PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG, INDONESIA:  Ruang Makan by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Mengenal Granit: Bahan Bangunan Favorit

Marda Faqruradi Marda Faqruradi
Loading admin actions …

Granit telah digunakan sebagai bahan bangunan sejak zaman kuno. Ini adalah salah satu bahan bangunan tertua dan paling tahan lama yang tersedia, sehingga lebih tua daripada bangunan itu sendiri. Granit telah menjadi bahan pilihan untuk rumah dan bangunan mewah saat ini karena keindahannya yang abadi, nilai jual kembali dan karena tidak ada bahan sintetis yang bisa dibandingkan dengan keanggunan dan keawetannya. Produk alami yang terbuat dari batu ini tidak akan terdepresiasi seiring waktu dan akan terus menambah nilai pada properti tempat mereka dipasang. Tidak seperti sintetis, granit menyajikan kedalaman permukaan yang tampaknya hampir tiga dimensi. Ini memiliki pencahayaan yang tidak ada dari permukaan lain. Granit menciptakan kesan langsung keanggunan, dan dianggap sebagai nilai tambah yang pasti ada pada setiap checklist broker real estate.

Faktor Penentuan Harga Batu Granit

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG, INDONESIA:  Ruang Keluarga by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG, INDONESIA

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Granit dijual baik dalam ubin dan lembaran, dan sering digunakan tidak hanya untuk countertop dapur, tetapi juga untuk dinding, lantai, jendela, dan bahkan fasad bangunan. Variasi unik dalam warna dan perubahan urat membuat setiap spesimen menjadi karya seni alami. 

Beberapa faktor mempengaruhi harga granit, tetapi yang paling penting adalah penawaran dan permintaan. Pasokan dipengaruhi oleh aksesibilitas tambang, keseragaman batu di dalam tambang, dan kemampuan kerja batu. Granit yang sangat indah, yang mengandung warna langka (misalnya biru), atau yang hanya ditemukan di negara dunia ketiga akan lebih mahal.

Pembentukan Batu Granit

Granit, sebagai batuan beku (terbentuk dari aktivitas gunung berapi), berbeda dari marmer, batu kapur, dan travertine, yaitu batuan sedimen yang sebagian besar terdiri dari kalsit, mineral yang relatif lunak dan umum yang berasal dari kerangka hewan dan cangkang. Jutaan tahun kompresi dan panas di bawah permukaan bumi mengubahnya menjadi batu. Granit adalah salah satu batu tersulit yang tersedia, memiliki peringkat 7 pada Pengukuran Skala Kekerasan Moh. Sebaliknya, marmer hanya diberi nilai 3. Dan karena komponen utamanya adalah kalsium, marmer dan yang lain lebih rentan terhadap kerusakan oleh asam seperti cuka dan minuman jeruk.


Granit diyakini telah terbentuk sejak lama sebagai 300 juta tahun. Ini dimulai sebagai massa batuan cair, diperkirakan 1300-1400 derajat Fahrenheit, dibentuk oleh aktivitas gunung berapi sekitar 11-12 mil di bawah tanah. Proses alam menyebabkan magma secara bertahap naik ke permukaan di mana ia mulai mendingin sangat lambat selama jutaan tahun berikutnya atau lebih, mengeras menjadi granit. Seiring waktu, tanah di atasnya menjadi terkikis, meninggalkan hamburan tambang granit di seluruh dunia. Selain dari sumber-sumber tradisional, seperti Italia, Amerika Serikat, dan Kanada, daerah penghasil granit populer sekarang termasuk India, Cina, banyak negara Afrika, sebagian besar pegunungan Amerika Selatan, dan negara-negara Eropa utara. Granit terutama terdiri dari felspar, kuarsa, dan mika. Ini mungkin juga mengandung petunjuk muskovit, biotit, hornblende, dan piroksen dan mineral lainnya. Mineral ini adalah apa yang memberinya berbagai warna. Butir mineral putih di granit adalah feldspar, batuan paling melimpah planet kita, yang membentuk sekitar 60% permukaan bumi. Vena seperti kaca abu-abu terang adalah kuarsa, dan vena seperti serpihan hitam adalah biotit atau mika hitam. Mineral lainnya mengilhami batu dengan warna pelangi, tergantung pada sumbernya, dan varietas ini sering diberi nama yang unik. Salah satu jenis berbutir kasar, misalnya, disebut pegmatite, yang sering kaya unsur langka seperti uranium, tungsten, dan tantalum. Granit dibor dan dihancurkan dari tambang di blok-blok besar, dipotong menjadi lempengan oleh gergaji gergaji, dan dipoles sampai ketebalan seragam dengan mesin pemolesan otomatis. 

