Studi Room & Library:  Ruang Kerja by CASA.ID ARCHITECTS

9 Trik Menata Rumah Sederhana Agar Tampak Elegan

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Tingginya harga tanah di kota-kota besar membuat sebagian orang lebih memilih membeli atau membangun model rumah sederhana. Begitu pun Anda? Memang, model rumah sederhana dibanderol dengan harga yang lebih efisien dibandingkan dengan rumah mewah berukuran lebih luas. Tapi, jika salah dalam menata interior, model rumah sederhana akan terkesan sempit dan sumpek.

Meskipun terkendala oleh lahan dan budget yang terbatas, Anda dapat membuat model rumah sederhana menjadi tampak lebih luas, elegan, dan menawan. Bagaiamana caranya? Para desainer interior memberikan rahasianya, yakni dengan cara merenovasi rumah dalam skala kecil dan menambahkan aksesoris serta dekorasi tertentu pada ruangan.

Hanya dengan beberapa sentuhan interior ruangan, Anda bisa menciptakan kesan luas dan nuansa mewah pada rumah. Kira-kira sentuhan apa saja yang dibutuhkan untuk model rumah sederhana Anda? Yuk, temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Pilih Warna Terang Untuk Model Rumah Sederhana

Untuk mendapatkan kesan luas dan lapang, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna terang, warna netral seperti hitam, putih, atau abu-abu, serta warna pastel. Anda bisa menerapkan warna-warna tersebut pada interior ruangan, seperti dinding, jendela, ceiling, lantai, dan perabot ruangan seperti sofa, meja, tirai, karpet, bantal-bantal, dan lainnya.

Adapun tipe corak warna yang dapat Anda pilih untuk memberikan kesan elegan dan mewah adalah bold dan dramatis atau netral dan lembut. Bagaimana dengan warna tua? Anda bisa menambahkan percikan warna tua pada wallpaper dengan warna dasar netral. Dengan catatan, warna tua tersebut bukan warna dominan.

Ada beberapa tren warna di tahun 2018 yang dapat Anda aplikasikan agar model rumah sederhana Anda tampak lebih luas dan mewah. Misalnya, warna monokrom alias perpaduan hitam dan putih, warna pastel seperti warna spruce blue green alias hijau kebiruan, warna ceria seperti warna kuning muda, dan warna-warna cerah lainnya.

Pilih Jendela dan Tirai Besar Untuk Model Rumah Sederhana

Sentuhan lain yang diperlukan untuk model rumah sederhana adalah pemilihan jendela dan tirai yang tepat. Pilihlah jendela yang besar agar banyak cahaya yang masuk dan memenuhi ruangan. Cara ini terbilang ampuh untuk membuat rumah sederhana Anda terlihat lebih luas, terang, dan terbuka.

Selain memilih jendela yang besar, Anda juga perlu menggunakan tirai yang tinggi dan besar. Pasanglah tirai dengan tinggi agar langit-langit rumah sederhana Anda terlihat lebih tinggi dan lebih luas secara vertikal. Pilihlah bahan tirai yang lembut dan jatuh, seperti sutra, linen, dan katun.

Terapkan Crown Molding Pada Model Rumah Sederhana

 Ruang Keluarga by Brown + Brown Architects
Brown + Brown Architects

South Crown Street Living Room

Brown + Brown Architects

Untuk mendapatkan kesan elegan dan mewah pada model rumah sederhana, Anda bisa memberikan sentuhan detil dengan menerapkan teknik crown molding (pengecoran berbingkai). Crown molding ini umumnya ditempatkan di sudut temu antara langit-langit dan dinding untuk mendapatkan kesan menarik dan mewah pada ruangan.

Teknik crown molding ini juga dapat diaplikasikan pada bagian atas pintu atau jendela. Adapun tipe-tipe crown molding yang bisa Anda pilih antara lain crown, ceiling, beams, dan chair rails. Sebagian desainer interior menganggap bahwa semakin lebar trim crown molding, maka ruangan akan semakin tampak mewah dan elegan.

Gunakan Furniture Multifungsi

Keterbatasan ruang pada model rumah sederhana bisa Anda siasati dengan menggunakan furniture multifungsi. Hal ini agar Anda dapat menata perabotan di dalam ruangan kecil dengan lebih efisien. Apa yang dimaksud furniture multifungsi? Berikut contohnya.

1. Manfaatkan ruang di bawah tempat tidur sebagai tempat menyimpan selimut, bedcover, sarung bantal dan guling, dan sebagainya. Anda bisa membeli atau memesan tempat tidur dengan laci di bawahnya. 

