Kantor & toko by House Frame Wallpaper & Fabrics

8 Cara Memilih Kertas Dinding yang Tepat untuk Ruangan

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Membuat dinding rumah tampak menarik dengan warna dan motif yang cantik tidak selalu identik dengan cat. Kertas dinding atau wallpaper dinding juga bisa Anda jadikan pilihan untuk memperindah ruangan pada hunian. Sebab, kertas dinding memiliki fungsi yang hampir sama dengan cat dinding, yakni melindungi permukaan dinding dan membuatnya tampak lebih menarik.

Anda dapat mengaplikasikan kertas dinding pada semua sisi dinding ruangan, atau hanya pada salah satu sisi dinding saja sebagai focal point. Namun, dalam memilih kertas dinding yang tepat untuk ruangan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Jangan sampai Anda salah pilih kertas dinding sehingga membuat ruangan terlihat penuh, aneh, atau sempit.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat hendak memilih kertas dinding? Simak ulasan di bawah ini dan temukan jawabannya.

1. Sesuaikan Kertas Dinding dengan Karakter Anda

Saat memilih warna dan motif kertas dinding, pastikan sesuai dengan cerminan karakter Anda dan keluarga. Sebab, kertas dinding akan dipasang dalam jangka waktu yang lama, bukan? Anda perlu menentukannya secara matang. Pastikan juga warna dan motif yang Anda pilih sesuai dengan konsep interior ruangan.

2. Perhatikan Ruangan yang akan dipasang Kertas Dinding

 Ruang Keluarga by Pixers
Pixers

Pelican

Pixers

Sebelum memilih warna dan motif, perhatikan ruangan yang akan dipasangkan kertas dinding. Sesuaikan kertas dinding dengan konsep dan fungsi ruangan, sebab setiap ruangan memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda, bukan?

Misalnya, untuk ruang tamu, Anda dapat memilih kertas dinding dengan motif yang menarik, artistik, dan sejenisnya. Sedangkan untuk kamar tidur, pilihlah kertas dinding dengan corak dan warna yang menenangkan agar waktu istirahat Anda lebih optimal.

3. Perhatikan Luas Ruangan

 Kamar Bayi & Anak by Pixers
Pixers

Read me Stories

Pixers

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah luas ruangan yang akan dipasang kertas dinding. Perhatikan luas ruangan untuk menentukan warna dan motif kertas dinding. Misalnya, untuk luas ruangan dengan ukuran minimalis, Anda bisa memilih motif bergaris horizontal untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Sedangkan untuk ruangan yang luas dan besar, Anda bisa memilih kertas dinding dengan warna cokelat untuk membangun kesan hangat dan nyaman.

4. Perhatikan Pemilihan Warna Kertas Dinding

 Kamar Bayi & Anak by LEIVARS
LEIVARS

Little LEIVARS

LEIVARS

Warna menjadi salah satu hal penting saat memilih kertas dinding. Mengapa? Sebab secara tidak langsung warna kertas dinding dapat mempengaruhi mood dan perasaan penghuni rumah lho. Sesuaikan warna kertas dinding dengan konsep interior ruangan. Anda bisa memilih warna dingin seperti gradasi warna biru atau hijau dan warna klasik modern seperti warna cokelat atau warna gelap lainnya.

Anda juga bisa memilih warna senada dengan salah satu furnitur di dalam ruangan untuk menciptakan keserasian dan keseimbangan desain interior.

5. Pertimbangkan Warna Soft Pada Kertas Dinding

 Ruang Keluarga by Pixers
Pixers

Bike and tree

Pixers

Jika Anda memilih warna kertas dinding yang senada dengan perabotan, sebaiknya pilihlah warna dengan gradasi yang lebih soft dari perabot tersebut. Pilihlah warna pastel untuk menciptakan kesan teduh dan nyaman, juga membuat ruangan tampak lebih luas.

6. Perhatikan Bahan Kertas Dinding

Ada beberapa bahan dan jenis kertas dinding yang dapat Anda pilih. Adapun salah satu bahan yang paling banyak diminati adalah bahan vinyl. Kertas dinding dengan bahan dasar vinyl memiliki beberapa keunggulan, antara lain tidak mudah rusak, kuat, lebih rapi saat dipasang dan unggul pada udara yang lembab. Selain vinyl, jenis kertas dinding lain yang dapat Anda gunakan antara lain textille, flocking, dan lainnya.

Namun, perlu diingat, sebaiknya pilih kertas dinding dengan bahan dasar yang tidak terlalu tebal atau bermotif timbul karena cenderung akan menimbulkan kesan sempit pada ruangan.

7. Minimalkan Pemasangan Sambungan Kertas Dinding

 Walls & flooring by U2
U2

Mural wallpaper, point wallpaper

U2
U2
U2

Setelah menemukan motif dan warna yang tepat dan sesuai, Anda tetap perlu memperhatikan proses pemasangan kertas dinding. Sebaiknya, minimalkan pemasangan sambungan kertas dinding terlalu banyak. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan hasil akhir pemasangan yang tidak rapi.

8. Perhatikan Perawatan Kertas Dinding

Setelah memilih dan memasang kertas dinding di rumah Anda, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah proses perawatannya. Perawatan kertas dinding perlu disesuaikan dengan jenis dan bahan yang digunakan. Sebab, jenis dan bahan kertas dinding yang berbeda, tentu berbeda pula cara perawatannya.

Misalnya, untuk merawat kertas dinding berbahan vinyl yakni cukup dengan menggunakan kain basah atau sikat berbulu halus dan diusapkan. Berbeda dengan kertas dinding berbahan kertas, Anda cukup menggunakan vacum cleaner atau kain yang tidak terlalu basah dan tidak kering. Perawatan pada kertas dinding ini berfungsi untuk membersihkan dari debu-debu yang menempel.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!