Kamar Tidur by Dröm Living

Kenali Jenis Dan Fungsi Kasur Agar Istirahat Anda Lebih Berkualitas

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Tiap orang membutuhkan istirahat yang nyaman setelah lelah melakukan aktifitas seharian penuh salah satunya dengan tidur. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas tentunya kita membutuhkan wadah/alas tidur yang menunjang untuk kenyamanan tersebut yakni kasur.

Sayangnya, memilih kasur yang tepat untuk beristirahat bukanlah hal yang mudah. Materi, harga dan kecocokan desain dengan kamar tidur anda merupakan berbagai hal yang jadi pertimbangan dalam memilih kasur. 

Yah, kasur menjadi bagian elemen penting dalam tidur, menjadi semacam investasi mengingat dalam sehari kita menghabiskan waktu sekitar 8 jam untuk beristirahat. Menunjang kualitas tersebut, bukan hanya waktu dan kondisi kamar yang sesuai, Anda juga perlu memilih jenis kasur yang sesuai.

Ada banyak jenis kasur yang beredar di pasaran. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Ada baiknya sebelum membelinya, Anda perlu mengetahui beberapa jenis dan fungsi dari kasur. Kali ini, homify akan mengulas beberapa jenis kasur berdasarkan materi, lengkap dengan harga dan tips dalam integrasi desain. Tunggu apalagi?

1. Kasur Kapuk

Renovasi Kamar Tidur Utama:  Kamar Tidur by Tata Griya Nusantara
Tata Griya Nusantara

Renovasi Kamar Tidur Utama

Tata Griya Nusantara

Merupakan kasur tradisional yang berasal dari pohon randu sebagai bahan dasarnya. Kain katun bercorak garis menjadi motif lapisan luar yang membungkusnya. Kasur ini telah lama dikenal masyarakat. Bahkan hingga kini sebagian besar masyarakat yang tinggal di daerah masih menggunakannya.

Karena terbuat dari bahan alami, kasur jenis ini sangat aman digunakan karena nyaman dan tidak panas. Harganyapun sangat terjangkau. Untuk ukuran single bed dibandrol mulai harga 200 ribu sampai dengan 1 juta tergantung pada kualitas dan kepadatan kapuk. Agar nyaman, kasur sebaiknya ditaruh di atas tempat tidur/dipan beralas kayu yang kuat untuk menyangga.

Namun begitu, jenis kasur ini memiliki banyak kekurangan. Pemakaian dalam jangka waktu lama menjadikannya mudah kempes sehingga perlu diisi/ditambah kembali. Kasur ini juga rentan berdebu. Saat ditepuk-tepuk makas serpihan kapuk dan debu akan berterbangan. Kondisi ini rentan menganggu pernafasan. Bila tidak telaten dirawat dengan cara dijemur atau dibersihkan, kasur juga rentan menjadi tempat bersarangnya tungau atau kutu busuk di sela-sela jahitan atau ujung-ujung kasur. Itulah sebabnya kasur ini sudah jarang digunakan oleh para consumer dan mencari alternative jenis lainnya.

2. ​Kasur Busa

Kamar Tidur Utama:  Kamar Tidur by Likha Interior
Likha Interior

Kamar Tidur Utama

Likha Interior

Dibuat dari material dasar busa yang telah melalui proses kimiawi dinamakan poliuretan. Jenis kasur ini sebenarnya sangat fleksible karena mengikuti bentuk badan. Saat bangun, kasur akan kembali ke bentuk semula. Meski demikian, untuk pemakaian dalam jangka waktu lama kasur juga dapat kempes tergantung pada ketebalan dan kualitas busa. Namun begitu jenis ini tidak memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga rentan menimbulkan suhu panas.

Harga kasur sangat variatif mulai dari 200 ribu sampai dengan 2 juta rupiah mengacu pada kualitas dan material busa. Ketimbang kasur kapuk, kasur ini jauh lebih baik karena ketahanan, ringan, dan minimalis efek yang ditimbulkan. Ahli tulang dan ortopedi menyatakan, kasur ini biasanya dianjurkan pada orang yang mengalami nyeri otot atau kelelahan kronis di kasur SpringBed. Meski banyak orang menggunakan kasur ini secara langsung tanpa alas di atas lantai, namun akan lebih baik bila ditaruh diatas tempat tidur kayu untuk kenyamanan dan menghindari kontak langsung udara dingin dari lantai atau serangga-serangga.