2. Manfaatkan ruang di bawah meja sebagai tempat penyimpanan. Anda bisa membeli atau memesan meja multifungsi dengan lemari di bawahnya agar lebih efisien saat penempatan. 

3. Manfaatkan ruang di atas lemari sebagai tempat menyimpan koper, travelling bag, dan lainnya dengan membuat rak atau lemari tambahan. 

4. Jika rumah Anda bertingkat, ada juga bisa memanfaatkan ruang di bawah tangga sebagai tempat menyimpan sepatu-sepatu Anda dan keluarga.

Pasang Cermin dengan Ukuran Besar

Trik jitu selanjutnya adalah dengan meletakkan cermin berukuran besar pada sudut strategis di dalam ruangan. Trik ini umum digunakan dan efektif untuk membuat ruangan sederhana Anda terlihat menjadi lebih luas dan lega. Pastikan untuk memilih cermin dengan warna yang senada dengan konsep ruangan. Dan, hindari pemilihan cermin dengan ornamen yang berlebihan.

Untuk jenis cermin, Anda bisa memilih cermin dinding (hanging mirror) atau cermin lantai (standing mirror). Pastikan Anda menyesuaikan dengan kondisi ruangan dan perhatikan kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Hindari Penggunaan Sekat Ruangan yang Terlalu Banyak

Agar tidak membuat ruangan yang kecil semakin sempit, hindari penggunaan sekat ruangan yang terlalu banyak. Sebab, sekat-sekat ini akan membuat ruang gerak Anda semakin terbatas. Selain itu, penggunaan dinding sebagai pembatas ruangan juga terbilang sudah ketinggalan zaman.

Anda bisa menggantinya dengan elemen lain yang lebih menarik dan dapat membuat model rumah sederhana Anda tampak lebih menawan. Misalnya, dengan menerapkan pembatas bermaterial kayu, anyaman, atau bambu. Anda juga bisa menggunakan karpet dengan warna yang berbeda untuk membedakan tiap ruangan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat sekat ruangan dengan cara membedakan ketinggian lantai atau ceiling, atau bisa dikenal dengan konsep rumah split level.

Jangan Tempatkan Furniture Menempel ke Dinding

 Ruang Keluarga by homify

Sebagian besar orang merapatkan furniture pada dinding untuk membuat ruang yang sempit menjadi lebih lapang. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sebagai contoh, pada ruang tamu yang kecil, sebaiknya posisikan sofa beberapa sentimeter dari dinding sebagai celah untuk bernafas. Hal ini berfungsi jika ada cahaya masuk, maka akan timbul bayangan dari sofa. Hal ini akan menciptakan kesan luas pada ruang tamu.

Tidak hanya itu, dengan adanya jarak, tentu akan memudahkan Anda dalam membersihkan lantai dan sofa. Celah ini juga membuat dinding Anda aman dari gesekan sofa yang dapat membuat kerusakan.

Gunakan Bantal – Bantal Mungil di Ruang Tamu

 Ruang Keluarga by LTAB/LAB STUDIO
LTAB/LAB STUDIO

SOGGIORNO – OPEN SPACE

LTAB/LAB STUDIO

Untuk menciptakan kesan luas pada ruang tamu minimalis, Anda perlu memperhatikan keseimbangan antara ukuran furniture dengan ukuran ruangan. Tidak perlu menempatkan satu set sofa dengan lengkap pada ruang tamu, Anda bisa mengurangi beberapa dan menggantinya dengan karpet dan bantal-bantal.

Pilihlah motif, ukuran, dan bahan bantal sesuai dengan konsep interior ruangan. Hindari pemilihan bantal berukuran besar karena hanya akan membuat ruang tamu tampak sempit dan penuh. Sebaiknya, tempatkan bantal – bantal berukuran kecil dengan motif sederhana.

Perhatikan Kebersihan Rumah Setiap Hari

Studi Room & Library:  Ruang Kerja by CASA.ID ARCHITECTS
CASA.ID ARCHITECTS

Studi Room & Library

CASA.ID ARCHITECTS

Tips jitu terakhir yang tidak kalah penting adalah perhatikan kebersihan rumah setiap hari. Model rumah sederhana akan tampak elegan dan mewah jika terjaga kebersihannya. Selain membersihkan lantai, Anda juga perlu membersihkan debu pada perkakas dan perabotan rumah secara rutin, yakni sekali dalam seminggu.

Saat membersihkan rumah, pastikan tidak ada sudut rumah yang terlewat, mulai dari jendela, langit-langit, kolong lemari, meja, dan lainnya.

Apakah Anda sudah siap menata ulang model rumah sederhana Anda menjadi lebih luas dan elegan?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!