Rumah Berkonsep Modern Kontemporer dengan Eksterior Kayu Fantastis!

Ad
Henti Kresdiana Henti Kresdiana
homify Kolam renang halaman
Loading admin actions …

Rumah asri dan teduh selalu menjadi dambaan setiap orang khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang padat. Demi mewujudkan suasana tersebut tentunya dibutuhkan kepandaian dan kreatifitas dalam memilih desain yang mendukung. Salah satu alternatif desain favorit misalnya memadu padankan antara konsep modern dan kontemporer. Seperti konsep yang dihadirkan oleh salah satu profesional kami, dalam karya mereka yang merupakan hunian di kawasan Jakarta bernama Permata Buana Residence. 

Kawasan ini menghadirkan satu hunian berkonsep naturalis dengan menonjolkan elemen kayu terutama di bagian eksterior rumah. Potongan-potongan kayu panjang menjadi ciri khas utama yang membalut dinding bagian luar fasad. Secara keseluruhan tampilan rumah nampak begitu asri. Mari kita melihat detail setiap sudutnya!

​1. Menyatu dengan alam

Elemen kayu membalut hampir seluruh bagian luar rumah. Konstruksi rumah nampak menyatu dengan alam meski terlihat jelas bagian dalam dibangun dengan konsep modern dan elegan. Tanaman di pekarangan yang letaknya di tengah hunian memberi efek teduh di kala panas menyengat. Sedangkan elemen air di kolam renang akan membantu menurunkan temperatur dan membuat penghuninya lebih rileks. Hunian rumah tinggal ataupun kantor dengan konsep seperti ini akan menjadi tempat yang sangat cocok untuk melepas penat dan lelah. Sekilas pandang, hunian ini nampak seperti villa. Area yang luas membuat siapapun yang datang dapat menjelajah dan menikmati tiap sudutnya.  Meski elemen kayu telah mendominasi di eksteriornya, namun tanaman diatas balkon yang hijau menjadi pelengkap hadirnya unsur naturalis dalam bentuk kayu hidup di seluruh hunian.

​2. Atap, dinding dan lantai

Lantai, dinding dan plafon kayu hunian ini menambah kekentalan unsur natural dalam sudut tepian kolam renang. Alas dek dari kayu akan memberikan rasa nyaman untuk Anda duduk-duduk, begitupun saat dipijak. Tengoklah bagian plafon dan partisi di dekat dinding yang juga terbuat dari kayu dengan desain klasik memanjang terletak tepat di depan kaca.

Kayu yang dipilih tentu bukan sembarang kayu. Jenisnya haruslah yang memiliki ketahanan terhadap air dan kekuatan yang teruji. Semisal kayu jati, gaharu atau sejenisnya. Ini adalah ciri khas sekaligus kelebihan profesional kami yang satu ini.

Tanaman dalam pot besar maupun kecil sukses memberi “hidup” sekaligus penyegar di sudut ruangan. Hanya lantai kolam berwarna biru tua dan biru muda yang berbeda dari keseluruhan konsep dan elemen desain. Anehnya corak ini tidak menyimpang dari harmonisasi desain keseluruhan melainkan sebaliknya menjadi penegas dari efek naturalis yang dicipta kayu dengan dominan warna coklat. Indah bukan? Hampir seluruh susunan kayu dipasang secara vertikal. 

​3. Jembatan kayu dan lorong kayu

Lorong panjang terbuka yang lebih menyerupai jembatan juga tak luput dari struktur kayu. Dan sudah bisa ditebak hasilnya sangat mempesona. Susunan kayu-kayu kecil berjajar rapi diatas topangan kayu besar dibawahnya, menyangga dengan apik lorong yang menghubungkan antara ruangan satu dengan lainnya. Saat melintas diatasnya, ingatan Anda akan berpetualang pada sebuah jembatan kecil di alam bebas.

Menengok bagian lainnya, rangka atap yang menaungi sebagian lorong juga tersusun dari rangkaian kayu, sedangkan tanaman berbagai ukuran yang tersusun di sisi kiri dan kanan koridor turut memberi andil hadirnya suasana segar layaknya pedesaan. Bukan hanya terlindung dari sengatan panas, Anda akan merasakan keteduhan saat melintas. Anda juga akan betah berlama-lama menyusuri koridor dan lorong. Bayangkan saat melintasinya hembusan angin memberi kesejukan tiada tara.

Sentuhan ornamen batu besar berwarna perak di pinggiran lorong sukses memberi sentuhan modern di tengah naturalisme yang terbangun. Jendela kaca besar yang juga berfungsi sebagai pembatas ruang dalam luar seakan luluh. Anda akan berasa sedang berada di ruangan terbuka.

​4. Kaca sebagai dinding dan jendela

Kaca besar tidak hanya berfungsi sebagai ‘dinding’ namun juga jendela yang mengatur keluar masuknya cahaya. Hal ini otomatis membantu mengurangi biaya listrik karena pemanfaatan cahaya natural yang maksimal. 

Selanjutnya adalah interior bagian dalam yang dibuat hampir sama dengan bagian luar. Contohnya adalah tangga. Ruang dalam yang sedianya bertingkat dua dibuat menjadi tanpa batas dengan konsep dinding yang tinggi. Demikian juga kaca bagian depan mengikutinya.

Pembatas antara lantai satu dengan lantai 2 justru nampak di bagian luar dinding kaca yang ditandai dengan garis pembatas yang nampak seperti klep. Sepertinya ‘klep’ ini berfungsi elastis sebagai jendela atau pintu masuk.

5. Modern naturalis

Kembali pada tampilan keseluruhan, maka kata yang tepat untuk menyimpulkan konsep hunian adalah modern naturalis. Lantai, dinding, lorong dan juga penataan taman di tengah keterbatasan lahan menjadi satu paket hunian asri. 

Sebagai penutup,  menggunakan jenis kayu lokal dan struktur konstruksi yang tepat membuat desain rumah menjadi cantik dan hidup. 

Terakhir, percayakan rumah idaman Anda pada profesional yang sudah berpengalaman. Selamat berkreasi!

Anda tertarik menghadirkan rumah naturalis sebagai hunian Anda?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah