat pelan akan menjaga kualitas kayu agar tetap bersih dan segar dipandang.

Nah, itu tadi berbagai ide untuk railing tangga kayu rumah Anda. Gaya mana yang paling cocok untuk kepribadian Anda? Kasih tahu kami di komentar.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!