Kasur busa ada tiga jenis, Pertama, jenis dengan resleting. Keunggulannya, desain biasa namun mudah untuk dilepas dan dicuci. Biasanya banyak digunakan pada kasur bayi dan anak-anak karena mudah untuk dicuci. Kedua, tanpa risleting. Keunggulannya desain menarik dengan motif dan corak beragam yang memikat mata, hanya saja jenis ini sulit untuk dicuci dan dibersihkan. Ketiga, tipe gabungan. Kelebihannya, desain apik karena perpaduan 2 desain. Kekurangannya hanya di harga yang cukup tinggi.

3. ​Kasur Springbed

Luxury Bedroom in Salatiga:  Kamar Tidur by TIES Design & Build
TIES Design & Build

Luxury Bedroom in Salatiga

TIES Design & Build

Merupakan salah satu jenis kasur yang paling banyak diminati oleh konsumen zaman sekarang. Kasur ini memadukan teknologi kasur busa dan teknologi pegas. Tak heran bila sebagian orang menyebutnya sebagai kasur pegas. Teknologi pegas membantu kasur kembali ke bentuk semula menyesuaikan bentuk dan berat tubuh penggunanya. Pastinya Anda akan merasa nyaman berada diatasnya. Rangka kasur disusun dari kayu jenis tertentu yang memiliki kekuatan teruji untuk menopang per dan beban diatasnya.

Keunggulan lain dari kasur ini adalah terdapatnya rongga-rongga diatas pegas yang membuat sirkulasi udara lancar sehingga nyaman digunakan dan tidak akan terasa panas. Meski begitu apabila pegas sudah mulai mengendur kerap membuat cekungan di bagian tengah sehingga akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman. Pegas yang dipakai kurun waktu lama juga rentan berkarat yang memicu berkembangnya bakteri dan jamur.

4. ​Kasur Latek

Kamar Tidur Anak:   by Vivame Design
Vivame Design

Kamar Tidur Anak

Vivame Design

Kasur ini terbuat dari karet alam yang aman dan hampir tidak menimbulkan alergi apapun. Kasur ini banyak dicari oleh mereka yang peduli lingkungan sekaligus mengutamakan kenyamanan.

Kelebihan lainnya kasur ini awet dan lebih sejuk ketimbang kasur lainnya karena sirkulasi udara masuk melalui lapisan busa. Dijamin kasur ini tidak akan menjadi tempat bersarangnya tungau ataupun kutu-kutu lainnya.

Karena kelebihan tersebut, kasur ini memiliki harga relative tinggi ketimbang kasur lainnya. Kasur ini juga memiliki bobot lebih dari rata-rata sehingga Anda harus merogoh kocek lebih tinggi untuk membeli rangka tempat tidur yang kokoh sebagai tempat untuk menyangganya. Untuk kualitas yang baik, harga satu set rangka dan kasur bahan ini biasanya diatas 5 juta rupiah.

5. ​Kasur Memory Foam

Ranjang dan Panel Ranjang:  Bedroom by Pro Global Interior
Pro Global Interior

Ranjang dan Panel Ranjang

Pro Global Interior

Jenis kasur ini sangat nyaman, halus dan empuk, cocok bagi mereka yang memiliki masalah penyakit punggung. Dijamin kualitas tidur Anda akan terjaga dengan baik. Memory Foam memang dirancang sedemikian rupa dari bahan yang lembut sehingga membuatnya dapat mengikuti bentuk tubuh penggunanya, dan juga memiliki sifat sensistif terhadap temperature.

Memory Foam atau visco elastic memory awalnya dikembangkan oleh para ilmuwan Swedia untuk pembuatan tempat duduk para astronot NASA. Fungsinya untuk mengurangi pengaruh tekanan gaya gravitasi bumi yang kuat pada saat tinggal landas. Memory foam diyakini dapat mengurangi tekanan pada bagian tubuh saat kita berbaring diatasnya. Kasur berbahan ini digadang-gadang akan menjadi pengganti busa ataupun dacron di masa yang akan datang.