Ukuran lempengan akan bervariasi dari kuari ke kuari, tetapi jarang lebih dari 10 kaki panjangnya. Ini dipotong dan dibuat menjadi countertops menggunakan gergaji berlian, pisau atau mata bor. Granit semacam kristal dalam struktur, sehingga selalu memiliki lubang atau ruang kecil di antara berbagai kristal mineral. Mereka tidak terlihat sebelum dipoles, dan biasanya tetap tidak mengganggu pada bagian yang sudah jadi setelah permukaannya sangat halus. Granit juga mengandung celah alami yang mungkin tampak retak, tetapi tidak cacat struktural dan tidak akan merusak fungsi atau daya tahan material. Mereka terjadi secara alami dan dianggap sebagai bagian dari keindahan batu. Granit tidak disarankan untuk pelanggan yang lebih menyukai permukaan yang sangat seragam dalam warna dan pola, granit yang benar-benar bebas dari noda. Bagi orang-orang itu, batu yang direkayasa akan menjadi pilihan yang lebih disukai. Namun, tampilan alami jauh melebihi permukaan buatan yang telah kita lihat. Oleh karena itu, kami hanya memasang permukaan granit alami.  Karena varians quarry, lembaran  dijual dalam ukuran acak. Sebuah lempengan khas akan berukuran 4-5 ½ kaki lebar dan 7-9 kaki panjang. Ini yang paling penting dalam berurusan dengan kitchen island, karena kebanyakan orang menginginkan sebuah kitchen island tanpa lapisan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berapa ukuran lempengan yang diinginkan sebelum membuat pilihan. Satu-satunya cara untuk mengetahui adalah memanggil pabrikan setiap kali pesanan ditempatkan karena ukuran lempengan dapat berubah.

Kualitas Batu Granit

Meskipun granit sangat tahan lama saat dipasang dengan benar, itu tidak bisa dipecahkan. Ini dapat terkelupas atau retak jika dipukul dengan pukulan tajam oleh benda berat. Itu juga dapat rusak jika terjatuh saat instalasi. Itu tidak fleksibel, dan akan retak jika dipaksa untuk memutar atau menekuk. Oleh karena itu, granit seharusnya hanya ditangani oleh para profesional dan harus selalu didukung secara memadai oleh framing atau lemari yang tepat.

Granit tidak akan hangus atau terbakar melalui penggunaan biasa. Ini juga tahan terhadap noda. Namun, beberapa varietas dapat menyerap kelembaban dengan kontak yang lama. Biasanya, tidak ada bukti yang tersisa ketika cairan dihilangkan dan granit mengering, tetapi ini bisa menjadi masalah dengan cairan atau minyak berpigmen gelap. Sealer batu harus selalu diaplikasikan ke permukaannya setelah dipasang.

Kualitas granit sangat subyektif. Granit terbaik adalah granit yang paling sesuai dengan kebutuhan pembeli, baik untuk alasan estetika maupun praktis. Namun, sering dinilai pada kilaunya ketika dipoles, porositas permukaannya, dan percampuran warnanya. Hampir semua contoh sangat cocok untuk konter, lantai, dan dinding. Ada nilai yang lebih rendah tersedia, tetapi hanya sedikit yang dijual oleh pemasok terkemuka. Kualitas produk jadi lebih banyak terletak pada pengerjaan fabrikator daripada di produk itu sendiri.

Setelah pelanggan melihat bahwa itu akan masuk ke dalam anggaran, langkah selanjutnya adalah memilih warna. Tetapi sebelum ini dapat dilakukan, pembeli harus memutuskan apakah meja akan menjadi titik fokus utama di ruangan, atau fitur lain seperti lemari. Kadang-kadang pelanggan dapat memutuskan untuk mencampur dan mencocokkan bahan meja, dengan konter luar menjadi satu bahan dan potongan yang lain. Dalam beberapa kasus, sebuah potongan bahkan dapat dibagi menjadi dua tingkat, dengan granit dipasang di satu sisi saja.

Granit adalah batu primordial dengan variasi warna, nada, granularitas, pola, dll. Variasi ini, yang disebut sebagai 'gerakan', harus diharapkan dan merupakan sumber dari keindahan alamnya.

Persepsi Warna Granit

Perlu diingat bahwa urat di granit dapat mempengaruhi persepsi warna. Kadang-kadang dua ukuran butir yang berbeda yang terjadi di lempengan yang sama akan tampak dengan warna yang berbeda. Konsentrasi mineral dapat menyebabkan bercak yang tampak lebih gelap atau lebih terang.

Konsumen yang kurang mengenal bahan mungkin mengharapkan granit diperintahkan untuk identik dengan sampel yang diperlihatkan. Sementara sampel dimaksudkan untuk mewakili produk kuari, setiap lempengan mungkin sedikit berbeda dalam warna dan urat. Bahkan, satu lempengan granit pun akan memiliki variasi warna dari satu ujung ke ujung lainnya. Kurangnya prediktabilitas memberikan karakter unik pada produk dan menambahkan elemen alam ke dalam ruang yang dirancang manusia. Sesungguhnya, setiap spesimen adalah karya seni asli.

Sementara opsi warna banyak, biasanya yang terbaik adalah memilih spesimen yang ditebar secara lokal karena perbedaan biayanya. Jika lempengan harus dipesan khusus, pengirimannya akan mahal dan waktu tunggu bisa beberapa minggu. Selain itu, pelanggan harus setuju untuk menerima warna dan tanda-tanda yang tidak terlihat.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!