Rumah by Taller Estilo Arquitectura

7 Kiat Membangun Taman Minimalis Depan Rumah

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify
Loading admin actions …

Hunian tanpa taman ibarat sayur tanpa garam, kurang lengkap. Hunian yang lengkap dengan taman menjadi impian banyak orang, termasuk Anda, bukan? Namun, sayangnya tidak semua hunian memiliki lahan yang cukup untuk dibangun taman. Terlebih pada rumah minimalis yang memiliki lahan terbatas sehingga pemilik merasa sulit untuk membuat taman minimalis depan rumah.

Benarkah lahan yang sempit menjadi kendala dalam membangun taman minimalis depan rumah? Tidak juga. Anda tetap bisa membuat taman dengan lahan yang terbatas lho. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar taman minimalis depan rumah tampak cantik dan asri. Sebab, jika salah dalam menata, Anda justru akan membuat taman terlihat sumpek.

Lalu, bagaimana cara membangun taman minimalis depan rumah agar tampak cantik dan indah? Apa saja yang perlu diperhatikan? Apa saja trik yang perlu diterapkan? Yuk, mari kita simak pembahasan di bawah ini dan temukan jawabannya.

Hitung Luas Area Taman Minimalis Depan Rumah

  by House of Green
House of Green

Schutting voortuin Leidschendam

House of Green

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghitung dan mengukur luas area lahan taman minimalis depan rumah. Perhitungan luas area taman ini penting karena akan berpengaruh pada penentuan konsep dan tema taman minimalis depan rumah. Tidak hanya itu, dengan mengetahui luas area lahan, maka akan lebih mudah menentukan jenis  dan jumlah tanaman yang tepat.

Apabila luas area lahan taman minimalis depan rumah memiliki ruang yang cukup, Anda bisa menempatkan beberapa jenis tanaman hias yang dilengkapi ditambah kolam. Tetapi jika luas area benar-benar terbatas, Anda dapat menerapkan konsep taman vertikal dengan memanfaatkan dinding di halaman depan rumah. Karena sangat tidak tepat jika lahan yang sempit ditanamkan bunga dan tanaman hias dalam jumlah banyak.

Tentukan Desain dan Konsep Taman Minimalis Depan Rumah

 Taman by Zen Ambient
Zen Ambient

jardín de bambú

Zen Ambient

Setelah menghitung luas area lahan taman minimalis depan rumah, Anda bisa membuat desain dan konsep taman. Jika area lahan taman memiliki ruang yang cukup untuk ditempati selain tanaman, Anda bisa menambahkan kolam dengan pancuran, atau kursi taman untuk menciptakan kesan luas. Anda juga bisa membuat jalan setapak dengan batu-batu untuk memperindah taman.

Penentuan konsep taman juga berpengaruh dalam memilih jenis media penempatan tanaman, antara lain penanaman langsung ke tanah atau lewat media tanam pot. Jika ingin menciptakan kesan luas pada taman dengan kontur landscape, sebaiknya lakukan penanaman langsung ke tanah. Tapi, jika ingin menerapkan konsep taman vertikal pada lahan yang terbatas, pilihlah penanaman dengan media tanam.

Pilih Jenis Tanaman yang Sesuai dengan Konsep Taman

Pemilihan jenis tanaman perlu disesuaikan dengan luas dan konsep taman minimalis depan rumah serta iklim di daerah hunian Anda. Anda perlu memperhatikan kebutuhan tanaman akan cahaya matahari. Ada jenis-jenis tanaman yang kuat terkena paparan sinar matahari secara langsung dan ada yang tidak.

Umumnya, jenis tanaman dengan batang kayu terbilang kuat dan membutuhkan cahaya matahari lebih banyak untuk fotosintesis. Sedangkan jenis tanaman yang batangnya tidak kayu, biasanya hanya memerlukan sedikit cahaya matahari. Sebaiknya pilih tanaman dengan ukuran kecil tapi mampu menciptakan kesan teduh, misalnya seperti jenis pohon perdu atau tanaman palem.

Jika ingin memilih tanaman berukuran agak besar, tempatkanlah sebagai sentral, contohnya jenis tanaman anthurium dengan kelompok daun lebar. Lalu Anda bisa mempercantik dengan beberapa tanaman berukuran lebih kecil sebagai pelengkap, seperti jenis tanaman adenium.  

Kemudian, jangan lupa untuk menutup lahan terbuka di taman minimalis depan rumah dengan rumput. Anda bisa memilih jenis rumput jepang atau rumput golf karena berkualitas sangat baik sehingga lebih mudah dirapihkan dibandingkan dengan jenis rumput lain.