Disamping beberapa jenis kasur yang umum Anda jumpai diatas, Ada juga jenis kasur lain yang fungsinya tergolong praktis diantaranya:

6. Kasur Lipat

Kasur jenis ini memiliki berbagai macam bentuk dan pola. Seperti namanya keistimewaan kasur ini adalah sifatnya yang fleksible karena bisa dilipat sehingga Anda bisa dengan mudah membawanya kemana saja. Kasur jenis ini biasanya berbahan dasar busa, dacron atau bahkan udara dengan ketebalan yang berbeda-beda.

Karena sifatnya yang elastis dan ringan membuat kasur jenis ini amat diminati banyak orang. Ragam, ukuran dan harga pun sangat variatif. Sedangkan ketahanan tergantung pada kualitas dan material kasur itu sendiri. Umumnya kasur ini banyak dipakai sebagai kasur tambahan di rumah atau travelling. Semisal dipakai untuk bersantai saat menonton TV bersama keluarga, tempat tidur anak, dll.

Kasur ini bisa dipakai begitu saja tanpa alas ataupun dengan menggunakan dipan/alas khusus. Harga jenis kasur inipun sangat beragam mulai dari 100 ribu sampai dengan 500 ribu rupiah.

7. Kasur Air (Waterbed)

Kamar Tidur Anak Mr TD:  Kamar Bayi & Anak by JESSICA DESIGN STUDIO
JESSICA DESIGN STUDIO

Kamar Tidur Anak Mr TD

JESSICA DESIGN STUDIO

Merupakan kasur yang berisi air. Kulit kasur terbuat dari plastic vinil yang berfungsi sebagai penahan air. Bagian dalam kasur dibagi menjadi kompartemen-kompartemen agar air tidak bergolak ketika mendapat tekanan saat ditiduri. Sementara itu untuk mencegah air dalam kasur ditumbuhi alga dan bakteri, bahan kimia khusus ditambahkan ke dalam air.

Karena berisi air, bobot kasur menjadi lebih berat ketimbang jenis lainnya. Untuk mencegah dingin, air dalam kasur dapat dihangatkan menggunakan penghangat bertenaga listrik. Namun Anda memerlukan tenaga listrik sekitar 500 s.d 2000 kwh per tahunnya bergantung pada ukuran kasur, iklim dan faktor lainnya. Hmm.. cukup banyak kan? Pemakaian listrik ini bisa dikurangi sekitar 60% pada kasur air berlapis karet busa. Harga kasur jenis ini relatif terjangkau mulai dari 100 ribu sampai dengan 800 ribu rupiah.


Kasur Udara

Sesuai namanya, kasur jenis ini adalah kasur yang diisi dengan angin. Kasur mudah dilipat dan dibawa kemana-mana seperti untuk traveling, untuk tamu, tempat tidur tambahan, dll. Kasur ekonomis ini bahkan bisa digunakan untuk bermain di air sebagai alat mengapung di kolam, danau atau pantai karena terbuat dari PVC vinyl plastic & karet yang membuatnya tahan terhadap air.

Kelenturan kasur dapat diatur sedemikian rupa sesuai keinginan dengan mengatur isi udara. Bagi beberapa orang kasur ini diklaim mampu meningkatkan kualitas tidur dan membantu meringankan penderita sakit tulang belakang.

Harga kasur ini relatif terjangkau mulai dari 100 ribu sampai dengan 500 ribu rupiah. Siapapun dapat memilikinya. Namun begitu, Anda harus menjauhkan benda-benda tajam dari kasur ini karena rentan terhadap bocor dan kempes. Oleh sebab itu sediakan selalu lem penambal khusus kasur angin.

Umumnya kasur ini berukuran double mulai dari 130 cm x 185 x 25 cm. Namun ada juga yang berukuran single

Demikan beberapa jenis kasur yang umum dijumpai dipasaran. Saatnya Anda menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan selera. Selamat memilih !

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!