'S' house:  Koridor dan lorong by Simple Projects Architecture

7 Inspirasi Partisi Ruangan untuk Rumah Gaya Minimalis

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Meskipun sedang nge-tren rumah dengan desain lapang tanpa pemisah ruangan, namun terkadang masih tetap diperlukan pemasangan partisi untuk lebih memperjelas pembagian tiap area dalam rumah. Karena itulah, buku ide berikut ini akan membahas mengenai ide pemasangan dan gaya partisi untuk gaya desain rumah yang selalu populer yaitu gaya minimalis.

1. Partisi berupa rak buku

Gallery West Apartment:  Ruang Keluarga by Jati and Teak
Jati and Teak

Gallery West Apartment

Jati and Teak

Rak buku yang bergaya demikian memang diperuntukkan sebagai partisi ruangan karena tidak tertutup. Level-levelnya dapat Anda variasikan dengan mengisi tidak hanya buku, namun juga pajangan. Jika diletakkan di dalam ruang tamu seperti desain ini, maka rak pun menjadi multifungsi sebagai partisi antara area sosial, serta sebagai tempat penyimpanan buku-buku.

2. Partisi bilah kayu

Dining Room:  Ruang Makan by INERRE Interior
INERRE Interior

Dining Room

INERRE Interior

Nuansa kayu yang kental ada pada gaya ruang makan sekaligus dapur minimalis berikut. Karenanya, partisi yang digunakan sebagai pemisah antara area dapur dan ruang makan pun berwujud susunan kayu vertikal yang menjulang hingga ke langit-langit. Ide ini cocok Anda implementasikan jika Anda penggemar material kayu yang dominan.

3. Partisi tiang-tiang baja

Gaya unik secara instan diperoleh dari adanya pemasangan tiang-tiang baja berwarna hitam sebagai sekat antara area anak-anak tangga dan ruang keluarga. Sekat yang tetap terbuka ini tidak menghalangi flow ruangan namun memberikan sentuhan yang tidak biasa menemani anak-anak tangga kayu minimalis.

4. Partisi berbentuk abstrak

SMART DESIGN FOR LIMITED SPACE @ THE WAVE, EPICENTRUM, KUNINGAN:  Ruang Makan by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

SMART DESIGN FOR LIMITED SPACE @ THE WAVE, EPICENTRUM, KUNINGAN

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Bentuk abstrak yang tidak beraturan untuk sekat ruangan berikut ini didapatkan dari ukiran dengan garis-garis sembarang yang kemudian dicat warna putih untuk meredam karakternya yang kuat. Sekat yang demikian cocok untuk Anda penyuka gaya artsy, dan dalam gambar tampak digunakan sebagai pembatas di dalam apartemen untuk memisahkan area makan dan bersantai.

5. Partisi permainan siluet garis

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG:  Ruang Kerja by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Terdapat tiga jenis gaya sekat yang bertema garis-garis pada ruangan ini, yaitu horizontal, vertikal, dan diagonal. Semuanya disusun bertumpuk dan bersisian satu dengan yang lain, menciptakan siluet pembatas ruangan yang futuristik minimalis untuk ruangan yang tampak seperti perpustakaan mini berikut ini.

6. Partisi berupa rak penyimpanan

Residential_Landed_Semi-Detached House:  Kamar Tidur by daksaja architects and planners
daksaja architects and planners

Residential_Landed_Semi-Detached House

daksaja architects and planners

Jika rak buku di awal tadi sudah menjadi contoh partisi ruangan, maka rak persegi bersusun ini juga dapat jadi inspirasi rak penyimpanan sebagai partisi lainnya. Mengapit pintu menuju ke ruangan berikutnya, rak yang menjulang hingga plafon ini menjadi partisi tertutup yang benar-benar memisahkan antara ruangan yang satu dengan yang lainnya.

7. Partisi berupa meja konter

Meski tidak benar-benar menjadi pemisah berupa sekat, namun penempatan meja konter sebagai meja makan di dapur untuk membatasi area dapur dapat juga menjadi partisi yang apik. 

Dari ketujuh pilihan partisi beriku, manakah yang paling menarik dan bisa Anda aplikasikan di rumah Anda?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!