8 Tips Menata Kitchen Set Jadi Super Nyaman Sudah siap mengubah kitchen set Anda menjadi super nyaman?

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

8 Tips Menata Kitchen Set Jadi Super Nyaman

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify
Kitchen set :  oleh viku,
Loading admin actions …

Dapur nyaman dengan tampilan menawan mutlak diperlukan bagi Anda yang hobi memasak dan menyukai masakan olahan rumahan. Sebab, tentu Anda dan keluarga akan cukup banyak menghabiskan waktu di dapur, bukan? Untuk itu, Anda perlu memperhatikan banyak hal saat mendesain interior ruangan. Mulai dari memilih furnitur, menentukan warna yang sesuai, hingga menata kitchen set yang baik dan benar.

Penataan kitchen set yang tepat tidak hanya membuat interior dapur tampak lebih menawan, melainkan juga akan menunjang aktivitas memasak Anda. Apalagi jika Anda memiliki dapur dengan ukuran terbatas, sehingga perlu menata peralatan dapur sesuai dengan urutan dan tata letak yang benar agar workflow di dapur lancar.

Lalu, bagaimana cara menata kitchen set yang baik dan benar? Furnitur seperti apakah yang sebaiknya digunakan? Serta warna dan model apa yang tepat untuk diaplikasikan? Yuk, simak ulasan berikut dan temukan jawabannya.

1. Pertimbangkan Ukuran Kitchen Set Anda

kitchen set bandung: Kitchen oleh viku,
viku

kitchen set bandung

viku

Untuk menciptakan dapur yang nyaman dan menawan, hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran kitchen set Anda. Sesuaikan ukuran kitchen set dengan ukuran dapur Anda. Jika dapur Anda memiliki ruang terbatas alias minimalis, maka pilihlah kitchen set yang tidak terlalu besar namun fungsional. Misalnya dengan memaksimalkan fungsi dinding dengan membuat kabinet penyimpanan, dan sebagainya.

Namun, jika Anda memiliki ruang dapur yang cukup luas, Anda bisa lebih leluasa dalam memilih ukuran kitchen set. Tapi, Anda tetap perlu memastikan bahwa ukuran kitchen set proporsional dengan furnitur dan perabotan lain, seperti lemari pendingin, kompor, dan sebagainya.

2. Mengatur Urutan Kitchen Set Yang Sesuai dan Efektif

Kitchen Set: Unit dapur oleh Ectic,
Ectic

Kitchen Set

Ectic

Agar workflow Anda di dapur berjalan lancar, sebaiknya tatalah kitchen set sesuai dengan urutannya dengan benar. Mulai dari menempatkan wastafel untuk mencuci bahan masakan dan mencuci peralatan dapur, menempatkan kitchen island atau meja mengolah bahan masakan, memasang kabinet fungsional, hingga menempatkan ‘alat perang’ masak seperti kompor, oven, dan sebagainya.

Untuk memudahkan Anda dalam memasak, sebaiknya simpan dan tata peralatan memasak sesuai dengan jenisnya. Misalnya, simpan peralatan makan, seperti piring, gelas, sendok, garpu pada satu area yang berdekatan. Pastikan pula area penyimpanan tersebut berada di area penyajian dan meja makan.

Sedangkan untuk peralatan memasak seperti wajan, panci, pisau masak, bumbu dapur, dan sejenisnya dapat Anda letakan pada area yang berdekatan dengan kompor agar memudahkan Anda saat memasak. Dengan menata kitchen set sesuai dengan urutan yang benar, tentu lebih memudahkan saat Anda akan menggunakan peralatan masak atau peralatan makan sehingga tidak perlu bolak-balik di dapur. Sangat efektif, bukan?

3. Pertimbangkan Material dan Warna Kitchen Set Anda

Kitchen Set Sawojajar Malang: Kitchen oleh  the OWL,
the OWL

Kitchen Set Sawojajar Malang

the OWL

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat hendak menata kitchen set adalah pemilihan material dan warnanya. Pilihlah material kitchen set yang tahan lama sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Adapun beberapa material yang dapat Anda pilih yakni kitchen dengan bahan kayu solid (hardwood) dan stainless steel.

Selain perihal material, Anda juga perlu memperhatikan warna kitchen set. Pilihlah warna yang sesuai dan menyatu dengan konsep interior ruangan dan rumah Anda. Pastikan juga warna yang Anda pilih dapat menaikkan mood Anda saat memasak. Misalnya, menerapkan warna terang, seperti putih pada kitchen set Anda. Sebab, warna-warna terang tidak hanya menimbulkan kesan bersih, melainkan juga akan membuat dapur tampak lebih luas.