Konsultasikan dengan Desainer Eksterior Taman

Dalam menentukan desain dan konsep taman minimalis depan rumah, alangkah baiknya jika Anda konsultasikan dengan desainer eksterior. Mungkin terkesan membutuhkan biaya lebih, tetapi lihatlah dari sisi yang berbeda. Dengan menggunakan jasa para ahli, maka hasil yang didapatkan akan lebih memuaskan.

Selain itu, menggunakan jasa para ahli dalam membangun taman minimalis akan mengurangi biaya tidak terduga. Mengapa? Karena para ahli sudah berpengalaman sehingga kemungkinan kecil terjadi kesalahan pembangunan. Dan, pastikan Anda diskusikan dengan para ahli untuk menyesuaikan konsep dan desain taman minimalis depan rumah dengan tema interior dan eksterior hunian Anda.

Perhatikan Penataan Tanaman Pada Taman Minimalis

 Rumah by HUICHOL

Penataan yang tepat adalah salah satu kunci penting untuk mendapatkan tampilan cantik pada taman minimalis depan rumah Anda. Salah satunya yakni dengan tidak menempatkan tanaman dengan jarak yang sangat berdekatan karena akan membuat taman terlihat semakin sempit. Tempatkanlah tanaman Anda dengan sistem penataan yang lurus dan beri jarak agar terlihat rapi.

Untuk menghindari tampilan yang monoton, jangan menempatkan hanya satu jenis tanaman saja. Kreasikan taman Anda dengan beberapa jenis tanaman. Jika terkendala oleh lahan yang sempit, Anda bisa menata tanaman secara vertikal dengan memanfaatkan media tanam yang digantung pada dinding atau atap teras. Tidak hanya menggunakan pot, Anda juga bisa menggunakan barang-barang bekas seperti botol.

Perhatikan Pembangunan Drainase Taman

Pembangunan drainase yang tepat sangat diperlukan karena area taman akan sering terkena siraman air, baik ketika Anda menyirami tanaman atau karena air hujan. Untuk itu, pastikan saluran drainase yang Anda bangun terhubung dengan saluran pembuangan air rumah Anda. Buatlah lubang drainase sedikit di bawah permukaan taman untuk memudahkan pennyerapan air.

Anda bisa memilih penutup drainase dengan lubang yang kecil untuk menyaring kotoran seperti daun atau bunga yang jatuh agar tidak menyumbat saluran.

Cara Merawat Taman Minimalis Depan Rumah

Setelah taman minimalis depan rumah Anda sudah jadi dan sesuai dengan ekspektasi, apakah pekerjaan Anda selesai? Tentu tidak. Anda perlu membuat taman agar tetap terawat agar tanaman-tanaman Anda tumbuh sehat dan tidak mati. Bagaimana cara merawat taman dengan baik? Simak yuk.

Siram Tanaman dengan Teratur

Pastikan Anda menyiram tanaman dengan teratur. Maksud teratur di sini adalah yakni sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing jenis tanaman. Jika tanaman A harus disiram setiap hari, maka Anda tidak boleh melewatkannya. Begitu juga dengan tanaman lain yang membutuhkan air dua sampai tiga hari sekali.

Perhatikan Kelembaban Tanaman

Perhatikan tingkat kelembaban tanaman sesuai kebutuhan. Biasanya, tanaman yang kekurangan kelembaban ditandai dengan bintik-bintik pada daun. Maka yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan kelembaban dengan cara menyiram air di sekitar tanaman atau memindahkannya ke tempat yang lebih lembab.

Perhatikan Kebutuhan Cahaya Tanaman

Pastikan tanaman-tanaman Anda mendapatkan pencahayaan yang cukup sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tentu penting karena tanaman membutuhkan cahaya untuk berfotosintesis.

Lindungi Tanaman dari Hama dan Serangga

Jika Anda kurang telaten merawat tanaman-tanaman pada taman minimalis depan rumah, maka hama dan serangga akan datang mengganggu. Untuk itu, segera bersihkan tanaman dari serangga dan hama dengan obat pembasmi hama.

Bersihkan Taman secara Berkala

Bersihkan taman Anda dari sampah dan kotoran, seperti daun kering dan ranting yang jatuh. Bersihkan juga debu-debu yang menempel pada daun tanaman Anda. Pastikan Anda membersihkannya secara berkala agar taman minimalis depan rumah tetap asri.

Sudah siapkah Anda membangun taman impian untuk mempercantik tampilan hunian Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!