4. Tata Kitchen Set Sesuai dengan Intensitas Penggunaan

Kitchen minimalis x classic american style: Dapur built in oleh JRY Atelier,
JRY Atelier

Kitchen minimalis x classic american style

JRY Atelier

Selain mengelompokkan sesuai jenisnya, Anda juga perlu mengelompokkan peralatan dan perabotan dapur sesuai dengan intensitas pemakaiannya. Sediakan kabinet, laci, atau ruang tertentu sebagai tempat penyimpanan. Misalnya, gunakan kabinet di dekat kompor untuk menyimpan peralatan dan perkakas dapur yang sering digunakan untuk memasak, seperti wajan, panci, pisau dapur, dan lainnya.

Sedangkan untuk peralatan dapur yang jarang Anda gunakan, sebaiknya disimpan di area terpisah agar tidak mengganggu workflow Anda di dapur. Misalnya, menyimpan peralatan yang jarang digunakan di kabinet paling atas kitchen set, dan lainnya.

5. Manfaatkan Dinding Sebagai Tempat Penyimpanan

Untuk menciptakan kesan nyaman pada kitchen set, pastikan untuk tidak menumpuk barang-barang terlalu banyak. Jika peralatan dapur Anda cukup banyak dan kitchen set Anda minimalis, Anda bisa memanfaatkan dinding kosong di dapur. Maksimalkan fungsi dinding sebagai tempat penyimpanan gantung. Misalnya, dengan membuat rak gantung sederhana di atas wastafel untuk tempat meletakkan piring, gelas, atau panci setelah dicuci.

Apabila ada dinding kosong lain di dapur, Anda bisa membuat rak vertikal gantung sebagai tempat penyimpanan tambahan. Jadi, semua peralatan memasak, peralatan makan, bumbu dapur, stok makanan kering, hingga perkakas dapur lainnya tersimpan dengan rapi. Anda bisa membuat rak tanpa penutup atau dengan penutup transparan agar ruang tampak lebih luas.

6. Manfaatkan Ruang Bagian Bawah Wastafel

kitchen set design:  oleh Eswae Interior,
Eswae Interior

kitchen set design

Eswae Interior

Umumnya, bagian bawah wastafel atau bak cuci piring diabaikan dan dibiarkan kosong. Padahal, dengan desain yang tepat, Anda bisa mengubah ruang kosong tersebut menjadi tempat penyimpanan serbaguna. Misalnya, untuk menyimpan lap, sikat, spons cuci piring, cairan pembersih lantai, stok sabun cuci piring, serta panci berukuran besar.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan ruang tersebut sebagai tempat untuk menyimpan tempat sampah. Tempat sampah yang disimpan di ruang tersebut dapat menghindari lalat dan bau sampah di dapur. Namun, Anda tetap harus membuang sampah secara rutin agar tidak menimbun bau.

7. Pastikan Kitchen Set Selalu Bersih dan Rapi

KITCHEN PAK FRANZ  SOMMERVILLE : Unit dapur oleh viku,
viku

KITCHEN PAK FRANZ SOMMERVILLE

viku

Yang tidak kalah penting untuk membuat kitchen set tampak nyaman adalah perihal kebersihan dan kerapihannya. Pastikan untuk menata berbagai peralatan dapur dengan rapi. Tempatkan kembali barang-barang yang habis dipakai ke tempat semula. Dan, pastikan untuk selalu membersihkan kitchen set dan dapur sehabis memasak.

8. Berapa Harga Kitchen Set Saat Ini?

Sebelum membangun kitchen set yang nyaman dan menawan, alangkah baiknya jika Anda mulai menyusun anggaran untuk membeli atau memesan kitchen set secara custom. Berapa kisaran harga yang dibanderol untuk kitchen set? Bervariasi. Tergantung dengan merk dan tempat Anda membeli atau memesan. Umumnya berkisar antara Rp1,1 juta – Rp1,7 juta. Bahkan Anda bisa menemukan harga yang lebih murah untuk kitchen set minimalis. Atau harga yang lebih mahal jika Anda ingin kitchen set custom.

Untuk kitchen set jenis kabinet bawah frame dibanderol dengan harga berkisar Rp1,1 juta – Rp2,2 juta, kitchen set jenis kabinet bawah box berkisar antara Rp1,6 juta – Rp1,7 juta, dan kitchen set jenis kabinet atas berkisar antara Rp1,5 juta – Rp1,6 juta. Sedangkan untuk kitchen set minimalis memiliki kisaran antara Rp610 ribu – Rp920 ribu.

 Rumah oleh Casas inHAUS

Need help with your home project?
Get in touch!

Discover home inspiration!